PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING

(STUDI PADA KONSUMEN PAKAIAN HYPERMARKET DI PROVISNIS DKI JAKARTA)

  • Obing Zaid Sobir Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Promosi, Merchandising, Impulse Buying

Abstract

Pada hasil survei  mengindikasikan bahwa Impulse buying di DKI Jakarta cukup tinggi.  Sejumlah pusat perbelanjaan modern yang makin bertambah, diindikasikan perilaku pembelian tidak terencana di Provinsi DKI Jakarta juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Adanya Impulse buying dipengaruhi oleh terdapatnya  konsumen yang langsung terlibat terhadap produk, emosi/affect, dan dana yang tersedia. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel Promosi dan Merchandising yang mempengaruhi Impulse buying. Sampel pada penelitian ini sejumlah  224 sampel, yang dipilih secara random pada Hypermarket, survei pada Carrefour Transmart,  yang berada pada Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tujuan pemilihan subjek secara random dalam sampel purposif adalah untuk meningkatkan kredibilitas hasil penelitian, bahkan mempresentasikan atau dilakukan suatu generalisasi. Hasil Hipotesis menyatakan bahwa Promosi dan Merchandising mempengaruhi Impulse buying.

References

Berman, Barry, & Jr. Evans, (2010). Retail Management, 12th Ed). Jakarta: Pearson.

_____________. (2007). Retail Management. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

_____________. (2001). Retail Management, (8th Ed). Jakarta: Penerbit Intermedia.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dhotre, Meenal (2010). Channel Management and Retail Marketing. Mumbai India: Global Media.

Djaslim, Saladin. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, (Edisi Ketiga). Bandung : CV. Linda Karya

Gilbert, David. (2003). Retail Marketing Management, (2nd Ed). New Jersey: Prentice Hall.

Kerlinger. Fred N. (2004). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Universitas Gadjahmada.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, (Edisi 12). Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management, (Milenium Edition). New Jersey : Prentice Hall Intl, Inc.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2012). Retailing Management. New York : Mc Graw –Hill/Irwin.

Schiffman, Leon, Kanuk, Leslie Lazar and Wisenblit, Joseph. (2013). Consumer Behavior, (10th Ed). Singapore : Prentice Hall.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Published
2021-11-29
How to Cite
Sobir, O. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 77-85. https://doi.org/10.55122/blogchain.v1i2.332