PERAN PACKAGING DALAM STRATEGI MARKETING BAGI DAYA TARIK BELI KONSUMEN
(STUDI KASUS AIR MINERAL UMTQU)
DOI:
https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1717Keywords:
Packaging, Daya Tarik Beli, UMTQUAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kemasan (packaging) dalam meningkatkan daya tarik beli konsumen terhadap produk air mineral UMTQU. Packaging merupakan salah satu elemen penting dalam pemasaran yang berfungsi tidak hanya sebagai pelindung produk, tetapi juga sebagai alat komunikasi visual yang dapat memengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi terhadap konsumen dan pihak produsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kemasan yang menarik, informatif, serta ramah lingkungan secara signifikan meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu, kemasan juga berperan dalam membentuk citra merek (brand image) yang positif. Studi ini menekankan pentingnya inovasi kemasan sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam memenangkan persaingan pasar, khususnya di industri minuman dalam kemasan.
References
Alam, F.N. et al. (2024) Strategi Kreatif Pesan Iklan BLU by BCA Versi “The Uwise Brothers”, 5(2), pp. 212–223.
Alimah Nur and Atik Lusia (2023) Pengaruh Strategi Marketing Mix (4P) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Geffa Production Sukoharjo), Jurnal Sinar Manajemen, 10(2), pp. 102–115. Available at: https://doi.org/10.56338/jsm.v11i2.2821.
ALiyah (2024) ‘Analisis Data Interaktif Desain Kemasan Produk Frisian Flag Kental Manis’.
Cahyani, A.N. et al. (no date) ‘Inovasi Packaging Untuk Meningkatkan Pemasaran’, pp. 309–320.
Christine Suharto Cenadi (2000) ‘Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran’, Nirmana, 2(2), pp. 92–103. Available at: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056.
Dan, S. et al. (2023) ‘Packaging Training And Socialization For Small And Medium Enterprise (SME) In Blitar Sub-District To Increase Selling Value Of Product Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur’, Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(3), pp. 244–249. Available at: https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.911.
Darmawan, D. (2017) ‘Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik’, Jurnal Agrimas, 1(1), pp. 1–10.
Haikal Ayasya Isfansyah, A.W. (2021) ‘Jurnal ilmiah manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi (jmbi unsrat) manajemen strategi untuk meningkatkan penjualan’, Jmbi Unsrat, 8(1), pp. 32–49. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/32638.
Indrawati, P. (no date) ‘Strategi Marketing Pada Perusahan Jasa Packaging Study UD Graha Cipta Packaging Surabaya’.
Marlina, Sari, R. and Dewi, R. (2020) ‘Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Kue Khas Aceh Pada UMKM Usaha Kue Bungong Jaroe’, Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 4(1), pp. 19–21. Available at: http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/2467%0Ahttp://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/viewFile/2467/2075.
Muda, Y.P. (2022) ‘Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Daya Saing pada Usaha Furniture Kayu Jati Penulis’, 3(1), pp. 18–25.
Mukhtar, S. (2015) ‘Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi terhadap Konsumen Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif Abstrak’, Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), pp. 181–191.
Nanda Barizki, R. and Apriani, Y. (2024) ‘Strategi Konten Kreatif Doteens Dalam Meningkatkan Audience Engagement Melalui Instagram Penulis 1)’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), pp. 29–36. Available at: https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1255.
Novriyanti, T. et al. (2024) ‘Implementasi Strategi Pemasaran Produk Melalui Packaging dan Kebersihan Produk untuk Menjamin Keberlangsungan Usaha Masyarakat Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Alamat : Jl . Prof TM Hanafiah , SH USU Campus , Padang Bulan , Kota Med’.
Pasaribu, M.K. et al. (2023) ‘Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing’, Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 57–67. Available at: https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275.
Puspianto, A. (2022) ‘Peluang dan Tantangan Media Massa di Era Cyber (Perspektif Hypodermic Needle Theory dan Uses And Gratification Theory)’, An-Nida’ : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 10(2), pp. 22–45.
Sartika, E. (2014) ‘Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul “Kita Versus Korupsi”’, eJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), pp. 63–77.
Yuniarti, Mahry, H. and Bambang Riono, S. (2024) ‘The Influence of Packaging Design, Advertising Effectiveness and Price Perception Regarding Consumers’ Buying Interest in Oreo Biscuits at Transmart Tegal’, JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 4(1), pp. 81–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widya Oktary Setiawardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.