PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM MYKONOS
(SURVEY PADA PENGGUNA TIKTOK DAN INSTAGRAM)
DOI:
https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i1.1647Keywords:
Influencer Marketing, Live Streaming, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Influencer Marketing dan Live Streaming terhadap keputusan pembelian parfum Mykonos. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk pengolahan data menggunakan software SmartPLS 4.1. Populasi penelitian ini adalah para customer Parfum Mykonos, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 100 responden. Hasil Penelitian ini yang telah disusun baik dapat disimpulkan bahwa Influencer Marketing dan Live Streaming memiliki pengaruh yang positif dan memberikan dampak yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian parfum Mykonos.
Downloads
References
Arisman, A., & Imam, S. (2022). Does Live Stream Selling Affect Customer Engagement and Purchase Intention? The Shopee Live Platform Case Study. ASEAN Marketing Journal, 14(2). https://doi.org/10.21002/amj.v14i2.1201
Firdausi, F. F. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. SJurnal Sains Pemasaran Indonesia, 23(1), 1–35.
Fitria, L., Indayani, L., & Sukmono, R. A. (2024). Live Streaming, Electronic Word of Mouth, and Brand Trust on Consumer Purchase Decisionsat Parfume Mykonos. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1480–1494. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.870
Hidayatullah, A. A., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2025). The Influence of Influencer Marketing and Social Media Marketing on Purchase Decisions with Brand Awareness as an Intervening Variable for TikTok Shop in Generation Z. Marketing and Business Strategy, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.58777/mbs.v1i1.155
Liputan6.com. (2023). Penjualan Parfum Secara Digital Meningkat di 2022. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5180568/penjualan-parfum-secara-digital-meningkat-di-2022
Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 293–307. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v12i2.1572
Muna, N., & Dewi, N. L. P. S. (2024). THE ROLE OF CONSUMER TRUST MEDIATES THE INFLUENCE OF LIVE STREAMING ON PURCHASING DECISIONS FOR N’PURE PRODUCTS ON TIKTOK SHOP Nilna Muna 1 |Ni Luh Putu Sulistya Dewi 2 1,2. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 5, 181–195.
Novitasari, M., & Barusman, A. R. P. (2025). The Influence of Influencers , Live Streaming , EWOM , and Flash Sales on Purchasing Decisions through Jiera Consumer Satisfaction in TikTok Shop as an Intervening Variable ( Case Study of FEB Students , Bandar Lampung University ). 5(1), 220–234.
Patrisya, F., Afifah, N., & Purmono, B. B. (2025). Mediasi FOMO : Pengaruh Influencer dan Online Review terhadap Purchase Decision Produk the Originote. 05(01), 186–195.
Putri, J. N. P., Listyorin, S., & Budiatmo, A. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Pond’S Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 922–933.
Rivaldi, R., Wibowo, S. N., & Misbak. (2024). the Influence of Tiktok Live Streaming, Content Marketing on the Decision To Purchase Nike Shoes in Feb Ugj Students. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(2), 53–54.
Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Jurnal Mirai Management , 8(3), 326–341.
Song, C., & Liu, Y.-L. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS): “Digital Societies and Industrial Transformations: Policies, Markets, and Technologies in a Post-Covid World,” 1–18. http://hdl.handle.net/10419/238054
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sutiani, L. (2023). Keharuman 7 Brand Parfum Lokal Ini Mendominasi di E-commerce. https://compas.co.id/article/data-penjualan-parfum-lokal/
Tilaar, R., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Price Discount terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Barenbliss melalui Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Fisip Unsrat. Productivity, 5(1), 816–819. https://doi.org/10.35797/ejp.v5i1.54573
Utami, A. E. (2025). Mykonos X Ade Setiawan Kenalkan Koleksi Parfum Baru di Transmart Kokas. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20250122152125-289-1190246/mykonos-x-ade-setiawan-kenalkan-koleksi-parfum-baru-di-transmart-kokas
Wicaksana, A. H., & Nuryanto, I. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Influencer Marketing dan Live Streaming Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 69–78.
Wilis, R. A., & Faik, A. (2022). Effect of Digital Marketing, Influencer Marketing and Online Customer Review on Purchase Decision: A Case Study of Cake Shop “Lu’miere.” Petra International Journal of Business Studies, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.9744/ijbs.5.2.155-162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yudi Sutrisna, Salim Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





