PENGARUH ULASAN PELANGGAN DARING DAN PELAYANAN DARING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI REPUTASI PENJUAL PRODUK KECANTIKAN MARKETPLACE SHOPEE DI JAKARTA

Authors

  • Lina Sanjaya Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i1.1462

Keywords:

Ulasan Pelanggan Daring, Pelayanan Daring, Kepercayaan Konsumen, Reputasi Penjual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ulasan pelanggan daring dan pelayanan daring terhadap kepercayaan konsumen melalui reputasi penjual pada produk kecantikan pada Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan mengumpulkan data dari 150 responden yang telah berbelanja lebih dari tiga kali, melalui teknik simple random sampling. Data tersebut diolah dengan menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0. Temuan dari pengujian Outer Model, Inner Model, dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ulasan pelanggan daring dan pelayanan online berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen melalui reputasi penjual Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, and Hellianto. 2020. "Pengaruh Reputasi terhadap Minat Produk Skincare di Shopee." Bussines Economic, Communication and Social Sciences 39-52.

Dzurqarnain. 2019. "Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee." jurnal Teknik ITS .

Firdha, S., Putri, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen. Forum Ekonomi, 23(3), 463–474.

Ghozali. (2016). Computer Programs, Multivariate, Analysis. In Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. In Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. BP Undip. Semarang Harnanto.

Gul. 2014. "The Relationship between Reputation, Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty." Public Administration and Governance 368-362.

Kamilullah, J., Kusyanti, A., & Aryadita, H. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Reputasi Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shop Dalam Pembelian Produk di Toko XYZ. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(7), 2660–2669.

Karimah. 2016. " Pengaruh Reputasi Toko Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Beli Online Pada Situs Lazada.Co.Id." Repository STIE Putra Bangsa.

Kim dan Lennon. 2013. "Effects Of Reputation And Website Quality On Online Consumers' Emotion, Perceived Risk And Purchase Intention." Journal of Research in Interactive Marketing Vol. 7, No. 1, 33 – 56.

Kotler & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.

Sari, Rohmatulloh . 2021. "Pengaruh Customer review Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop”.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjipto, Fandy. 2014. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Urde, Greyser. 2014. "The Corporate Brand Identity and Reputation Matrix - The Case of Nobel Prize." Journal of Brand Managemen Vol 23, No.01.

Wandebori, Putri. 2016. "Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention In Indonesia Based On Online Review." International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science 255-263.

Wisnubrata, G. P. (2023). Belanja Online Masih Diminati Generasi Z. Kompas.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Sanjaya, L., & Aris Fatoni. (2025). PENGARUH ULASAN PELANGGAN DARING DAN PELAYANAN DARING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI REPUTASI PENJUAL PRODUK KECANTIKAN MARKETPLACE SHOPEE DI JAKARTA. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 5(1), 12–16. https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i1.1462