PEMAKNAAN MAHASISWA TERHADAP E-POSTER FILM 'HOME SWEET LOAN' DALAM KONTEKS GENERASI SANDWICH
DOI:
https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1793Keywords:
Customer Engagement, E-poster Film, Generasi Sandwich, Komunikasi Visual, Teori ResepsiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pemaknaan mahasiswa terhadap e-poster film Home Sweet Loan dalam konteks generasi sandwich. Menggunakan pendekatan kualitatif konstruktivis, penelitian ini fokus pada cara mahasiswa menafsirkan pesan visual melalui pengalaman sosial, ekonomi, dan emosional mereka. Subjek penelitian terdiri dari delapan mahasiswa IPB University dan satu Art Director dari Visinema Pictures. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi visual, dan studi dokumentasi. Analisis menggunakan teori resepsi Stuart Hall, teori Gestalt, serta konsep customer engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima mahasiswa berada pada posisi dominan, tiga pada posisi negosiasi, tanpa posisi oposisi. Mahasiswa memaknai e-poster berdasarkan kesesuaian antara isi film dan elemen visual. Dimensi customer engagement yang paling menonjol adalah absorption dan dedication, menunjukkan keterlibatan emosional, kognitif, dan perhatian terhadap pesan. Prinsip-prinsip Gestalt, seperti penggunaan warna, ekspresi, dan komposisi ruang, terbukti efektif membentuk persepsi makna. Secara keseluruhan, visualisasi e-poster terbukti menjadi media yang komunikatif dan persuasif dalam menyampaikan pesan sosial tentang tekanan serta tanggung jawab generasi sandwich di era modern.
References
[APJII], Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2024. “Survei Pengguna Internet Indonesia 2024.” APJII. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-
juta-orang (February 23, 2025).
Anindyaputri, Rachmi, Agus Rusmana, and Neneng Komariah. 2020. “Hubungan Customer Engagement Melalui Instagram @perpustakaandikbud Dengan Minat Kunjungan Perpustakaan Di Kalangan Follower Aktif.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 8(2): 221. doi:10.24198/jkip.v8i2.25919.
Chaysalina, Inne, and Nadya Nadya. 2022. “Analisis Poster Film ‘the Boys in the Striped Pajamas (2008)’ Menggunakan Pendekatan Semiotika Roland Barthes.” Titik Imaji 5(1): 69–76. doi:10.30813/.v5i1.3516.
Dwiputra, Krisna Octavianus. 2021. “Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Pemberitaan Covid-19 Di
Klikdokter.Com.” Jurnal Komunikasi Profesional 5(1): 26–37. doi:10.25139/jkp.v5i1.3290.
HS, Husna Hayati, and Otong Karyono. 2024. “Eksistensi Anak Generasi Sandwich Menurut Pandangan Islam.” an-Nisa 17(1): 41–50. doi:10.30863/an.v17i1.6731.
Husain, Sabiq Aushaful, Wilodati Wilodati, and Rika Sartika. 2021. “Sandwich Parenting: Pola Asuh Keluarga Abad 21.” Sosietas 11(1): 69–82. doi:10.17509/sosietas.v11i1.36095.
Lestari, Christina Arsi, and Risqi Inayah Dwijayanti. 2020. “Kecakapan Literasi Media Di Kalangan Generasi Milenial.” Jurnal Ilmu Komunikasi 18(1): 48. doi:10.31315/jik.v18i1.2781.
Lestari, D., Aladdin, A. Y., Wardana, R. D., & Samattan, N. (2025). Penerimaan Audiens atas Kontroversi Film "Laura". Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.
Mahelingga, Dhevi Enlivena Irene Restia. 2021. “Kekuatan Infografis Dan Perannya Dalam Buku Pangan Fungsional.” Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi 42(1): 119. doi:10.14203/j.baca.v42i1.625.
Nanda Barizki, Rezzi, and Yohana Apriani. 2024. “Strategi Konten Kreatif Doteens Dalam Meningkatkan Audience Engagement Melalui Instagram Penulis 1).” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 5(1): 29–36. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1255.
Pradana, Wempi Satria, and Nova Kristiana. 2021. “Prinsip Gestalt Pada Label Kemasan Air Minum Ades.” Jurnal Barik 3(1): 44–53. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/.
Prasetyo, Bima Bijak, and Laksmi. 2020. “KAJIAN SEMIOTIK E-POSTER PERINGATAN HARI
BUKU SEDUNIA PERPUSTAKAAN NASIONAL RI DI INSTAGRAM.” Journal GEEJ 7(2).
Purnama Sari, Santi. 2024. “Analisis Makna Visual Pada Poster Film ‘Siksa Neraka.’” Creativa Scientia
1(1): 1–16. https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/creativa-scientia/article/view/87.
Putri, Paramitha Amelia, and Arie Prasetio. 2024. “Makna Generasi Sandwich Pada Film Cinta Pertama, Kedua, Dan Ketiga (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).” Jurnal Indonesia :
Manajemen Informatika dan Komunikasi 5(2): 1344–51. doi:10.35870/jimik.v5i2.668.
Resmisari, Ganis. 2023. “Analisis Prinsip Gestalt Pada Pola Monogram Brand Goyard Dalam Membentuk Persepsi Visual.” Reka Makna: Jurnal Komunikasi Visual 3(2): 103–12. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekamakna/article/view/10791.
Rhamadhan, Mohammad Ryan, Alfan Bachtiar, Rezzi Nanda Barizki, Nur Desilawati, and Alamsyah. 2024. “Strategi Komunikasi Digital Bank Bca Dalam Mensosialisasikan Aman Transaksi Perbankan Untuk Menghindari Kejahatan Cyber Crime.” 5(2): 159–69.
Rustamana, Agus, Farell , Putry Maharani Adillah, Ninda Kiyan Maharani, and Abdiel Fayyedh. 2024.
“Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal EQUILIBRIUM 5(January): 1–7.
Umami, Sahrul, Erliyana Efendi, and Haniyah Dhiya Mawwaddah. 2024. “Semiotika Roland Barthes Dalam Poster Film The Space Between.” Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya 6(3): 463–71. doi:10.30998/vh.v6i3.11147.
Widiawati, Maharani, Rika Fathul Barkah, and Yulistina Nur DS. 2022. “Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) 6(1): 182.
Yaumil, Syahrul. 2023. 13 Nucl. Phys. “EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG HAK CIPTA TERHADAP PELAKU SPOILER FILM DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM KASUS FILM MENCURI RADEN SALEH.” UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73316/1/SYAHRUL YAUMIL - FSH.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anabella Fathi Danishara, Leonard Dharmawan, Enden Darjatul Ulya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





