ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENCEGAHAN KECURANGAN DALAM PENGELOLAAN DANA DESA

(STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAHAN DESA KECAMATAN TELUK NAGA, KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN)

  • Melan Sinaga Universitas Budi Luhur
  • Roza Fitriawati Universitas Budi Luhur
Keywords: Kompetensi Aparatur, Penyajian Laporan Keuangan, Pencegahan Kecurangan, Dana Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk secara empiris mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam mencegah kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Variabel yang dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah kompetensi pegawai desa dan kualitas penyajian laporan keuangan, dengan moralitas individu sebagai faktor pemoderasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi yang menjadi subjek penelitian adalah semua pegawai desa di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Jumlah responden dalam penelitian adalah sebanyak 83 orang yang berasal dari 13 desa di Kecamatan Teluknaga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai desa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Sementara itu, kualitas penyajian laporan keuangan memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Moralitas individu tidak terbukti memperkuat pengaruh kompetensi pegawai desa terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Namun, moralitas individu terbukti memperkuat pengaruh kualitas penyajian laporan keuangan terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa.

References

Anggono, B. D., & Damaitu, E. R. (2021). Restrukturisasi Negara Kesatuan Republik Indonesia Berbasis Hukum yang Berbhineka Tunggal Ika. UPT Percetakan & Penerbitan Universitas Jember.

Aruan, N. (2003). Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah Studi Empiris di Jawa Timur. Penerbit Badan Penelitian Dan Pengembangan Propinsi Jawa Timur. ISBN, 682–979.

Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. K. (2017). Pencegahan fraud dalam pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 7–16.

BPKP. (2008). Supervisi Audit Kode MA. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP Dalam Rangka Diklat Sertifikat JFA Tingkat Penjenjangan Auditor Pengendali Teknis.

Hutapea, P., & Nurianna Thoha, M. B. A. (2008). Kompetensi plus. Gramedia Pustaka Utama.

Jannah, R., Aditiya, R., Suhartono, S., Sari, N. R., & Fadhilatunisa, D. (2021). Penerapan Akuntansi Forensik Dan Kompetensi SDM terhadap Upaya Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 7(1).

Masitoh, S., & Yusuf, Y. (2021). Analisis pengelolaan anggaran dana desa (Studi di Desa Nagrak, Kecamatan Sukaraja, Bogor). PROSEDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI, 4(1).

Moeheriono, E., & Si, D. M. (2012). Pengukuran kinerja berbasis kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pangkey, D. K. A. (2016). Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tateli Satu Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 3(1), 161096.

Raharjo, M. M. (2021). Pengelolaan Dana Desa. Bumi Aksara.

Rahimah, L. N., Murni, Y., & Lysandra, S. (2018). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Desa, Lingkungan Pengendalian dan Moralitas Individu terhadap Pencegahan Fraud yang terjadi dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus di Desa Sukamantri, Desa Sukamanah, Desa Sukaresmi dan Desa Gunungjaya Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak Dan Manajemen), 6(12), 139–154.

Rahmawati, E., Rasidah, R., & Yuliastina, M. (2020). Determinan Fraud Prevention pada Pemerintahan Desa Di Kabupaten Banjar. Jurnal Akuntansi, 10(2), 129–152.

Udayani, A., & Sari, M. M. R. (2017). Pengaruh pengendalian internal dan moralitas individu pada kecenderungan kecurangan akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(3), 1744–1799.

Widyani, I. G. A. A. T., & Wati, N. W. A. E. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Aparatur Desa Dan Integritas Aparatur Terhadap Pencegahan Fraud Yang Terjadi Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 160–187.

Zahro, Q. A., & Salehawati, N. (n.d.). SDGs Desa dari Kacamata Agribisnis. Pandiva Buku.

Published
2023-11-02
How to Cite
Sinaga, M., & Fitriawati, R. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENCEGAHAN KECURANGAN DALAM PENGELOLAAN DANA DESA. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 4(2), 69-76. https://doi.org/10.55122/jabisi.v4i2.979