EVALUASI PRAKTIK ADMINISTRASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA PT XYZ

  • Sylvia Kartika Dhamayanti Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pengadaan Barang dan Jasa, Praktik Administrasi, Standard Operating Procedure

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi administrasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada divisi SCM PT. XYZ yang berlokasi di Jakarta Selatan. Hasil evaluasi secara umum menunjukkan bahwa divisi SCM dalam melakukan fungsinya sebagai pengadaan barang dan jasa sudah mempunyai standard operating procedure (SOP) untuk memudahkan bagiannya dalam melakukan tugasnya. Keberadaan SOP ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengawasi dan mengendalikan belanja perusahaan sebagai referensi manajemen dalam pengambilan keputusan, sehingga potensi kerugian dapat segera diantisipasi oleh perusahaan. Administrasi yang baik dan benar dapat menghindarkan perusahaan dari potensi kerugian yang disebabkan oleh penyalahgunaan wewenang dan dokumen oleh oknum yang hendak mengambil keuntungan dari perusahaan. Secara keseluruhan ditemukan bahwa ada kesalahan administrasi pengadaan barang dan jasa pada PT. XYZ yang berpotensi merugikan perusahaan.

References

Azizzadeh, F., Khalili, K., dan Soltani, I. (2013). Service quality measurement in the public sector (Ilam province post office case studies). International Journal of Economics, Finance and Management. 2(1), 114-121.

Basheka, B.C. (2008). Procurement planning and accountability of local government procurement systems in developing countries: evidence from Uganda. Journal of Public Procurement. 8(3), 379-406. https://doi.org/10.1108/JOPP-08-03-2008-B005.

Chatzoglou, P., Chatzoudes, D., Vraimaki, E., dan Diamantidis, A. (2013). Service quality in the public sector: the case of the Citizen's Service Centers (CSCs) of Greece. International Journal of Productivity and Performance Management. 62(6), 583-605. https://doi.org/10.1108/IJPPM-12-2012-0140

Fatoni, A., & Hardianti, D. (2020). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI MRT ATAU MASS RAPID TRANSIT. Mediastima, 26(1), 117-134. https://doi.org/10.55122/mediastima.v26i1.99

Fatoni, A., & Setiawan, I. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Bagi Anggota Majelis Taqorrub Ilallah (MTI) Bekasi Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 110-124. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.97

Setyawan, I., & Fatoni, A. (2020). Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Melalui Peningkatan Kinerja Anggota Pada Organisasi Nirlaba. Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), 1455–1482.

Lysons, K., dan Farrington, B. (2016). Purchasing and Supply Chain Management. Edisi ke-9. Pearson Education, London.

Lysons, K., dan Gillingham, M. (2003). Purchasing and Supply Chain Management. Edisi ke-6. Pearson Education, England.

Mangan, J., Lawani, C.S., Calatayud, A. (2021). Global Logistics and Supply Chain Management, Edisi ke-4. John Wiley and Sons, New Jersey.

Purwanto, (2008). Kajian prosedur pengadaan jasa konstruksi secara e-procurement. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 45-46.

Radianto, S.H., Soekarwo, Wijoyo, S., Abrianto, B.O., Thalib, P., Mulyono, P.E. (2020). Analysis on the implementation of goods/services procurement electronically at District Government Gresik. International Journal of Advanced Science and Technology. 29(6s), 559-568.

Tatsis, V., Menab, C., Van Wassenhove, L.N., Whicker, L. (2006). E-procurement in the Greek food and drink industry: Drivers and impediments. Journal of Purchasing & Supply Management. 12, 63–74. doi:10.1016/j.pursup.2006.04.003

Young, R., Young, M., Jordan, E., dan O’Connor, P. 2012. Is strategy being implemented through projects? Contrary evidence from a leader in new public management. International Journal of Project Management, 30(8), 887-900.

Žurga, G. 2018. Project management in public administration. TPM total project management maturity model. The case of Slovenian public administration. Transylvanian Review of Administrative Sciences. 53, 144-159. DOI:10.24193/tras.53E.9.

Published
2022-05-31
How to Cite
Dhamayanti, S. (2022). EVALUASI PRAKTIK ADMINISTRASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA PT XYZ. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(1), 34-41. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i1.433