KONSEP DIRI MAHASISWA INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA (IBI) KOSGORO 1957 PENGGUNA AKUN ROLEPLAY

  • Mayang Riyantie Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Lauditta Nerissa Arviana Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: K-Pop, Roleplay, Konsep Diri, Media Sosial, Komunitas Virtual, New Media

Abstract

Indonesia saat ini sedang mengalami tren dunia hiburan yang berkiblat pada dunia hiburan Korea Selatan atau Hallyu. Fenomena Hallyu ini mengacu pada popularitas budaya Korea yang menawarkan hiburan yang terbaru seperti film, drama, musik pop, animasi, games, serta  kebudayaan yang mengangkat identitas negara Korea Selatan sebagai medianya. Kemudian, munculnya kegiatan komunitas yang menggemari mereka, salah satunya kegiatan di media baru  ialah roleplay. Roleplay adalah jenis permainan peran di media sosial yang dimainkan oleh individu dengan cara bertindak layaknya dirinya adalah orang yang ia perankan dari segi pembawaan diri. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Penarikan sumber berdasarkan teknik  snowball sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep diri yang diciptakan seorang roleplay merupakan citra dirinya yang dibentuk berdasarkan Front Stage, Middle Stage dan Back Stage yang mana kepribadian mereka tidak jauh berbeda dengan kehidupan real life.

References

Alex, S. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ambo, U. (2010). Tradisi Aliran dalam Sosiologi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ardianto, E. D. (2007). Komunikasi Massa (Suatu Pengatar). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Butterick, K. (2011). Introductions Public Relations: Theoru and Practice Penerjemah Nurul Hasfi. Jakarta: Rajawali Pers.

Bungin, B. (2010). Penelitian kualitatif. Komunikasi, konomi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Cutlip, S. (2005). Hubungan Masyarakat- Effective Public Relations, Alih Bahasa oleh CH. Ranate Pohan. Jakarta: Indeks.

Devito, J. (2002). Human communications. Pearson

Harlock, B. (2005). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Haryanto. (2012). Spektrum Teori Sosial dari Klasik hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kotler, P., & Kevin Lane Keller. (2008). Management Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. (2011). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan 2 Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Kencana Perdana.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offiset.

. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2001). Suatu Pengatar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. (2005). Suatu Pengatar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Perreault, W. D. (2006). Essentials of Marketing: A Glibal Managerial Approach. New York: McGrhawhill.

Rahmat. J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ritzer, G. (2011). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.

Ritzer, G.D. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Rrlation dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyonto, D. (2012). Management Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Wirawan, I. (2014). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi Sosial, & Prilaku Sosial). Jakarta: Kencana.

Published
2022-04-27
How to Cite
Riyantie, M., & Arviana, L. (2022). KONSEP DIRI MAHASISWA INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA (IBI) KOSGORO 1957 PENGGUNA AKUN ROLEPLAY. KOMUNIKATA57, 3(1), 33-43. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i1.408
Section
Articles