PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DARAT DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PENGIRIMAN BARANG.

  • Fahira Rizkiani Filla Intitut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Moda Transportasi Darat, Pengiriman Barang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemilihan moda transportasi dan proses pengiriman barang yang efektif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Informan pada penelitian ini adalah  kepala operasional bagian transportasi, kurir mobil box kecil, mobil box besar, dan motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki 3 jenis kendaraan yaitu mobil box kecil, mobil box besar, dan motor. Pemilihannya berdasarkan kapasitas angkut, rute jalan yang dilalui, keselamatan, dan kelayakan kendaraan. Dimana keempat pertimbangan tersebut, proses pengiriman barang cukup efektif.

References

Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jakarta Pusat: Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Bowersox, Donald J. (2020). Supply chain logistics management, (5 ed.). McGraw-Hill.

Gunawan, H. (2015). Pengantar Transportasi dan Logistik. Jakarta: Grafindo Persada.

Hendayani, R. (2016). Manajemen Logistik. Bandung. Alfabeta.

Kholid, M., Suprianto, M., dan Wilujeng, Ulya Hasna. (2016). Faktor Faktor Pertimbangan Penentuan Moda Transportasi Impor Barang pada Perusahaan Importir PT. Takagi Sari Multi Utama dan PT. Metito Indonesia. Jurnal Adminitrasi Bisnis, Oktober 2016. Vol 39, No. 1, Hal 99-108.

Musa, Yunus Evendi Kris Dia dan Setiono, Benny Agus. Pengaruh Moda Transportasi Darat Terhadap Kelancaran Arus Container di PT. Nilam Port Terminal Indonesia Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 3 (1), 1-9. http://dspace.hangtuah.ac.id/xmlui/handle/dx/970

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rusmana, Annisa Widianty dan Setyawan, Iwan. (2021). Pengaruh Integrasi Supply Chain terhadap Kinerja Supply Chain. Blogchain: Jurnal Bisnis, Logistik, dan Supply Chain, 1(2), 67-76.

Siahaya, W. (2013). Sukses Supply Chain Management Akses dalam Demand Chain Management. Jakarta: In Media.

Simanjuntak, E., Widiastuti, H., Argiono I., Aramanda, T., Kartika, Tiara T., Baskoro, Luhur S., Subkhi, Alfin N., Lelowati R., Sumartiny, E., Wicaksono, Andri B., Wahyuningsih, M., Aulia M., dan Noviana Khairunnisa S. (2014). Peluang Investasi Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum. Pusat Kajian Strategis Kementerian Pekerjaan Umum.

https://www.google.co.id/books/edition/PELUANG_INVESTASI_INFRASTRUKTUR_BIDANG_P/olwnBgAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Somadi. (2020). Evaluasi Keterlambatan dalam Pengiriman Barang Menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal Logistik Indonesia. Oktober 2020. Vol 4, No. 2, Hal 81-93.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-11-30
How to Cite
Filla, F. (2022). PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DARAT DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PENGIRIMAN BARANG. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 2(2), 52-57. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i2.526