STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN SUMBERDAYA TECHNOPRENEUR DENGAN MENDIRIKAN ENTREPRENEUR CENTRES

  • Tagor Rambey Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ahmad Nurdin Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Budi Prakoso Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Arum Yuni Astuti Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Manajemen Perubahan, Technopreneur, Entrepreneur Centres

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui strategi manajemen perubahan HIPMIKINDO dalam membangun sumber daya technopreneur dengan mendirikan entrepreneur centers. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang analisisnya lebih mengedepankan proses daripada hasil. Strategi manajemen perubahan pada dasarnya berintikan tiga hal: pertama, semua bisnis pasti mengalami siklus rintisan, kemajuan dan penurunan; bisa secara cepat ataupun lambat, dan ini menimpa bidang bisnis apa pun. Kedua, sebelum mengalami penurunan, maka harus ada terobosan, berupa inovasi dan kreativitas. Ketiga, jika inovasi terlambat maka akan semakin berat menghadapi recovery puncak keberhasilan yang lama.  Untuk itu sadar teknologi menjadi sangat penting. Informasi teknologi, pemanfaatan teknologi dan adaptasi teknologi dalam melakukan bisnis harus menjadi sense dan passion para pelaku UMKM. Inilah  strategi manajemen perubahan dalam membangun sumber daya technopreneur. Upaya sharing, dari sisi teori, konsep, pengalaman dan analisis (praktis dan akademis) terselenggara dalam entrepreneur centres. Di dalamnya, peran perguruan tinggi, UMKM dan Hipmikindo terus berkolaborasi dan berelaborasi dalam pengembangan sumber daya technopreneur.

References

Bungin, Burhan. 2008. Analisa data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Cangara, H. Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. 1998, Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: Sage Publication.

Gunawan, R., D., Suryono R., R., Purwanto, Iwan. (2010). “Analisa Perubahan Manajemen dalam Implementasi Sistem Informasi Pada Perguruan Tinggi ABC”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2010), ISSN: 1907-5022, Yogyakarta; 19 Juni 2010.

Hakim, L., & Sugiyanto, E. 2018. “Manajemen Perubahan Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan di Industri Batik Surakarta”. Ekonomi bisnis, 2541- 2604.

Hasibuan, M. S. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Kasali, Rhenald. 2010. Change!, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W., & Faules, D. F. 2018. Komunikasi Organisasi. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sarayreh, Bashar Hussein. et. all. July 2013. “Comparative Study: The Kurt Lewin of Change Management”. International Journal of Computer and Information Technology (ISSN: 2279 – 0764) Volume 02 – Issue 04,

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Winardi, J. 2010. Manajemen Perubahan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2021-11-29
How to Cite
Rambey, T., Hasibuan, A., Prakoso, B., & Astuti, A. (2021). STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN SUMBERDAYA TECHNOPRENEUR DENGAN MENDIRIKAN ENTREPRENEUR CENTRES. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 51-59. https://doi.org/10.55122/blogchain.v1i2.311