EKSPRESI KEAGAMAAN DAN KEKERASAN SIMBOLIK DI MEDIA MASSA
DOI:
https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1804Keywords:
Media Massa, Ekspresi Keagamaan, Kekerasan Simbolik, Representasi, Wacana KritisAbstract
Penelitian ini menjelaskan media massa sebagai ruang publik atau publik spheree. Perkembangan teknologi informasi sudah tak terbendung, berbagai macam informasi dengan mudah di akses. Media tidak saja sebagai ruang bertukar pesan, lebih dari itu media menjadi ruang ekspresi longgar untuk segala tujuan. Era media seolah mempertegas jika saat ini sudah masuk pada fase dan era media modern. Ekspresi keagamaan di ruang publik menjadi tontonan dan perhatian serius. Media memiliki jangkauan sangat luas dan memiliki signifikansi terhadap realitas sosial. Realitas ini yang kemudian menempatkan media tidak sebatas berfungsi sebagai alat menyampaikan informasi, tetapi media menjadi panggung dan arena dalam mempertandingkan makna, simbol, dan identitas-identitas agama. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ekspresi keagamaan serta bagaimana dan kekerasan-kekerasan simbolik di media massa. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan analisis wacana kritis. Peneliti mencermati berbagai berita dan konten media mengenai isu-isu keagamaan secara umum seperti ekspresi media sebagai ruang yang sangat strategis dalam memperkuat narasi dan pesan yang cenderung mendiskreditkan kelompok agama tertentu, cara dengan menggunakan bahasa, gambar, dan simbol subjektif. Pesan media yang cenderung mempertegas adanya kekerasan simbolik sebagai realitas media, seperti membentuk stereotip, marginalisasi, dan pelabelan negatif yang mengakibatkan terjadinya polarisasi dalam masyarakat.
References
Alfian, andi, 2023 Kekerasan Simbolik, Wacana Keagamaan, Moderasi Beragama, Agama vs. Kepercayaan, Pierre Bourdieu, Jurnal studi lintas agama https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/.
Arifianto, A. R. 2018. “Islam and Intolerance in Indonesia.” Contemporary Islam, 12 (1), 1–20.
Bourdieu, Pierre, 1989 Social Space and Symbolic, Sociological Theory, Vol. 7, No. 1 (Spring, 1989), pp.14-25
Bourdieu, P. 1991. Language and Symbolic Power. Harvard University Press.
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi: Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasyim, M. 2014. Religious Representations in the Media and the Construction of
Religious Authority: The Case of Indonesian Islam. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 52(2), 351–373.
Halili Hasan. 2020. The shifting religious authority in digital Islam: Muslim influencers and religious
Hoover, S. M.(2006. Religion in the Media Age. RoutledgeIndika,
McQuail, Denis. 2012. McQuail’s Mass Communication Theory: Teori Komunikasi Massa McQuail (terjemahan) Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.
Musarrofa, I. 2019. Pemikiran Pierre Bourdieu Tentang Dominasi Maskulin dan Sumbangannya Bagi Agenda Pengarusutamaan Gender di Indonesia. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 9(1), 34. https://doi.org/10.15548/jk.v9i1.227 Ma’ruf, Attabik Hasan. Syûrâ dalam Al-Qur’an dan Integrasinya dengan Demokrasi:
Studi Tafsir Klasik dan Kontemporer Mengenai Surat Ali-‘Imrân:159. Tesis Magister, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51542.
Mutohharun, Jinan. New Media dan Pergeseran Otoritas Keagamaan Islam di Indonesia Morlino, Leonardo, dan Larry Diamond. “The Quality of Democracy: An Overview.” Journal of Democracy 15, no. 4 (2004): 20–31.
Piliang, Y. A. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Bandung: Jalasutra.
Nanik Mujiati, Moh. Yunus).. Religiusitas Media Massa dalam Perspektif Teoantropocentris Islam
Rohmawati, et al. 2021. Mediatization and Hypermediation in Digital Religion and the Transformation of Indonesian Muslim Religious Practices.” Sosiologi Agama, 182(1). ejournal.uin-suka.ac.id
Rusdiarti, Suma Riella. 2003. Bahasa, Pertarungan Simbolik, dan Kekuasaan. BasisVII(11² 12):31²40
Rahmati, S. H, 2025, Mediatization, hypermediation, digital religion, Indonesian muslim religious practices, https://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/SosiologiAgama/. Jakarta
Syamsuddin, A. 2007. Islam dan Media Massa: Etika Dakwah di Era Globalisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Zasali, Hasan, 20222. Mapping Hate Speech Relationships Indonesia’s
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Humaini, Nurhasanah Haspiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





