PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Diah Nurdiana Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Arus Kas Operasi, Laba Akuntansi, Harga Saham

Abstract

Riset ini bertujuan buat menguji pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Akuntansi secara parsial serta simultan terhadap Harga Saham pada industri Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi serta yang digunakan dalam riset ini merupakan industri otomotif di Bursa Efek Indonesia periode 2013- 2018.  Ilustrasi riset ini diperoleh 5 industri yang terseleksi memakai purposive sampling. Tipe informasi yang digunakan dalam riset ini merupakan informasi kuantitatif. Sumber informasi dalam riset ini merupakan informasi sekunder.  Variabel yang digunakan dalam riset ini merupakan variabel dependen (Harga Saham) serta variabel independen (Arus kas Operasi serta Laba Akuntansi). Metode pengumpulan informasi merupakan metode dokumentasi. Teknikalisasi informasi yang digunakan merupakan model analisis regresi simpel serta berganda, uji anggapan klasik, uji hipotesis. Dalam menganalisis informasi periset memakai program SPSS tipe 22.0.  Hasil pengujian dalam riset ini menampilkan kalau Arus Kas Pembedahan serta Laba Akuntansi secara parsial serta simultan membagikan pengaruh terhadap Harga Saham

References

Aldin, Moen, M., Hajighasemi, A., Hajighasemi, M., & Dehghan , H. D. (2013). Investigating the effect of fundamental accounting variables on the stock prices variations.

International Journal of Economic and finance, Vol. 4, No. 10, 2013. Fahmi, [rham. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fathurrochman."Pengaruh Arus Kas dan Persistensi Laba terhadap Harga Saham (studi kasus Jakarta Islamic Index tahun 2005-2011)". Jurnal ekonomi dan hukium Islam, Vol.4. No.2, 2014.

Fitri,Raisa. "Pengaruh antara Laba Akuntansi dan Total Arus Kas Terhadap Harga Saham (studi pada perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEl)'. Jurnal Jibeka , Vol.10, No.1 Agustus 2016 :42-48.

Hery. 2012. Mahir Akuntansi Dasar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Iswadi ,dan Yunina. "Pengaruh Laba Akuntansi , Financial Leverage Dan Tingkat Inflasi terhadap Harga Saham (studi kasus pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta)'. Jurnal E- Mabis FE- Unimal, Vol . 7,No. 1 / Januari 2006.

Jabbari ,Hossein ,Zeinolabedin Sadghi, dan Seyed Ali Askari. "Cash Flow ,Earning Opacity and Impact on Stock Price Crask Risk in Tehran Stock Exchange"' International Journal of Academic Research in Accounting Finance And Management sciences,Vol.3, No.4 Oktober 2013, pp.138-145.

Juhandi, Nendi. 2013. Manajemen Keuangan. Jakarta: Pelangi Nusantara. Kamaludin, dan Rini Indriani. 2013. Manajemen Keuangan. Bandung : Mandar Maju.

Khaji , Ibrahim Marwan,dan Ahmad Zakaria Siam.' The Effect of Cash Flow on Share Price of The Jordanian Commercial Bank Listed in Amman Stock Exchange". International Journal of Economic and Finance, Vol.7. No.5, 2015.

Martani , Dwi, Sylvia Veronica NPS, dan Ratna Wardhani. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta : Salemba Empat.

Meythi dan Selvy Hartono, "Pengaruh Informasi Labn dan Anus Kas Terhadap Harga Saham:.

Jurnal Ilmiah Akuntansi.No.Janusri April 2013.ISSN :2089-159.

Mutia Evi "Pengaruh Informasi Laba dan Arus Kas terhadap Harga Saham". Jurmal Akuntansi, Vol 1,Oktober 2013 : 12-22.

Nasir. Mohamad, dan Mariana Ulfah. "Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham dengan Persistensi Laba Sebagai Variabcl Intervening". Jurnal Maksi, Vol.8,No. I Januari 2008: 74-86.

Perdamenta, Hary. ''Laba Akuntansi dan Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)'. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol 2, No.2, Nopember 2016.

Reeve, James M, Carl S. Warren, dan Jonathan E. Duchac. 2010. Pengantar Akuntansi . Jakarta: Salemba Empat.

Lailatus, S., & Kadarusman. (2014). Pengaruh Laba Akuntansi, Komponen Arus Kas, Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham pada perusahaan kelompok LQ 45 yang listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.5, No.1, Agustus 2014.

Wasmin , dan Muhammad Wahyudi. "Pengaruh Profitabilitas dan Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang terdapat di Bursa Efek Indonesia". Jurnal Keuangan , Vol.9, No.2:8-25,2016

Wehantow, Andre B, dan Jantje J. Tinangon. 'Analisis Laporan ArusKas Operasi, Investasi, dan Pendanaan pada PT. Gudang Garam TBK" Jurnal EMBA, Vol.3,No.1 / Maret 2015.

www.idx.com

www.sahamok.com

Published
2021-04-30
How to Cite
Nurdiana, D. (2021). PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 2(1), 27-38. https://doi.org/10.55122/jabisi.v2i1.202