PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN START-UP

  • Josephine Ruth Kartawaria Institut Komunikasi Dan Bisnis LSPR
  • Albert Claus Normansah Institut Komunikasi Dan Bisnis LSPR
Keywords: Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, Perusahaan Start-Up

Abstract

Saat pandemi Covid-19 terjadi, perekonomian Indonesia mengalami krisis serta permintaan dan penawaran barang dan jasa mengalami penurunan drastis. Adapun pandemi Covid-19 mendorong tingginya penggunaan pemasaran dan penjualan melalui internet dan teknologi digital. Sehingga, banyak produk dan jasa yang diperlihatkan dan ditawarkan kepada target konsumen, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan membangun perkembangan perusahaan start-up. Chickin Indonesia, dikenal sebagai PT Sinergi Ketahanan Pangan, merupakan perusahaan start-up di Indonesia yang bergerak dalam bidang peternakan ayam dan menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi penggunaan digital marketing oleh Chickin Indonesia sebagai perusahaan start-up di Indonesia. Maka, peneliti menggunakan teori New Media yang didukung dengan konsep digital marketing. Penelitian ini diolah dengan data kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui wawancara dengan seorang narasumber internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing memerlukan penentuan segmentasi target pasar, positioning perusahaan kepada publik, penentuan objektif, strategi, dan taktik yang tepat melalui content pillar, frekuensi unggahan, tagline, hashtag, dan segmen unik konten pada editorial plan, serta implementasi dan evaluasi terhadap strategi digital marketing yang telah dilaksanakan.

References

Aamplify. (n.d.). Calculating your Facebook engagement rate - are you performing well? https://acumen.aamplify.partners/what-is-a-good-facebook-engagement-rate

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. Rajawali-Gramedia Pustaka Utama.

Chaffey, D., Edmundson-Bird, D., & Hemphill, T. (2015). Digital Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice (6th ed.). Pearson Education Limited.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (6th ed.). Pearson Education Limited.

Chakti, A. G. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL - Gunawan Chakti - Google Books. Celebes Media Perkasa.

Chickin Indonesia. (n.d.). Chickin Indonesia: Home. https://chickin.id/

DataReportal. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Girchenko, T., & Ovsiannikova, Y. (2016). DIGITAL MARKETING AND ITS ROLE IN THE MODERN BUSINESS PROCESSES. European Cooperation, 11(18). https://we.clmconsulting.pl/index.php/we/article/view/244/1176

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Jurnal EKSEKUTIF, 15(1), 133–146.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

HypeAuditor. (n.d.). What is a good engagement rate on TikTok? Retrieved July 26, 2022, from https://hypeauditor.com/free-tools/tiktok-engagement-calculator/

Ivan. (2022, March 29). Instagram Engagement Rate Statistics - Somebody’s Watching You. https://kommandotech.com/statistics/instagram-engagement-rate/

Juliana, Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. Penerbit NEM.

Karina, D., Sa’diyah, S. A., Nabilah, H., & Panorama, M. (2021). PENGARUH PERUSAHAAN STARTUP TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 156–166. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/69/63

Kementerian Perindustrian. (2021, July 1). Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, PMI Manufaktur Indonesia Masih Ekspansif. Kemenperin. https://www.kemenperin.go.id/artikel/22623/Di-Tengah-Lonjakan-Kasus-Covid-19,-PMI-Manufaktur-Indonesia-Masih-Ekspansif

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th Edition). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lyfe Marketing. (n.d.). Linkedin Engagement Rate - Increase Your Business’s Engagement Rate. https://www.lyfemarketing.com/linkedin-engagement-rate/

McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). SAGE Publications Ltd.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Pertamina. (2022, April 4). Improve Entrepreneurship Potential, Pertamina Start-Up Graduate Enters Forbes Under 30 List. https://www.pertamina.com/en/news-room/news-release/improve-entrepreneurship-potential-pertamina-start-up-graduate-enters-forbes-under-30-list

Siregar, D., Purnomo, A., Mastuti, R., Sadalia, D. N. I. S., Sutiksno, D. U., Putra, S. H., Sahir, S. H., Revida, E., & Simarmata, J. (2020). Technopreneurship: Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Published
2023-05-20
How to Cite
Kartawaria, J., & Normansah, A. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN START-UP. KOMUNIKATA57, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.748
Section
Articles