ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PENGIRIMAN J&T EXPRESS DAN JNE DI WILAYAH DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i2.1699Keywords:
Kualitas Pengiriman, J&T Express, JNEAbstract
Penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kualitas pengiriman antara J&T Express dan JNE di wilayah DKI Jakarta. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 100 orang responden pengguna layanan J&T Express dan JNE yang berada di wilayah DKI Jakarta. Teknik analisa data yang digunakan meliputi Uji Mann Whitney U-Test dan Analisis Diskriminan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, hasil Uji Mann Whitney U-Test pada indikator Mudah Digunakan dengan hasil Asym p.Sig 0.007 dan hasil dari analisis diskriminan sebesar sig 0.007, sedangkan pada analisis diskriminan indikator Kondisi Barang Baik dengan hasil sebesar sig 0.002, maka dinyatakan terdapat perbedaan signifikan pada kualitas pengiriman di antara J&T Express dan JNE.
Downloads
References
Abdullahi, A. M., & Osman, A. I. (2023). Service Quality Delivery of Benadir Local Government in Somalia. International Journal of Professional Business Review, 8(6), e02308. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i6.2308
Anggraeni, S., Harum, F. C., Ramadhan, G. F., & Sugiyarto, I. (2022). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Website J&T Dengan Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(1), 260–271. https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.825
Cheng, C.-C., Chang, Y.-Y., & Chen, C.-T. (2021). Construction of a service quality scale for the online food delivery industry. International Journal of Hospitality Management, 95, 102938. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102938
Dharma, S., Jadmiko, P., & Azliyanti, E. (2020). Aplikasi SPSS dalam analisis multivariates (Cetakan pertama). LPPM Universitas Bung Hatta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 . Universitas Diponegoro : Semarang.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengelola Data dan Penelitian (Pertama). CV. Budi Utama.
Indisari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan (Cetakan pertama). Surabaya: Unitomo Press.
Juhanda, H., & Sari, P. K. (2024). Analisis Kualitas Website Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Menggunakan Pendekatan Webqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Menurut Persepsi Online Seller Analysis Of Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Website’s Quality Using Webqual And Importance Performance Analysis (Ipa) Approachment Perceived By Online Seller. Https://Openlibrarypublications.Telkomuniversity.Ac.Id/Index.php/management/article/view/32
Katadata.co.id. 8 Juli 2021. Industri Logistik Tumbuh 40% Selama Pandemi Covid-19. Diakses pada 25 Oktober 2024, dari https://katadata.co.id/berita/industri/60e6bc288f45c/industri-logistik-tumbuh-40-selama-pandemi-covid
Kurniawan, R. D. B., Wijoyo, S. H., & Wardani, N. H. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id
Musvaida, A. H., Sunaryo, H., & Rizal, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan,Keamanan dan Kemudahan Terhada Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express (Studi Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). www.fe.unisma.ac.id
Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003117452
Prasetyo, F. A. (2017). ANALISIS PERBANDINGAN SERVICE QUALITY ANTARA JNE DAN J&T EKPRESS. https://www.neliti.com/publications/131948/analisis-perbandingan-service-quality-antara-jne-dan-jt-ekpress
Putri, A. T., & Handayani, L. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekspedisi JNE. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 1(02), 44–53. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i02.64
Raharja, M. F., & Evi Yuliana, M. (2022). Teknologi Informasi Sebagai Sarana Komunikasi Penjual Kepada Pembeli Di Platform E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Teknologi Dan Bisnis (JETBIS), 1(3), 131–134. https://doi.org/10.57185/jetbis.v1i3.17
Rizki, K., Cahyadi, E. R., & Slamet, A. S. (2020a). The Effect of Online Shop Owner Satisfaction on Logistic Services (Comparative Study of JNE and J&T Express). Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.6.2.196
Shaumi, F. Z., & Cahyadi, E. R. (2022). Perbandingan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Logistik Pada JNE dan J&T Express di Jabodetabek. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.939
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.
Top Brand Award. Top Brand Index Jasa Kurir 2020-2023. Diakses pada 14 Oktober 2024 dari www.topbrand-award.com.
Viana, H. F. N., & Munarsih. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Cabang Duta Mas Jakarta Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 08(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/jpkpk.v8i1.42890
Wu, M., Gao, J., Hayat, N., Long, S., Yang, Q., & Mamun, A. A. (2024). Modelling the significance of food delivery service quality on customer satisfaction and reuse intention. PLoS ONE, 19(2 February). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0293914
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oktavia Dita Anggraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





