https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/issue/feed Jurnal Bisnis, Logistik dan Supply Chain (BLOGCHAIN) 2025-01-03T21:23:38+00:00 Aris Fatoni toni.fat333@gmail.com Open Journal Systems <p id="tw-target-text" dir="ltr" style="text-align: justify;" data-placeholder="Terjemahan"><span lang="id">Diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957.&nbsp; </span><span lang="id">Mempunyai kajian di bidang Administrasi Bisnis. Redaksi mengundang dosen maupun praktisi untuk menulis artikel ilmiah di jurnal ini.<br></span></p> https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1293 PENGARUH MATERIAL HANDLING DAN TATA LETAK TERHADAP PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT BARANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GUDANG 2025-01-03T21:23:37+00:00 Nurinajmi Utami nurinajmi2429f@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara <em>material handling</em> dan tata letak terhadap kinerja gudang melalui produktivitas bongkar muat barang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan gudang dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi karena pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik yang digunakan yaitu <em>Non Probability Sampling </em>dan data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan aplikasi <em>Smart PLS</em>. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung variabel <em>material handling</em> dan tata letak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kinerja gudang, sedangkan secara tidak langsung variabel <em>material handing</em> dan tata letak tidak memiliki pengaruh secara signifikan. Dari variabel <em>material handling</em> dan tata letak memberikan pengaruh sebesar 0.880 terhadap produktivitas bongkar muat dan sebesar 0.912 terhadap kinerja gudang.</p> 2025-01-03T19:54:09+00:00 Copyright (c) 2025 Nurinajmi Utami https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1345 IMPLEMENTASI GREEN LOGISTIK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING NASIONAL GUNA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 2025-01-03T21:23:37+00:00 Annisa Rahma Dianti rannisa452@gmail.com <p style="text-align: justify;">Era Society 5.0 membawa perubahan signifikan melalui teknologi canggih seperti AI, IoT, dan <em>big data</em> yang mempermudah aktivitas manusia, termasuk sektor logistik yang berperan kunci dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Logistik yang efisien mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga meningkatkan emisi gas rumah kaca. Di Indonesia, sektor logistik menyumbang emisi gas rumah kaca signifikan, sehingga penerapan <em>green logistics</em> menjadi krusial dimana dengan menggabungkan teknologi otomatisasi dan energi terbarukan, tidak hanya mengurangi dampak lingkungan tetapi juga meningkatkan daya saing nasional. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan <em>systematic literature review</em> atau SLR dengan tujuan diperoleh pemahaman mendalam tentang kontribusi <em>green logistics</em> dalam meningkatkan daya saing nasional, serta potensinya dalam menciptakan transformasi positif dalam keberlanjutan lingkungan dan ekonomi nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan <em>green logistics</em> di Indonesia merupakan langkah penting untuk meningkatkan daya saing nasional dalam era Society 5.0, di mana integrasi teknologi dan keberlanjutan menjadi kunci utama. Dengan mengadopsi praktik-praktik logistik hijau seperti penggunaan bahan bakar alternatif, optimasi rute, dan kendaraan ramah lingkungan, Indonesia dapat mengurangi emisi karbon dan dampak negatif terhadap lingkungan upaya untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 yang mengusung konsep Ekonomi Hijau dapat tercapai melalui inovasi dan adaptasi dalam praktik logistik hijau.</p> 2025-01-03T20:00:12+00:00 Copyright (c) 2025 Annisa Rahma Dianti https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1355 ANALISIS KETIDAKSESUAIAN HASIL STOCK OPNAME PADA GUDANG PERSEDIAAN OBAT RUMAH SAKIT XYZ 2025-01-03T21:23:37+00:00 Shalli Arsylia shalliarsylia12@gmail.com Gideon Setyo Budiwitjaksono shalliarsylia12@gmail.com <p style="text-align: justify;">Obat merupakan persediaan yang sangat rentan terjadi kadaluarsa, kehilangan, dll. Hal ini harus dicegah dengan dilakukannya audit stock opname. Hasil dari stock opname bisa saja terjadi ketidaksesuaian persediaan fisik dengan kartu stock. Oleh karena itu, diperlukannya analisis yang lebih jauh untuk dapat mengetahui sebab dan akibat dari masalah yang timbul. Penelitian ini dilakukan pada gudang persediaan obat rumah sakit XYZ dan berfokus pada ketidaksesuaian pada hasil pelaksanaan stock opname sebagai objek penelitian. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan pihak staff gudang persediaan obat rumah sakit XYZ. Data akan diidentifikasi menggunakan metode DMAIC serta pemberian rekomendasi yang menggunakan konsep kaizen atau 5S. Hasil dari identifikaasi masalah yang terjadi menunjukkan beberapa penyebab seperti salah pencatatan, belum dimutasi, dan belum dicatat. Rekomendasi yang diberikan seperti pengurutan ukuran dosis obat, sosialisasi cara update stock obat pada system, memproses permintaan obat secara urut, dll.</p> 2025-01-03T20:07:29+00:00 Copyright (c) 2025 Shalli Arsylia, Gideon Setyo Budiwitjaksono https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1402 PERENCANAAN WAKTU BAKU DI GUDANG OUTBOUND PT ABC DENGAN METODE STOPWATCH TIME STUDY 2025-01-03T21:23:37+00:00 Audy Ramadhina Maharani audyramadhina@gmail.com Irpan Numang audyramadhina@gmail.com Amri Yanuar audyramadhina@gmail.com <p style="text-align: justify;">PT ABC adalah perusahaan jasa yang bertanggungjawab mengelola <em>raw material</em> komponen otomotif dari dua <em>customer</em> manufaktur otomotif. Permasalahan yang ditemukan di gudang <em>outbound</em> PT ABC adalah kendala operasional yang terjadi sebanyak 19 kali kejadian untuk <em>customer</em> 1 dan 51 kali kejadian untuk <em>customer</em> 2, serta belum adanya waktu baku untuk setiap aktivitasnya sehingga menyebabkan keterlambatan <em>cycle</em> pengiriman material ke <em>customer</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kegiatan yang menjadi kendala operasional dan menetapkan waktu baku untuk menyeragamkan aktivitas di gudang <em>outbound</em> PT ABC dengan menggunakan Metode <em>Stopwatch Time Study. </em>Dalam melakukan perhitungan dikumpulkan data sebanyak 30 kali pengamatan dan secara <em>purposive sampling</em> menggunakan 8 operator sebagai sampel penelitian. Hasil menunjukkan bahwa waktu bakunya sebesar 450 menit atau 7,5 jam. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu kerja karyawan dimasukkan ke dalam perhitungan, seperti <em>allowance</em> untuk menghilangkan rasa <em>fatigue</em>, kebutuhan pribadi, dan kejadian tak terhindarkan. Selain itu, ada juga pertimbangan atas keadaan diluar kehendak operator, seperti atmosfer dan suhu ruangan, kendala <em>problem</em> sistem/internet.</p> 2025-01-03T20:20:30+00:00 Copyright (c) 2025 Audy Ramadhina Maharani, Irpan Numang, Amri Yanuar https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1415 PENGUKURAN BEBAN KERJA DAN PENENTUAN TENAGA KERJA EFEKTIF DENGAN METODE FULL TIME EQUIVALENT DAN WORKLOAD ANALYSIS PADA AKTIVITAS INBOUND, CYCLE COUNT, DAN OUTBOUND DI GUDANG ABC PT. XYZ 2025-01-03T21:23:37+00:00 Fakhruddin Fathulloh Thohir fahrudin.tohir@gmail.com Dani Leonidas Sumarna fahrudin.tohir@gmail.com Ekra Sanggala fahrudin.tohir@gmail.com <p style="text-align: justify;">Gudang ABC menghadapi tantangan dalam pengelolaan tenaga kerja akibat penurunan pendapatan dan aktivitas dengan kerugian mencapai 30%, serta penggunaan dua sumber tenaga kerja yaitu karyawan internal dan <em>outsourcing</em>. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi beban kerja menggunakan metode <em>Full Time</em> <em>Equivalent</em> (FTE) dan <em>Workload Analysis</em> (WLA), dengan FTE menilai jumlah tenaga kerja yang diperlukan dalam aktivitas <em>Inbound, Cycle Count</em>, dan <em>Outbound</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja untuk <em>Inbound</em> dan <em>Cycle Count</em> dapat dikurangi menjadi satu orang masing-masing dengan nilai FTE sebesar 1,28 dan 0,95 yang masih mencukupi, sementara untuk <em>Outbound</em> direkomendasikan penambahan tenaga kerja menjadi empat orang dengan nilai FTE rata-rata sebesar 1,06 untuk menangani beban kerja yang lebih tinggi. WLA mengungkapkan bahwa <em>Outbound</em> merupakan aktivitas yang paling menuntut sumber daya, sedangkan <em>Cycle Count</em> menunjukkan beban kerja yang relatif ringan, menyoroti pentingnya strategi efisiensi tenaga kerja guna mengurangi biaya dan meningkatkan kinerja operasional gudang, terutama dalam alokasi tenaga kerja dan pengelolaan biaya.</p> 2025-01-03T20:27:53+00:00 Copyright (c) 2025 Fakhruddin Fathulloh Thohir, Dani Leonidas Sumarna, Ekra Sanggala https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1418 ANALISIS WAKTU BAKU PADA PROSES KERJA DIVISI INCOMING DI MPC BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME STUDY 2025-01-03T21:23:37+00:00 Sisilia Antonia Riyanti Mali sisilmali17@gmail.com Amri Yanuar sisilmali17@gmail.com Dani Leonidas Sumarna sisilmali17@gmail.com <p style="text-align: justify;">PT POS merupakan perusahaan yang bergerak di bagian jasa dalam pengiriman barang entah itu dalam Indonesia ataupun luar Indonesia. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode <em>Time study</em>. <em>Time study</em> merupakan salah metode yang digunakan untuk menentukan waktu baku pada sebuah perusahaan atau instansi dengan menggunakan langkah-langkah yang harus dikerjakan sebelumnya. Waktu standar sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan atau instansi karena dapat mengontrol pekerjaan yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu standar pada divisi incoming di MPC Bandung sehingga tidak lagi adanya pemborosan waktu pekerjaan. Penelitian ini penulis lakukan selama 22 hari kerja dengan delapan kegiatan yang penulis amati seperti menerima barang dari bagian distribusi hingga barang diserahkan kebagian antaran. Hasil dari penelitian ini didapatkan waktu standar dari delapan kegiatan yaitu 232,45 menit. Sedangkan untuk frekuensi pekerjaan yang dilakukan untuk menyelesaikan delapan pekerjaan adalah 454 kali.</p> 2025-01-03T20:37:42+00:00 Copyright (c) 2025 Sisilia Antonia Riyanti Mali, Amri Yanuar, Dani Leonidas Sumarna https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1421 EVALUASI KINERJA VENDOR AVIONIC EQUIPMENT INSTRUMENTS (AEI) MENGGUNAKAN METODE AHP - PROMETHEE DI PT DIRGANTARA INDONESIA 2025-01-03T21:23:37+00:00 Winda Septiana Br Harianja windaseptianaharianja@gmail.com Darfial Guslan windaseptianaharianja@gmail.com Irpan Numang windaseptianaharianja@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja vendor <em>Avionic Equipment Instruments</em> (AEI) di PT Dirgantara Indonesia dengan menggunakan metode <em>Analytical Hierarchy Process</em> (AHP) dan <em>Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluations</em> (PROMETHEE). Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang penting dalam pemilihan vendor, seperti kualitas, biaya, dan pengiriman. Sementara itu, metode PROMETHEE digunakan untuk merangking dan menentukan prioritas vendor berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa vendor yang tidak memenuhi perjanjian <em>lead time</em> yang disepakati, yang berdampak pada terganggunya proses produksi pesawat di PT Dirgantara Indonesia. Berdasarkan hasil analisis, MT PROPELLER dipilih sebagai vendor terbaik dengan nilai Net Flow 0,23, diikuti oleh HONEYWELL dengan nilai Net Flow 0,08. Vendor dengan kinerja terendah adalah ROGERSON KRATOS dengan nilai Net Flow -0,09. Hasil ini memberikan rekomendasi bahwa MT PROPELLER merupakan pilihan terbaik untuk kerja sama jangka panjang dengan PT Dirgantara Indonesia.</p> 2025-01-03T20:53:18+00:00 Copyright (c) 2025 Winda Septiana Br Harianja, Darfial Guslan, Irpan Numang https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1407 PENGARUH E-COMMERCE LIVE MARKETING TIKTOK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN PADA LOCAL BRAND SOMETHINC 2025-01-03T21:23:38+00:00 Aniza Octoviani aniza_octo@yahoo.com Titin Alfinatun aniza.octoviani@gmail.com <p style="text-align: justify;">Seiring meningkatnya kebutuhan terhadap teknologi, salah satu bentuknya &nbsp;pada kegiatan belanja konsumen yaitu melalui <em>live marketing</em> pada <em>e-commerce </em>TikTok. Selain <em>live marketing, Brand image </em>juga memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen. Somethinc merupakan produk live yang memiliki tingkat penonton tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah <em>live marketing </em>dan <em>brand image </em>berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada <em>local brand </em>Somethinc, dengan menggunakan metode survei. Populasi dan sampel yaitu konsumen somethinc dan konsumen somethinc yang melakukan pembelian di TikTok. Hasil dari penelitian ini yaitu <em>live marketing </em>dan <em>brand image</em> berpengaruh terhadap keputusan membeli produk Somethinc.</p> 2025-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Aniza Octoviani, Titin Alfinatun https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1573 ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) 2025-01-03T21:23:38+00:00 Idam Pirmansah firmansahidam@gmail.com Iwan Setyawan firmansahidam@gmail.com <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi&nbsp; tahapan pekerjaan yang berpotensi bahaya di gudang. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dengan partisipan meliputi 1 (satu) Kepala Gudang dan 3 (tiga) Staff Gudang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa telah tersedianya Alat Pelindung Diri (APD) di dalam gudang. Selain itu pada gudang juga membagi menjadi 3 kategori kecelakaan kerja, yaitu kecelakaan kecil, kecelakaan sedang dan kecelakaan berat. Yang membedakan tiap kategori adalah kondisi luka korban serta penanganan yang diberikan kepada korban.</p> 2025-01-03T21:00:46+00:00 Copyright (c) 2025 Idam Pirmansah, Iwan Setyawan https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/blogchain/article/view/1408 PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP EMOTIONAL BRANDING MELALUI BRAND IMAGE 2025-01-03T21:23:38+00:00 Afrida Sary Puspita afridasary28@gmail.com Aris Fatoni afridasary28@gmail.com Eva Listiani afridasary28@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Celebrity endorser</em> adalah seseorang yang mempunyai popularitas atau terkenal oleh publik atas prestasinya selain daripada produk yang didukungnya. Brand merupakan sebuah identitas yang dapat mengembangkan sebuah citra yang memuat nilai, kepribadian, atau janji sebuah perusahaan sehingga citra merek dapat menjadi keunggulan kompetitif utama. Konsumen dipersepsikan lebih berpikir menggunakan hati mereka dibandingkan dengan kepala mereka ketika memilih suatu produk sehingga sebuah merek dihidupkan konsumen melalui kepribadian perusahaan serta komitmen perusahaan untuk meraih konsumen pada tataran emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat usia 20 tahun ke atas sebanyak 110 responden dan yang mengetahui produk MS Glow. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan dan analisis data menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) <em>Partial Least Squares</em> (PLS). Hasil penelitian ini adalah <em>celebrity endorser</em> mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap <em>emotional branding</em> melalui variabel mediasi <em>brand image</em>.</p> 2025-01-03T21:07:44+00:00 Copyright (c) 2025 Afrida Sary Puspita, Aris Fatoni, Eva Listiani