ANALISIS STRATEGI BISNIS DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PT. ABC MELALUI VARIABEL MODERASI DAYA SAING

  • Afrida Sary Puspita Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Titin Alfinatun Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Strategi Bisnis, Total Quality Management (TQM), Kinerja, Daya Saing

Abstract

Kondisi ekonomi di berbagai negara akibat pandemi Covid-19 menimbulkan gejolak ekonomi dunia dan menciptakan ketidakpastian lingkungan bisnis termasuk pada sebagian besar perusahaan di Indonesia. Strategi bisnis, total quality management (TQM) merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung daya saing guna mencapai kinerja organisasi. Dalam mencapai kinerja organisasi PT. ABC perlu menyusun strategi bisnis yang tepat, implementasi penjaminan mutu secara menyeluruh sehingga menjadi daya saing organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Bisnis tidak berpengaruh terhadap Daya Saing, TQM terhadap Daya Saing, Strategi Bisnis secara langsung berpengaruh terhadap Kinerja, TQM berpengaruh terhadap Kinerja, Daya Saing tidak berpengaruh terhadap Kinerja, Strategi Bisnis melalui Daya Saing tidak berpengaruh terhadap Kinerja, TQM melalui Daya Saing tidak berpengaruh terhadap Kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pejabat dan karyawan tetap PT. ABC berdasarkan metode non-probability sampling dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online (Google Form) pada media WhatsApp. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Smart PLS

References

Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Badan Pusat Statistik. (2020).

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Asy’ari, H. (2015). Perbandingan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 , Standard BAN- PT dan Total Quality Management di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Pendidikan Islam, IV(1), 141–157.

Basterfield, Dale H, dkk. 2011.Total Quality Management: Revised Third Edition. Dorling Kindersley Pvt.Ltd. New Delhi, India.

David Fred. 2007. Strategic Management: Concepts & Cases. 11th Edition, Prentice Hall

David, Fred. 2010. Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12. Jakarta.

Doarest, A., & Kamphuis, B. (2020). How COVID-19 is affecting firms in Indonesia. BRIEF, 4, 20–21.

Fatoni, Aris dan Setyawan, I. (2023). Dampak E-commerce terhadap Munculnya Kreativitas Berwirausaha dan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Muslimah Majelis Taqorrub Ilallah (MTI) Bekasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 145–150. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3071

Fatoni, A. dan, & Lestari, N. (2021). Perbedaan Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Gojek (GoRide) Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supllay Chain (Blogchain), 1, No.1, 16–23.

Ghozali, I., & Latan, H. 2015. Partial Least Square: KOnsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(10), 6580–6609.

Ismail Solihin. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Kiran. 2016. Total Quality Management: Key Concepts and Case Studies. Butterworth-Heinemann, BS Publication

Maryani, L., & Chaniago, H. (2019). Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 48–60.

Nugrahayu, E. R. (2015). PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN Erika Ributari Nugrahayu. 4(10).

Nasution.M.N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Cetakan 1,Edisi 3. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Octoviani, A., & Puspita, A. S. (2023). Implementasi Triple Helix dalam Meningkatkan Competitive Advantage Industri Kreatif universitas dan industri , serta pemerintah ( disebut triple helix ). Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi), 3(1).

Prayhoego, C., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Total Quality Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Acounting Review, 1.

Samsinar, A. (2021). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT ( TQM ) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG DIMODERASI BIAYA KUALITAS PADA PERUSAHAAN. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 1(2), 175–196.

Setyawan, I., & Fatoni, A. (2020). Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Melalui Peningkatan Kinerja Anggota Pada Organisasi Nirlaba. Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), 1455–1482.

Sudaryati, E., & Amelia, F. (2015). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PROSPECTOR DAN DEFENDER. JURNAL RISET AKUNTANSI MERCU BUANA ( JRAMB ), 1(2).

Sukarya, & Nurleli. (2021). Pengaruh Strategi Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan. Prosiding Akuntansi, 7(2), 518–521.

Utami, P., & Setyorini, R. (2014). ANALYSIS THE EFFECT OF OTHERS SIX CRITERIA OF MALCOLM BALDRIGE FOR PERFORMANCE EXCELLENCE (MBCFPE) TO LEADERSHIP AT PT. KRAKATAU STEEL (PERSERO), TBK. ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management :, 1(3), 515–533.

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Published
2023-11-07
How to Cite
Puspita, A., Fatoni, A., & Alfinatun, T. (2023). ANALISIS STRATEGI BISNIS DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PT. ABC MELALUI VARIABEL MODERASI DAYA SAING. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 4(2), 77-90. https://doi.org/10.55122/jabisi.v4i2.994