DESAIN KONSEPTUAL CHATBOT UNTUK PROYEKSI BIAYA HARIAN PERAWATAN DI RUMAH SAKIT UKRIDA

  • Eva Oktavini Universitas Kristen Krida Wacana
  • Diana Frederica Universitas Kristen Krida Wacana
  • Ronald Winardi Kartika Universitas Kristen Krida Wacana
  • Jason Renaldi Kristianto Universitas Kristen Krida Wacana
  • Wendy Octantia Wijaya Universitas Kristen Krida Wacana
Keywords: Chatbot, Desain Konseptual, Proyeksi Biaya, Tagihan, Kinerja Rumah Sakit

Abstract

Perkembangan inovasi teknologi pada era saat ini berkembang cukup pesat yang secara tidak langsung menuntut proses bisnis untuk dapat beradaptasi. Landasan teori pada penelitian ini yaitu menggunakan Technology Acceptance Model, TAM dinilai erat kaitannya dengan penelitian ini karena TAM berfokus pada penerimaan teknologi pada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses bisnis layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap serta merancang desain konseptual sistem chatbot atas layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap Rumah Sakit Ukrida. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain utama. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen yang diperoleh dari Rumah Sakit Ukrida. Hasil penelitian menunjukkan proses bisnis layanan informasi biaya dan tagihan rawat inap di Rumah Sakit Ukrida yang berjalan saat ini sudah cukup baik dan beberapa kelemahan yang ada saat ini adalah layanan yang kurang efisien karena masih berbasis manual. Beberapa masukan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut yaitu adanya integrasi data dan adanya chatbot.

References

REFERENSI

Abd-Alrazaq, A. A., Alajlani, M., Ali, N., Denecke, K., Bewick, B. M., & Househ, M. (2021). Perceptions and Opinions of Patients about Mental Health Chatbots: Scoping Review. Journal of Medical Internet Research, 23(1). https://doi.org/10.2196/17828

Adelia, C., Muniroh, M., & Putra, D. H. (2023). Tinjauan Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Berdasarkan Elemen Penilaian Standar Akreditasi Rumah Sakit di RSUD Koja Tahun 2023. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(9), 983–990. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i9.1013

Amelia, L., Dwi, C., & ELok, F. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI RUMAH SAKIT di INDONESIA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i2.232

Anggriyanti, D., Ali Putra Harahap, R., & Dalimunthe, B. (2018). Studi Fenomenologi: Pengalaman Perawat Dalam Mengupayakan Pencegahan Kesalahan Dengan Menerapkan Standar Prosedur Operasional (Spo). Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4(2), 145–149. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v4i2.297

Chaix, B., Bibault, J. E., Pienkowski, A., Delamon, G., Guillemassé, A., Nectoux, P., & Brouard, B. (2019). When chatbots meet patients: One-year prospective study of conversations between patients with breast cancer and a chatbot. JMIR Cancer, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.2196/12856

Chang, I. C., Shih, Y. S., & Kuo, K. M. (2022). Why would you use medical chatbots? interview and survey. International Journal of Medical Informatics, 165(December 2021), 104827. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2022.104827

Eldi, E., & Syaputra, H. (2020). Implementasi Chatbot Untuk Mendukung Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 1(3), 139–148. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v1i3.160

Haque, A., & Chowdhury, M. N. U. R. (2023). Transforming Chronic Disease Management with Chatbots: Key Use Cases for Personalized and Cost-effective Care. Proceedings - 2023 6th International Symposium on Computer, Consumer and Control, IS3C 2023, 367–370. https://doi.org/10.1109/IS3C57901.2023.00104

Indah, A., & Siti, R. (2023). Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Zainab. Jurnal Buana Akuntansi, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.36805/akuntansi.v8i2.5659

Javaid, M., Haleem, A., & Singh, R. P. (2023). ChatGPT for healthcare services: An emerging stage for an innovative perspective. BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations, 3(1), 100105. https://doi.org/10.1016/j.tbench.2023.100105

Magdalena, L. (2023). Implementation Chatbot for SMEs Using Artificial Intelligence Markup Language to Improve Customer Integration and Business Performance. Applied Information System and Management (AISM), 6(2), 69–76. https://doi.org/10.15408/aism.v6i2.31847

Mulyani, A. S., Rusdi, I., & Marantika BR Karo, F. (2020). PENERAPAN APLIKASI ZAHIR ACCOUNTING DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA PT. HAVIDZ SARANA UTAMA DEPOK. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 1(2), 93–107. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/jabisi/article/view/184/113

Oktavini, E., Tampubolon, L. D., Amelinda, R., & Mannuela Anwar, R. (2023). Peran Moderasi Sales Growth Dan Leverage Terhadap Ukuran Dan Kinerja Perusahaan. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 47–53. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1808

Piau, A., Crissey, R., Brechemier, D., Balardy, L., & Nourhashemi, F. (2019). A smartphone Chatbot application to optimize monitoring of older patients with cancer. International Journal of Medical Informatics, 128(February), 18–23. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2019.05.013

Rahmayanti, N., Halimatu Sa’diyah, U., Widianto Sudjud, R., & Paramarta, V. (2023). Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan di Rumah Sakit. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(08), 3094–3101. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i08.1094

Rudiwantoro, A. (2022). Pengaruh Independensi Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Direksi, Komite Audit Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 41–51.

Suazo Galdames, I. (2023). Chatbots for Promoting Healthy Habits and Scientific Culture. International Journal of Medical and Surgical Sciences, 10(4), 1–4. https://doi.org/10.32457/ijmss.v10i4.2413

Sugiharto, B. H., & Rumefi, U. (2019). Analisis Implementasi dan Pemodelan REA (Resource, Event, Agent) Sistem Akuntansi Pada UMKM Di Kabupaten Pasuruan. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 4(1), 87. https://doi.org/10.29407/jae.v4i1.12759

Tahar, A., Azzahra, N. I., & Az-zahro, S. F. (2023). Determinan Kualitas Informasi Keuangan pada Entitas Kesehatan: Peran Mediasi Sistem Informasi Akuntansi. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 264–282. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i1.19077

Usmar. (2021). Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (Survei Pada Pemda DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 50. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/jabisi/article/view/219/150

Warashati, D., Novieastari, E., & Arfiani, T. (2020). Optimalisasi Pelaksanaan Supervisi Handover Keperawatan pada Rumah Sakit di Jakarta Selatan. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 6(2), 85–94.

Yusron F, F., Komarudin, A., & Melina. (2024). JOURNAL OF APPLIED COMPUTER SCIENCE AND TECHNOLOGY ( JACOST ) Chatbot Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode FastText dan LSTM. Journal of Applied Computer Science and Technology, 5(1), 33–39.

Published
2024-12-03
How to Cite
Oktavini, E., Frederica, D., Kartika, R., Kristianto, J., & Wijaya, W. (2024). DESAIN KONSEPTUAL CHATBOT UNTUK PROYEKSI BIAYA HARIAN PERAWATAN DI RUMAH SAKIT UKRIDA. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 5(2), 194-206. https://doi.org/10.55122/jabisi.v5i2.1521