STRATEGI KOMUNIKASI CONTENT CREATOR DI TIKTOK DALAM MEMBANGUN INTERAKSI DENGAN AUDIENS GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1827Keywords:
Strategi Komunikasi, TikTok, Content Creator, Gen Z, Interaksi DigitalAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang digunakan para content creator TikTok dalam membangun interaksi yang efektif dengan audiens Generasi Z, kelompok yang dikenal memiliki tingkat keterlibatan digital tinggi, preferensi visual kuat, perhatian singkat, serta kebutuhan terhadap konten yang autentik dan relevan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus kolektif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi yang melibatkan dua content creator TikTok aktif dan satu pengguna Gen Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam terhadap karakteristik komunikasi Gen Z menjadi fondasi utama dalam merancang konten. Para content creator memanfaatkan tren viral, pemilihan waktu unggah yang strategis, serta kualitas audio-visual untuk meningkatkan perhatian dan keterlibatan audiens. Fitur interaktif TikTok seperti komentar, live streaming, stitch, dan repost menjadi sarana penting dalam membangun komunikasi dua arah dan kedekatan emosional. Pengelolaan feedback dilakukan secara adaptif terhadap komentar positif maupun negatif, sehingga terbentuk komunitas audiens yang loyal. Penelitian ini menegaskan bahwa autentisitas, responsivitas, dan interaktivitas merupakan elemen inti dalam strategi komunikasi yang efektif untuk menjangkau Gen Z. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap kajian komunikasi digital serta implikasi praktis bagi content creator dan pemasar digital.
References
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Sage Publications.
Denzin, N. K. (2012). Triangulation 2.0. Journal of Mixed Methods Research, 6(2), 80–88.
Hootsuite, W. A. S. &. (2024). Digital 2024: Indonesia.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Utilization of mass communication by the individual BT - The uses of mass communications: Current perspectives on gratifications research (J. G. . K. Blumler E. (ed.); pp. 19–32). Sage Publications.
Kim, C., & Yang, S. U. (2017). Like, comment, and share on Facebook: How each behavior differs from the other. Public Relations Review, 43(2), 441–449.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3 (ed.)). SAGE Publications.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.
Putra, A. D., & Nurhajati, L. (2023). Authenticity and creativity: Key success factors for TikTok content creators in Indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, 12(1), 63–75.
Rachman, A., & Putri, I. P. (2024). The role of parasocial relationships in building audience loyalty among TikTok content creators in Indonesia. Asian Journal of Communication, 34(1), 23–41.
Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z goes to college. Jossey-Bass.
Statista. (2024). Number of monthly active TikTok users worldwide from 2018 to 2024.
Walther, J. B. (1996). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication Research, 23(1), 3–43.
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: A uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6 (ed.)). SAGE Publications.
Zeng, Y., & Wu, L. (2022). Exploring the impact of interactive features on user engagement in TikTok live streaming. New Media & Society, 24(5), 1185–1205.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Rifaldi Hidayat, Aldo Mulya, Fadhlan Dzil Ikram, Dicky Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





