DAMPAK ULASAN ONLINE, HARGA, DAN FITUR TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL MELALUI TRAVELOKA

  • Floretta Novianty Putri Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Ulasan Online, Harga, Fitur, Keputusan Pemesanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat dampak antara variabel ulasan online, harga, dan fitur terhadap keputusan pemesanan kamar hotel melalui Traveloka. Desain penelitian yang dipakai adalah deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 100 sampel dari pengguna fitur hotel pada Traveloka di Jakarta terlibat dalam pengisian kuesioner yang dipilih dengan metode simple random sampling. Pengolahan datanya menggunakan Smart Partial Least Square (SMART PLS) versi 3.0. Berdasarkan hasil uji Outer Model, Inner Model dan uji hipotesis yang dilakukan, menunjukkan bahwa variabel ulasan online, harga, dan fitur secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemesanan pada fitur hotel di Traveloka.

References

Ghozali, Imam & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 Untuk penelitian empiris, (Edisi 2). Undip press.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2016. Principles of Marketing, (6th Ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, (15th Ed.). Pearson Education Limited.

Laudon, Kenneth C & Traver, Carol Guercio. (2014). E-Commerce 2014 : Business, Technology, Society, (10th Ed.). Prentice Hall.

Schmitt, Bernd. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Foundations and TrendsĀ® in Marketing, 5(2), 55-112. http://dx.doi.org/10.1561/1700000027

Sparks, B.A & V. Browning. 2011. The Impact of Online Reviews on Hotel Booking Intentions and Perception of Trust. Tourism Management. 32(6), 1310-1323 ttps://doi.org/10.1016/j.tourman.2010.12.0113

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yasmin, Afrina dkk. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age. International Journal Of Management Science and Bussines Administration. 1(5), 69-80. https://ideas.repec.org/a/mgs/ijmsba/v1y2015i5p69-80.html

Published
2024-05-31
How to Cite
Putri, F. (2024). DAMPAK ULASAN ONLINE, HARGA, DAN FITUR TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL MELALUI TRAVELOKA. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 4(1), 9-14. https://doi.org/10.55122/blogchain.v4i1.1027