STRATEGI PROMOSI RUMAH KOS WISMA MUSDALIFAH MELALUI APLIKASI OYO DI KOTA PALEMBANG

  • Julian Finaldy Mustar Universitas Bina Darma
  • Dwi Maharani Universitas Bina Darma
Keywords: Strategi Promosi, Rumah Kos, Aplikasi OYO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi kos Musdalifah melalui aplikasi OYO di kota metropolitan Palembang. Subjek penelitian ini adalah manajer, 10 orang staf OYO Palembang dan 2 orang pelanggan setia OYO di Kota Palembang. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Temuan penelitian ini menganalisis elemen internal dan eksterior dari pendekatan promosi yang digunakan dalam menyampaikan informasi produk kepada pelanggan yang tidak memerlukan waktu. Periklanan dilakukan secara terus menerus pada pangsa pasar yang luas dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang sehingga memudahkan periklanan. Mempererat hubungan dengan pelanggan (kekerabatan), sehingga akan terjadi penjualan jangka panjang (Repeat Order). Membangun brand image dan hubungan komunikasi di tengah masyarakat agar semakin yakin dan percaya terhadap aplikasi OYO. Meningkatkan teknologi dan media promosi untuk memudahkan iklan produk dan promosi bulanan serta pameran atau acara yang diselenggarakan. Memaksimalkan promosi melalui media promosi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Kesimpulannya, aplikasi OYO dapat memilih strategi promosi yang dianggap tepat untuk meningkatkan penjualan dari beberapa alternatif strategi yang dihasilkan dari analisis otomatis.

References

Akil, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Umkm Industri Fesyen Distro Di Indonesia. KOMUNIKATA57, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.232

Alhamdi, R. (2022). Analisis Review Hotel Oyo Di Padang Dari Situs Pemesanan Kamar “Booking.Com.” JURNAL MENATA, 1(1).

Destyana, Y., & Oktavianti, R. (2021). Strategi Promosi Jasa Hotel Melalui Media Sosial pada Era New Normal (Studi Kasus Swissbel Resort Belitung). Prologia, 5(2).

Giantika, G. G. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis OYO Hotels and Homes Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Sanitized Stays. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 21(2), 116–121. https://doi.org/10.31294/jc.v21i2.10637

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. KOMUNIKATA57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119

Hartono, C., & Sudarwan, S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Di Daerah Tanjung Duren, Jakarta. JCA of Economics and Business, 1(02).

Hayati, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Herba Penawar Alwahida Indonesia (Riset Halal Mart Bc. Hni-Hpai Pekanbaru). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Oematan, F., & Siwalankerto, J. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Di Hotel Sasando Kupang. AGORA, 5(3).

Pasaribu, M., Toruan, R. R. M. L., & Dewi, Y. R. (2022). RPTRA Sebagai Medium Komunikasi Publik Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat Dalam Berinteraksi Dengan Warga. KOMUNIKATA57, 3(2).

Pranawukir, I. (2021). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Adaptifitas Sumberdaya Manusia Dan Keunggulan Kompetitif Lembaga. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 247–259. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1635

Pranawukir, I., Misnan, & Alamsyah. (2022). Komunikasi Pemasaran Dengan Strategi Promosi Bioskop CGV Central Park Untuk Menarik Minat Penonton. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 19(2).

Sitinah, S., & Sofiawati, S. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Quadro Helix Dalam Digitalisasi UMKM JABODETABEK. KOMUNIKATA57, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.238

Sukma, A. H. (2020). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Jaringan Franchise Warung Tegal Kharisma Bahari. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).

Suparwo, A., Roisah, R., & Solihat, A. (2022). Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2).

Tanto, D. (2018). Upaya Aplikasi Reddoorz Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Skripsi, Universitas Semarang.

Ujang. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Arista Hotel Palembang Pasca Covid-19. JIIPTS, 1(2).

Wahyuni, W. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa. Universitas Negeri Makassar.

Widhiarso, W. (2021). Model Ward dan Peppard untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi Bisnis Hotel. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(1), 329–340. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.813

Zinaida, R. S., & Anggraini, R. (2022). Strategi Advertising dan Sales Promotion Yhoophii Shop Palembang di Instagram. Jurnal Audiens, 3(3), 149–158. https://doi.org/10.18196/jas.v3i3.14197

Published
2023-11-06
How to Cite
Mustar, J., & Maharani, D. (2023). STRATEGI PROMOSI RUMAH KOS WISMA MUSDALIFAH MELALUI APLIKASI OYO DI KOTA PALEMBANG. KOMUNIKATA57, 4(2), 92-100. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i2.709
Section
Articles