PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP EMOTIONAL BRANDING MELALUI BRAND IMAGE
Abstract
Celebrity endorser adalah seseorang yang mempunyai popularitas atau terkenal oleh publik atas prestasinya selain daripada produk yang didukungnya. Brand merupakan sebuah identitas yang dapat mengembangkan sebuah citra yang memuat nilai, kepribadian, atau janji sebuah perusahaan sehingga citra merek dapat menjadi keunggulan kompetitif utama. Konsumen dipersepsikan lebih berpikir menggunakan hati mereka dibandingkan dengan kepala mereka ketika memilih suatu produk sehingga sebuah merek dihidupkan konsumen melalui kepribadian perusahaan serta komitmen perusahaan untuk meraih konsumen pada tataran emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat usia 20 tahun ke atas sebanyak 110 responden dan yang mengetahui produk MS Glow. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan dan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini adalah celebrity endorser mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap emotional branding melalui variabel mediasi brand image.
References
Aaker, David A. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press.
----------------- (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.
Durianto, Darmadi, et al. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Percy, L., and Rossiter, J.R. (1987). “Advertising and Promotion Managementâ€. McGraw-Hill: Singapore.
Rangkuti, Freddy (2002). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Perkembangan Merek. Jakarta: Gramedia.
Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2010). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.
Chriswardana, & Dewa, Bayu. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta pada Produk Oleh-oleh Jogja Scrummy.
Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2023). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aldo (Studi Kasus di Pondok Indah Mall Jakarta).
Fajar Rosalina, I., & Deria Erina Putri, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Hasyakyla Utami Terhadap Brand Image Produk Emina Cosmetics. (Vol. 25, Issue 3). www.kuyou.id
Firmansyah. (2022). Pengaruh Emotional Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Kopi Kenangan). Ardi Firmansyah.
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. 3(2). www.investor.id
Maulidhya, U., Mustadjar, M., & Mappalahere, Moh. T. (2021). Gaya Hidup (Lifestyle) Makeup dan Skincare di Kalangan Laki-Laki Milenial. Phinisi Integration Review, 4(3), 509. https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24428
Sofyani, H. (2023). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031
Soliha, E. (2015). The Effect of Bank Image and Trust on Loyalty Mediated by Customer Satisfaction. In JDM (Vol. 6, Issue 2). http://jdm.unnes.ac.id
Suryani, A. D., Prakosa, A., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Emotional Branding, Customer Experience, dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty pada Samsung Experience Store. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1). https://journal.actual-insight.com/index.php/investasi/article/view/40
Copyright (c) 2025 Afrida Sary Puspita, Aris Fatoni, Eva Listiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.