PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS GUDANG

  • Nadila Sari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Perencanaan Persediaan, Pengendalian Persediaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan persediaan, pengendalian persediaan, meminimalisir kerusakan barang dan barang expired, serta metode yang digunakan dalam penyimpanan barang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Store Manager, Asisten Store Manager dan Supervisior Gudang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pengendalian persediaan barang sudah efektif. Untuk merencanakan persediaan diawali dengan merencanakan pembelian, merencanakan penyimpanan dan merencanakan keuntungan. Persediaan dikendalikan dengan melakukan stock opname, mengendalikan over stock dan memiliki sistem untuk melakukan pencatatan. Tindakan yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat kerusakan barang dengan merapikan barang satu minggu sekali. Tindakan yang dilakukan dalam meminimalisir barang expired dengan melakukan pengecekan secara berskala dan menerapkan metode FIFO (First In First Out). Dengan Perencanaan dan pengendalian persediaan tersebut, gudang dapat dikelola dengan lebih efektif.

References

Lupiyoadi. Rambat. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.

Mulyadi dan Setiawan. (2011). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen Persediaan (Kedua). Salemba Empat.

Priliyanto, Y. B. (2019). Perancangan Ulang Tata Letak Penyimpanan Barang Menggunakan Metode Dedicated Storage (Studi Kasus : PT. Temprina Media Grafika. Industri Engineering and Management, 14(1), 17–25.

Robbin, P. Stephen, Mary Coulter. (2014). Management. Twelfth Edition. United States : Pearson Education Limitied. Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Sugeng, M. U. (2016). Perancangan Tata Letak Warehouse Baru Untuk Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Material Dengan Metode Dedicated Storage di PT XX. Integrasi Sistem Industri, 3(1), 24.

Sugiana. (2003). Manajemen Persediaan. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tuerah, Michael Chandra. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Tuna Pada Cv. Golden KK. Jurnal EMBA, 2 (4), hal : 524-536.

Utojo. Hertin Indira. (2019). Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa. Deepublish.

Wahyu Tri dan Aftoni. (2012). Analisis Pengendalian Bahan Baku Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity pada PT. Misaja Mitra Co.Ltd. Jurnal Penelitian.

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Guna Widya.

Published
2022-11-30
How to Cite
Sari, N. (2022). PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS GUDANG. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(2), 85-91. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i2.542