POLA KOMUNIKASI GENERASI Z TERHADAP LAYANAN ADMINISTRASI DIGITAL: STUDI KASUS PORTAL DIGITAL INSPIRE UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Authors

  • Lidya Ivana Rawung Universitas Sam Ratulangi
  • Thessalonica S. F. Supit Universitas Sam Ratulangi
  • Fernanda Amny Syaputra Universitas Sam Ratulangi
  • Zuci Rahmani Zainal Universitas Sam Ratulangi
  • Sintia Maria Rawis Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1858

Keywords:

Pola Komunikasi, Generasi Z, Layanan Administrasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi Generasi Z dalam mengakses layanan administrasi digital melalui Inspire Portal di Universitas Sam Ratulangi, dengan tujuan menganalisis pola-pola tersebut untuk memberikan informasi dalam perbaikan portal. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang memungkinkan peneliti untuk memahami pengalaman komunikasi mahasiswa secara mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan enam mahasiswa Generasi Z yang aktif menggunakan Inspire Portal dan observasi partisipatif untuk mengamati secara langsung bagaimana fitur-fitur portal digunakan dalam kegiatan administrasi akademik. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses pengkodean, kategorisasi, dan interpretasi tematik untuk mengidentifikasi pola komunikasi yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sangat menghargai kecepatan proses administrasi digital yang meminimalkan hambatan fisik, kemudahan akses melalui antarmuka yang sederhana dan fleksibel, serta kebutuhan akan interaktivitas yang lebih kuat melalui fitur komunikasi dua arah. Temuan ini mengonfirmasi bahwa pengalaman digital Generasi Z didorong oleh kebutuhan akan efisiensi, kenyamanan, dan keterlibatan dalam proses komunikasi, sehingga layanan administrasi digital perlu terus disesuaikan dengan karakteristik pengguna muda di era kampus digital.

References

Norman, D. A. (2013). The design of everyday things. Basic Books.

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik. Diakses dari https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020

Fauzan, M. (2025, January 6). Medsos jadi tempat favorit Gen Z habiskan waktu luang. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/medsos-jadi-tempat-favorit-gen-z-habiskan-waktu-luang-L2OF1

Pusat Data dan Sistem Informasi Universitas Medan Area. (2025). Digitalisasi layanan akademik: Menuju kampus cerdas. PUSDASI UMA. https://pusdasi.uma.ac.id/digitalisasi-layanan-akademik-menuju-kampus-cerdas/

Rainer, P. (2023, August 29). Sensus BPS: Saat ini Indonesia didominasi oleh Gen Z. GoodStats Data. Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z - GoodStats Data

Regoniel, P. (2023, April 10). Descriptive qualitative research: 6 important points. SimplyEducate.Me. https://simplyeducate.me/descriptive-qualitative-research/

Sugiarti, U. (2025, February 10). Mayoritas generasi Z menghabiskan waktu luang dengan media sosial. GoodStats. Mayoritas Generasi Z Menghabiskan Waktu Luang dengan Media Sosial – GoodStats

UNESCO. (2025). Digital learning and transformation of education. UNESCO. https://www.unesco.org/en/digital-education

Universitas Sam Ratulangi. (2020). Peluncuran Portal INSPIRE UNSRAT. Universitas Sam Ratulangi. https://www.unsrat.ac.id/peluncuran-portal-inspire-unsrat/

UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sam Ratulangi. (n.d.). Fitur utama Portal Inspire. Portal Inspire UNSRAT. Retrieved November 22, 2025, from https://inspire.unsrat.ac.id/panduan/

Wanti, E. P. (2025, March 25). Digitalisasi dan reformasi administrasi: Meningkatkan kualitas layanan akademik di prodi Administrasi Publik. BPMPP Universitas Medan Area. https://bpmpp.uma.ac.id/2025/03/25/digitalisasi-dan-reformasi-administrasi-meningkatkan-kualitas-layanan-akademik-di-prodi-administrasi-publik/

Asmarantika, R. A., Magnus Prestianta, A., & Evita, N. (2022). Pola konsumsi media digital dan berita online Gen Z Indonesia. Jurnal Kajian Media, 6 No. 1, 34–44. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/ilkom/index

Carmo, J. E. S., Lacerda, D. P., Klingenberg, C. O., & Piran, F. A. S. (2025). Digital transformation in the management of higher education institutions. In Sustainable Futures (Vol. 9). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sftr.2025.100692

Dhameria, V., Muazeib, A. I. M., Blhaj, K. M. S., Sugiyarsih, S., & Rosadah, R. A. (2025). The Impact of Digital Transformation in Higher Education Management: Integrating Online Learning and Educational Applications for Efficiency and Accessibility. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v4i1.135

El-Astal, M., & El-Youssef, H. (2025). What Is Digital Communication? Developing a Conceptual Definition of the Term. Forum for Linguistic Studies, 7(1), 471–479. https://doi.org/10.30564/fls.v7i1.7766

Evita, N., Prestianta, A. M., & Asmarantika, R. A. (2023). Patterns of media and social media use in generation z in Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(1), 195–214. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i1.5230

Gandana, I., & Oktaviandy, R. (2021). Social Media use among Indonesia’s Generation Z: A Case of University Students in Bandung, West Java. Komunitas, 13(2), 168–178. https://doi.org/10.15294/komunitas.v13i2.28856

Hu, Q., Hu, X., & Hou, P. (2022). One Social Media, Distinct Habitus: Generation Z’s Social Media Uses and Gratifications and the Moderation Effect of Economic Capital. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.939128

Kreijns, K., Xu, K., & Weidlich, J. (2022). Social Presence: Conceptualization and Measurement. In Educational Psychology Review (Vol. 34, Issue 1, pp. 139–170). Springer. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09623-8

Limilia, P., Gelgel, R. A., & Rahmiaji, L. R. (2022). Digital Literacy Among Z Generation in Indonesia. EpSBS, 1–11. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.1

Lolong Rando, Sambul Alwin, & Lumenta Arie. (2022). Email Client Development In UNSRAT Inspire Portal With Gmail Service Integration. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer UNSRAT, 11 No. 1, 35–44.

Peredy, Z., Vigh, L., Quingyu, W., & Muyi, J. (2024). Analysing Generation Z Communication Attitudes, Values and Norms. Acta Periodica, 30, 4–19. https://doi.org/10.47273/ap.2024.30.4-19

Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does e-learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0136-3

Polin, K., Yigitcanlar, T., Limb, M., & Washington, T. (2023). The Making of Smart Campus: A Review and Conceptual Framework. In Buildings (Vol. 13, Issue 4). MDPI. https://doi.org/10.3390/buildings13040891

Setiawan, Z., Permana, A. Y., Akbardin, J., & Sumarto, S. (2024). Development of Smart Campus in Improving the Quality of Learning (pp. 978–988). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-198-2_136

Villamin, P., Lopez, V., Thapa, D. K., & Cleary, M. (2025). A Worked Example of Qualitative Descriptive Design: A Step-by-Step Guide for Novice and Early Career Researchers. Journal of Advanced Nursing, 81(8), 5181–5195. https://doi.org/10.1111/jan.16481

Zahlimar, Abu Bakar, Ipik Permana, Mukarto Siswoyo, & Hamirul. (2023). Analysis and Study of the Use of Digital National Identity Card Services in Generation Z. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 6(5), 1061–1068. https://doi.org/10.37275/oaijss.v6i5.172

Zou, Y., Kuek, F., Feng, W., & Cheng, X. (2025). Digital learning in the 21st century: trends, challenges, and innovations in technology integration. In Frontiers in Education (Vol. 10). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1562391

Downloads

Published

30-10-2025

How to Cite

Rawung, L. I., Supit, T. S. F., Fernanda Amny Syaputra, Zuci Rahmani Zainal, & Rawis, S. M. (2025). POLA KOMUNIKASI GENERASI Z TERHADAP LAYANAN ADMINISTRASI DIGITAL: STUDI KASUS PORTAL DIGITAL INSPIRE UNIVERSITAS SAM RATULANGI. KOMUNIKATA57, 6(2), 235–241. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i2.1858