FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGIRIMAN, KUALITAS JASA DAN HARGA DUA PERUSAHAAN JASA DELIVERY DI JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.55122/blogchain.v3i1.546Keywords:
Kinerja Pengiriman, Kualitas Jasa, HargaAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pengiriman, kualitas jasa dan harga antara PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Jakarta selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 100 konsumen terpilih sebagai responden berdasarkan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kinerja pengiriman, kualitas jasa dan harga antara PT Pos Indonesia (PERSERO) dan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Kinerja pengiriman PT Pos Indonesia (PERSERO) dinilai baik dalam hal fleksibilitas layanan, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik dalam hal pemanfaatan aset seperti gudang. Kualitas jasa PT Pos Indonesia (PERSERO) dinilai baik dalam hal ketepatan waktu dalam pengiriman, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik dalam hal jaminan seperti memberikan rasa aman. Harga PT Pos Indonesia dinilai baik karena harga dinilai sesuai dengan kualitas pelayanan, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik karena harga sesuai dengan manfaat.