PENGARUH E-COMMERCE LIVE MARKETING TIKTOK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN PADA LOCAL BRAND SOMETHINC
Abstract
Seiring meningkatnya kebutuhan terhadap teknologi, salah satu bentuknya pada kegiatan belanja konsumen yaitu melalui live marketing pada e-commerce TikTok. Selain live marketing, Brand image juga memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen. Somethinc merupakan produk live yang memiliki tingkat penonton tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah live marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada local brand Somethinc, dengan menggunakan metode survei. Populasi dan sampel yaitu konsumen somethinc dan konsumen somethinc yang melakukan pembelian di TikTok. Hasil dari penelitian ini yaitu live marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan membeli produk Somethinc.
References
Annisa I R. (2022, Juli 17). Tiktok Live Shopping : Cara Baru Belanja dan Jualan Online. socialmediamarketer. https://socialmediamarketer.id/tiktok/tiktok-live-shopping/
Chapple, C. (2020). TikTok crosses 2 billion downloads after best quarter for any app ever. Sensor tower.
Devita, V. D. (2024). Somethinc, Some By Mi dan The Ordinary Review Produk Paling Banyak Ditonton Di Tiktok. iprice. https://iprice.co.id/trend/insights/produk-skincare-mana-yg-paling-banyak-ditonton-di-tiktok/
Hudha, I. A. (2021). Keterjangkauan Teknologi Informasi Dalam Live Streaming Shopping Untuk Menciptakan Minat Pembelian Pada E-Commerce Shopee. eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98365
Keller, K. L. (2020). MBA-767 Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity.
Lenny S. (2023, Juni 9). Daftar Produk Laris Live Streaming Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Daftar Produk Laris Live Streaming Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada†, https://katadata.co.id/digital/e-commerce/6482d11a63136/daftar-produk-laris-live-streaming-shopee-tiktok-tokopedia-lazada Penulis: Lenny Septiani Editor: Desy Setyowati. katadata.co.id. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/6482d11a63136/daftar-produk-laris-live-streaming-shopee-tiktok-tokopedia-lazada
Mahiri, E. A. (2020). The Influence of Brand Image and Store Atmosphere on Consumer Purchasing Decisions of Village-Owned Enterprises (BUMDES) Mart Banjaran. Scientific Journal of Management.
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO: Journal of …. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/4716
Copyright (c) 2025 Aniza Octoviani, Titin Alfinatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.