IMPLEMENTASI GREEN MARKETING DALAM AKTIVITAS DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1806Keywords:
Pemasaran Hijau, Pemasaran Digital, Mamimoe Botanical CareAbstract
Perubahan lingkungan yang mempengaruhi masyarakat mendorong munculnya konsep pemasaran hijau, di mana konsumen semakin lebih memilih produk ramah lingkungan dan bisnis diharuskan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini mengkaji penerapan pemasaran hijau dalam kegiatan pemasaran digital produk Mamimoe Botanical Care. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pemasaran hijau diterapkan dalam komunikasi pemasaran digital Mamimoe, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat strategi pemasaran hijau mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemasaran hijau oleh Mamimoe Botanical Care efektif pada tahap penciptaan nilai dan komunikasi, namun masih perlu perbaikan pada tahap pengantaran nilai. Tantangan utama yang dihadapi, terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM), termasuk keterbatasan anggaran, akses terbatas pada logistik ramah lingkungan, dan kekurangan ekosistem distribusi yang mendukung keberlanjutan. Langkah yang bisa diambil oleh Mamimoe antara lain mengganti kemasan plastik dengan bahan biodegradable, bekerja sama dengan penyedia logistik bersertifikat ramah lingkungan, serta menerapkan sistem pengisian ulang atau pengembalian kemasan bagi pelanggan tetap.
References
Ajizah, Nuris, dan Suharyono Suharyono. “Analisis Penerapan Green Marketing Pada Produk Naoogst Cigar Sebagai Strategi Pemasaran Internasional (Studi Pada PTPN X).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 2017 Okt; 51(2): 8-15.
Alifandri, M. Gilang. Konsep ekonomi lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan. 2021. https://madaniberkelanjutan.id/2021/03/18/konsep-ekonomi-lingkungan-dalam-pembangunan-berkelanjutan
American Marketing Association. Definitions of Marketing. American Marketing Association: (2019, September). https://www.ama.org/AboutAMA/Pages/Definition-of-Marketing.aspx
Anugraheni D, Agustini M, Athanasius S, Retnawati B, & Perwito A . Aplikasi Hijau dalam Digital Marketing. Journal of Management and Business Review [Online]. 2023 Nov; 20(3):281-298. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i3.594
Ayundha Evanthi, Alya Nur Azizah, Adi Bimantoro, Sabrina Aulia Az Zahra, Lailatul Munawaroh. Green Marketing Campaign sebagai Implementasi Peningkatan Green Purchasing Behavior Generasi Z Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) [Internet]. 2023 Dec. 27 [cited 2025 May 3];1(2):322-31. Available from: https://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/article/view/636
Dangelico, Rosa Maria, dan Daniele Vocalelli. “Green Marketing’: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature.” Journal of Cleaner production 165 (2017): 1263–79.
Gunarto, R. I. Blog fintek media. Diambil kembali dari 10 pertanyaan manfaat digital marketing untuk bisnis ukm anda. (2019, Juli 26). http://fintekmedia.id/post/10-pertanyaan-manfaat-digital marketing-untuk-bisnis-ukm-anda
Kannan, P., & Li, H. Digital Marketing: A Framework, review and Research Agenda. 2015. https://ssrn.com/abstract=3000712
Kotler, P., & Armstrong, G. Principles of Marketing, Fifteenth Edition. Essex, 2014. England: Pearson Education Limited.
Kriyantono, R. Riset Komunikasi. 2014. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kuswandi HARKP, Wiraguna RT. Penerapan Green Marketing pada Produk Bubble Wrap dalam Meningkatkan Purchase Intention dan Perceived Value. asersi [Internet]. 2024 Jul. 30 [cited 2025 May 3];4(1):49-58. Available from: https://publikasi.polije.ac.id/asersi/article/view/4677
Sagiyanto, Asriyani, & Badiatul Qibtiyani. "Strategi Komunikasi Pemasaran Green Marketing Pada Produk Hellobottle.Id Dalam Upaya Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan Kepada Konsumen." Jurnal Komunikasi [Online], Web. 9 May. 2025. 12.1 (2021): 91-99.
Simao, Lidia, dan Ana Lisboa. “Green marketing and green brand–The Toyota Case.” Procedia manufacturing 12 (2017): 183–94.
Situmorang, J. R. Pemasaran hijau yang semakin menjadi kebutuhan dalam bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, (2011) 7(2), 131–142. Diambil dari http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdminist rasiBisnis/article/view/408/3 92
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 2017. Bandung: Alfabeta.
Wahdatun Thoibah, Muhammad Arif, Rahmat Daim Harahap. Implementasi Green Marketing Pada UMKM Upaya Memasuki Pasar Internasional (Studi Kasus pada Creabrush Indonesia). jebs [Internet]. 2022Nov.30 [cited 2025May3];2(3):798-805. Available from: https://jurnal.minartis.com/index.php/jebs/article/view/290
Widyaningtyas, Christine. “Implementasi Green Marketing Pada UKM Sebagai Upaya Memasuki Pasar Internasional (Studi Pada Batik Organik Buring.” 2018. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yogi Prima Muda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





