PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CONSUMER EMOTION DAN CONSUMER TRUST TERHADAP PURCHASE DECISION

(SURVEY PADA KONSUMEN ERAFONE WILAYAH DEPOK)

Authors

  • R. Anita Riyani Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i1.1464

Keywords:

Store Atmosphere, Consumer Emotion, Consumer Trust, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel store atmosphere, consumer emotion, dan consumer trust terhadap purchase decision pada konsumen Erafone wilayah Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel di dalam penelitian ini adalah 150 responden konsumen Erafone wilayah Depok. Teknik pengolahan data dengan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa variabel consumer emotion (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel purchase decision, sedangkan untuk variabel store atmosphere (X1) dan consumer trust (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase decision (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran, 15th ed. Jakarta: Indeks.

Berman, B., & Evans, J. (2018). Retail Management, dialih bahasakan oleh Lina Salim (12 ed.). Jakarta: Pearson.

Fauziah et al, Z. (2016). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Emosi dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survey Pada Konsumen Distro Fourth Blade Nation, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 33, 135-144.

Solomon, M. (2017). Consumer Behavior, Pearson Education.

Wijanarka, Y. e. (2014). Effect of Emotional Branding and Experiential Marketing of Eiger Adventure Brand Loyalti trough Brand Trust and Customer Satisfaction as Intervening Variables. Diponogoro Journal of Social and Political Science, 1-12.

Mowen, J., & Minor, M. (2013). Consumer Behavior. Jakarta: Erlangga.

Budyastuti, T., & Iskandar, D. (2018). The Influence of Usefulness, Easy of Use and Trust Using E-Commerce to User Behaviour (Case Study To Lazada. Com Consumer). Journal of Marketing and Consumer Research, 78-83.

McKnight, D., & et. al. (2015). Developing and Validating Trust Measures for E- commerce. An Integrative Typology. Information System Research, 13, 334-359.

Peter, J., & Olson, J. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1 (Edisi 9. Alih Bahasa: Diah Tantri Dwiandani ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang

Hussain, Riaz, & Mazhar Ali. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Itention. International Journal of Marketing Studies, Vol.7, No.2, Page. 35-43.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Riyani, R. A. (2025). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CONSUMER EMOTION DAN CONSUMER TRUST TERHADAP PURCHASE DECISION: (SURVEY PADA KONSUMEN ERAFONE WILAYAH DEPOK). Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 5(1), 23–29. https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i1.1464