PENERAPAN METODE 4C (COLLECT, CONNECT, CREATE, CONTRIBUTE) PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI SOLUSI SISTEM PENDIDIKAN YANG BERBASIS MERDEKA BELAJAR

  • Obing Zaid Sobir Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Silvana Syah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Metode 4C, (Collect, Connect, Create, Contribute), Kewirausahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan metode 4C (Collect, Connect, Create, Contribute) Pada Mata Kuliah Kewirausahaan sebagai solusi sistem pendidikan yang berbasis merdeka belajar di masa pandemi Covid-19 pada sistem pendidikan di Indonesia serta mengukur efektivitas penerapan Metode 4C (Collect, Connect, Create, Contribute) pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan. Hasil dari pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan pada Hasil Belajar ranah kognitif mahasiswa.  Pada siklus I Hasil Belajar ranah afektif yang berkaitan dengan sikap mahasiswa yang mendapatkan kategori sangat baik dan atau baik sudah mencapai 65%, dari jumlah mahasiswa di kelas mendapatkan katagori sangat baik dan atau baik. Hasil tindakan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan Hasil Belajar Kewirausahaan mahasiswa pada ranah psikomotor mahasiswa antara siklus I dan siklus II.   dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sejumlah 96 mahasiswa. Dengan sejumlah 42 mahasiswa diajarkan dengan metode 4C sedangkan sisanya diajarkan dengan metode konvensional. Berdasarkan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu satu teknik agar pembelajaran yang dikelola dosen mengalami peningkatan melalui perbaikan terus menerus.

References

Arikunto, S., 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatoni, A., & Setiawan, I. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Bagi Anggota Majelis Taqorrub Ilallah (MTI) Bekasi Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 110-124. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.97

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Shneiderman, B. (2003). Leonardo’s laptop: human needs and the new computing technologies. Mit Press.

Idrus, M., 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Erlangga.

Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung:. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Suharsaputra, U., 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan.. Bandung: Refika Aditama.

Suharso, P., 2009. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan. Jakarta:: PT. Indeks.

Tanzeh, A., 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Herma, A., Genius, S., Indonesia, H., & Art, T. (2017). Teaching STEM Material - Neuroscience and Math Education in Indonesia Materi Pengajaran Science, https://doi.org/10.1007/978-3-319-76409-2

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Shneiderman, B. (2003). Leonardo’s laptop: human needs and the new computing technologies. Mit Press.

Sugiyono. (2017). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive.com ).pdf.

Published
2022-05-31
How to Cite
Sobir, O., & Syah, S. (2022). PENERAPAN METODE 4C (COLLECT, CONNECT, CREATE, CONTRIBUTE) PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI SOLUSI SISTEM PENDIDIKAN YANG BERBASIS MERDEKA BELAJAR. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(1), 42-51. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i1.434