STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN SUMBERDAYA TECHNOPRENEUR DENGAN MENDIRIKAN ENTREPRENEUR CENTRES

Authors

  • Tagor Rambey Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ahmad Nurdin Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Budi Prakoso Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Arum Yuni Astuti Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/blogchain.v1i2.311

Keywords:

Manajemen Perubahan, Technopreneur, Entrepreneur Centres

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui strategi manajemen perubahan HIPMIKINDO dalam membangun sumber daya technopreneur dengan mendirikan entrepreneur centers. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang analisisnya lebih mengedepankan proses daripada hasil. Strategi manajemen perubahan pada dasarnya berintikan tiga hal: pertama, semua bisnis pasti mengalami siklus rintisan, kemajuan dan penurunan; bisa secara cepat ataupun lambat, dan ini menimpa bidang bisnis apa pun. Kedua, sebelum mengalami penurunan, maka harus ada terobosan, berupa inovasi dan kreativitas. Ketiga, jika inovasi terlambat maka akan semakin berat menghadapi recovery puncak keberhasilan yang lama.  Untuk itu sadar teknologi menjadi sangat penting. Informasi teknologi, pemanfaatan teknologi dan adaptasi teknologi dalam melakukan bisnis harus menjadi sense dan passion para pelaku UMKM. Inilah  strategi manajemen perubahan dalam membangun sumber daya technopreneur. Upaya sharing, dari sisi teori, konsep, pengalaman dan analisis (praktis dan akademis) terselenggara dalam entrepreneur centres. Di dalamnya, peran perguruan tinggi, UMKM dan Hipmikindo terus berkolaborasi dan berelaborasi dalam pengembangan sumber daya technopreneur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Rambey, T., Hasibuan, A. N., Prakoso, B., & Astuti, A. Y. (2021). STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN HIPMIKINDO DALAM MEMBANGUN SUMBERDAYA TECHNOPRENEUR DENGAN MENDIRIKAN ENTREPRENEUR CENTRES. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 51–59. https://doi.org/10.55122/blogchain.v1i2.311