ANALISIS STRATEGI KONTEN MARKETING HOLYCOW BY CHEF AFIT DAN FOOD VLOGGER DALAM TAYANGAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Authors

  • Iis Isnawati Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Alamsyah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Alfan Bachtiar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Rezzi Nanda Barizki Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Erita Riski Putri Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1831

Keywords:

Strategi Pemasaran Konten, YouTube, Holycow Steak, Analisis Konten

Abstract

YouTube digunakan sebagai saluran komunikasi oleh Holycow, yang didirikan oleh Chef Afit bersama istrinya, untuk mempromosikan masakan steak Eropa di Indonesia. Konten yang disebarkan di YouTube bersifat relevan, informatif, motivasional, dan menghibur untuk menyampaikan informasi mengenai Holycow di berbagai kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran konten Holycow di YouTube dan respons dari manajer restoran serta ulasan tentang strategi konten Chef Afit dan food vlogger. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap konten Chef By Afif dan food vlogger yang mempromosikan Holycow hingga Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan konsep konten antara kedua subjek: Chef By Afif menekankan pada edukasi, informasi, dan motivasi untuk membangun merek Holycow melalui cerita bisnis, kualitas, dan pelayanan, sementara food vlogger lebih fokus pada konten informatif dan menghibur untuk menarik ulasan, serta menawarkan steak premium yang terjangkau dan mudah disiapkan di rumah.

References

Chalil, R. D. (2021). BRAND, ISLAMIC BRANDING, & RE-BRANDING. Jakarta: Rajawali.

Devi, R. W. (2023). Model Elaboration Likelihood dalam Pembentukan Personal Branding Nex Carlos di Channel Youtube. Jurnal Publish Volume 2, No. 1,.

Faladhin, J. (2024). Food Vlogger vs. e-WoM: Preferensi Kepercayaan Konsumen dalam Memilih Tempat Makan di Pekanbaru. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Jannah, M. Z. (2024). Pengaruh Food Vlogger Sebagai Social Media Influencer terhadap Minat Beli Produk Makanan di Kalangan Followers Gen Z di Lamongan. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management.

Karim, A. (2023). Analisis Kebangkrutan Perusahaan Makanan & Minuman Di Indonesia. Jakarta: Nas Media Pustaka.

Nuzuli, A. K. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Jejak Pustaka.

Putri, N. E. (2022). STRATEGI PENGEMASAN PESAN E-MARKETING PADA FOOD VLOGGER. Commercium, 129-146.

Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing. jakarta: TIGA Ebook.

Safitr, D. (2021). Peran Food Vlogger Tasyi Athasyia Dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen Pada Pembelian Produk Makanan. Jurnal Nomolesca, vol 6 no 1.

Sihombing, N. S. (2022). Pemasaran Digital. Bandung: Penerbit Widina.

Syaharani, Q. (2022). PENGARUH RESPON VIEWERS TENTANG KONTEN FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DI YOGYAKARTA. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Downloads

Published

30-10-2025

How to Cite

Iis Isnawati, Alamsyah, A., Bachtiar, A., Rezzi Nanda Barizki, & Erita Riski Putri. (2025). ANALISIS STRATEGI KONTEN MARKETING HOLYCOW BY CHEF AFIT DAN FOOD VLOGGER DALAM TAYANGAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE. KOMUNIKATA57, 6(2), 200–207. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1831