PENGARUH SMART SERVICE DAN INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP REPUTASI MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PT. LALAMOVE

Authors

  • Harun Arasid Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i2.1891

Keywords:

Smart Service, Inovasi Teknologi, Keputusan Pembelian, Reputasi, Lalamove

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti smart service dan inovasi teknologi terhadap reputasi melalui keputusan pembelian PT. Lalamove. Penelitian dilatarbelakangi oleh meningkatnya kebutuhan layanan logistik berbasis digital serta pentingnya reputasi perusahaan dalam memenangkan persaingan pasar. Analisis Partial Least Square (PLS) adalah metode kuantitatif yang digunakan terhadap 150 responden yang telah menggunakan aplikasi lebih dari tiga kali, melalui teknik simple random sampling. Data tersebut diolah dengan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0. Temuan penelitian mengungkap yaitu smart service dan inovasi teknologi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Smart service juga pengaruh langsung dan tidak langsung melalui keputusan pembelian terhadap reputasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryska, M. (2017). PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (KASUS RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU). In JOM FISIP (Vol. 4, Issue 1).

Beverungen, D., Müller, O., Matzner, M., Mendling, J., & vom Brocke, J. (2019). Conceptualizing smart service systems. Electronic Markets, 29(1), 7–18. https://doi.org/10.1007/s12525-017-0270-5

Fitria Alayida, N., Aisyah, T., Deliana, R., & Diva, K. (2023). PENGARUH DIGITALISASI DI ERA 4.0 TERHADAP PARA TENAGA KERJA DI BIDANG LOGISTIK.

Hamdani, J., & Maulani, H. (2018). Inovasi teknologi dalam meningkatkan daya saing jasa logistik. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi, 5(2),22–30. https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/1870

Kholidin, A. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Peran Kebijakan Strategis Inovasi Teknologi Digital dalam Transportasi Barang: Studi Perusahaan Logistik di Semarang. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.6246

Kuo, C. M., Chen, L. C., & Tseng, C. Y. (2017). Investigating an innovative service with hospitality robots. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(5), 1305-1322.

Raza, E., Sabaruddin, L. O., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49–63. https://doi.org/10.31334/logistik.v4i1.873

Syahrial, Syahrial & Herdayati,. (2019). DESAIN PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN

Trilitami, Vika & Nurhasanah, Nina. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi. KENDALI: Economics and Social Humanities. 2. 129-141. 10.58738/kendali.v2i2.496.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Harun Arasid. (2025). PENGARUH SMART SERVICE DAN INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP REPUTASI MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PT. LALAMOVE. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 5(2), 71–76. https://doi.org/10.55122/blogchain.v5i2.1891