PENYULUHAN KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SEKOLAH SD PERJUANGAN TERPADU, DEPOK

  • Hani Astuti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Agus Dharmanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hema Dayita Pohan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nita Komala Dewi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sumartono Sumartono Universitas Esa Unggul
Keywords: Komunikasi Antar Personal, Pembentukan Karakter, Etika

Abstract

Pembentukan kepribadian anak dapat tercipta dalam lingkungan keluarga dan sekolah. Melatih kepribadian anak dalam lingkungan keluarga memerlukan bantuan orang tua untuk menciptakan anak berkepribadian baik, serta peran guru dalam membentuk karakter anak didiknya. Untuk itu diperlukan komunikasi antar personal antara guru dan siswa untuk membentuk karakter yang baik pada diri siswa sesuai norma, agama, dan Pancasila. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu guru membentuk kepribadian siswa melalui sosialisasi komunikasi antar personal melalui materi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan yakni dengan beberapa tahapan terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Peserta kegiatan terdiri dari guru–guru SD Perjuangan Terpadu Depok sebanyak 20 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Mei 2023 di Aula SD Perjuangan Terpadu Depok dengan sistem tatap muka. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain bertambahnya informasi dan pengetahuan guru mengenai komunikasi antar personal yang dilakukan oleh guru kepada siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada peserta sebelum dan sesudah kegiatan.

References

Alfaini, Z. A. (2021). Komunikasi Antar Pribadi Guru dengan Murid dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Sungailiat Bangka. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 30–37.

Arizki, M. (2020). Pendidikan Agama Islam Era Revolusi 4.0. JURNAL Ansiru PAI, 4(2), 52–72.

Aziz, A. (2017). Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Mediakita, 1(2), 173–184. https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i2.365

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (Cetakan Ke). Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Marlina, S. (2011). Keistimewaan Dalam Komunikasi Antarpersonal. Sulesana : Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 115–115.

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Qoid, M., & Munif, M. (2020). Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Di Madrasah Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 96–113.

Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10.

Published
2023-12-31
How to Cite
Astuti, H., Dharmanto, A., Pohan, H., Dewi, N., & Sumartono, S. (2023). PENYULUHAN KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SEKOLAH SD PERJUANGAN TERPADU, DEPOK. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(2), 202-206. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i2.1049