STUDI RESEPSI MASYARAKAT PURWOKERTO TERHADAP PROGRAM SIARAN KEARIFAN LOKAL BANYUMAS TELEVISI

Authors

  • Isnaini Wahdania Universitas Lampung
  • A Firman Ashaf Universitas Lampung
  • Andy Corry Wardhani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1706

Keywords:

Analisis Resepsi, Kearifan Lokal, Televisi Lokal, Program Siaran

Abstract

Penelitian ini menganalisis pemaknaan dan penerimaan masyarakat Purwokerto terhadap program siaran kearifan lokal di Banyumas Televisi (BTV). Sebagai media lokal, BTV berperan mengkomunikasikan nilai-nilai kearifan lokal daerah tersebut. Tujuan penelitian adalah mengukur kekuatan konten kearifan lokal dalam program BTV serta memahami respons khalayak. Metode kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui FGD, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall, mencakup tiga posisi pembacaan: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional reading. Hasil penelitian menunjukkan variasi pemaknaan khalayak terhadap program BTV. Meskipun terdapat perbedaan interpretasi, seluruh informan (12 orang) cenderung berada pada posisi negotiated reading. Mereka menerima konten kearifan lokal yang disajikan, tetapi dengan penyesuaian berdasarkan minat dan pengalaman pribadi. Temuan ini mengindikasikan bahwa program BTV berhasil mengangkat identitas lokal, namun pemahaman khalayak dipengaruhi oleh konteks sosial individu. Implikasinya, televisi lokal perlu memperkuat strategi produksi konten yang relevan dengan kebutuhan heterogen masyarakat.

References

Adi, Tri Nugroho. “Mengkaji Khalayak Media dengan Metode Penelitian Resepsi”. Acta Diurna, Vol. 8, No.1. https://sinaukomunikasi.wordpress.com/2012/02/16/mengkaji-khalayak-media-dengan-metode-penelitian-resepsi/.

Adisarwono dan Purwoko. 1992. Sejarah Banyumas. Banyumas: UD. Satria Utama, Purwokerto, Banyumas.

Armando, Ade. 2016. Televisi Indonesia Dibawah Kapitalisme Global. Jakarta: Kompas Gramedia.

Asmar, Metri. 2009. “Motivasi, Pola, Dan Kepuasan Menonton Televisi Lokal Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”. Skripsi Institut Pertanian Bogor.

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa : Melek Media dan Budaya. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

BPS Kabupaten Banyumas. 2017. Kabupaten Banyumas Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas.

Bungin, Burhan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Canggara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danesti, Marcel. 2013. “Encyclopedia of Media and Communication”. University of Toronto Press.

F.X, Rahyono. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama

Hadi, Ido Prijana. 2008. “Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Analisis Resepsi”. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA. Vol.2, No.1. Januari 2008. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Haryani, Nunik. 2013. “Televisi Lokal Dalam Perencanaan Strategi Kreatif Program Berbasis Lokalitas Sebagai Wujud Eksistensi Media”. Jurnal Komunikasi, Vol. 14, No. 2, September 2013.

Kitziner and Barbour. 1999. Developing Focus Group Research : Politics, Theory and Practice. London: Sage Publications.

Lestari. 2013. “Analisis Resepsi Terhadap Film Dokumenter “Danau Ranau” di Lanskap Katingan-Kahayan”. Jurnal Komunikasi Vol. 6, No. 1. Januari 2013.

Moleong, Lexy. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

30-09-2025

How to Cite

Isnaini Wahdania, A Firman Ashaf, & Andy Corry Wardhani. (2025). STUDI RESEPSI MASYARAKAT PURWOKERTO TERHADAP PROGRAM SIARAN KEARIFAN LOKAL BANYUMAS TELEVISI. KOMUNIKATA57, 6(1), 76–87. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1706