PERAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI BISNIS AKADEMISI DAN PELAKU UMKM

  • Sylvia Kartika Damayanti Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Misnan Misnan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Komunikasi Bisnis, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Abstract

Tujuan untuk mengetahui peran Hipmikindo dalam meningkatkan sumber daya manusia pengusaha UMKM serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bentuk komunikasi bisnis dengan sivitas akademika. Ada perkembangan dan dinamika strategi dalam tindakan awal dan akhir, termasuk strategi pengelolaan pesan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika strategi komunikasi bisnis Hipmikindo dalam peningkatan sumber daya UMKM di Jabodetabek melibatkan beberapa istilah. Mula-mula model tarik digunakan, kemudian dorong. Pull, dengan menampung semua aspirasi dan inspirasi para pelaku UKM untuk mencari solusi, sedangkan push, meliputi: 1) strategi komunikasi untuk perubahan. 2) Strategi pengelolaan pesan siklus ā€œSā€, 3) mengutip konsep kaizen: 5S: (seiri, seiton, seiso, seiketsu, dan shitsuke) yang disesuaikan dengan ringkas, rapi, bersih, bersih, peduli dan rajin, 4) mendirikan pusat kewirausahaan di tempat kerja akademisi. Hambatan komunikasi adalah budaya, pendidikan, pribadi, dan lingkungan.

Published
2021-05-22
How to Cite
Damayanti, S., & Misnan, M. (2021). PERAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI BISNIS AKADEMISI DAN PELAKU UMKM. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(1), 35-44. https://doi.org/10.55122/blogchain.v1i1.229