https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/issue/feed Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI) 2025-04-01T07:09:54+00:00 Nuraini Purwandari, ST., MMSI nuraini.purwandari@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI)</p> <p style="text-align: justify;">Merupakan jurnal dengan bidang keilmuan sistem informasi dan tekhnologi informasi serta sistem informasi bisnis dengan memuat artikel ilmiah penelitian dan terapan serta materi tentang metode dan perkembangan teori, serta ilmu terapan yang terkait dengan sistem informasi, sistem informasi bisnis dan teknologi informasi serta informatika.</p> <p style="text-align: justify;">Jurnal Sistem Informasi Bisnis diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi. Redaksi mengundang para peneliti, praktisi untuk menulis artikel ilmiah di bidang yang berkaitan dengan sistem informasi, sistem informasi bisnis dan teknologi informasi serta informatika</p> https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1114 PENERAPAN WATERFALL DALAM MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN STUDIO UBHARA 2025-04-01T07:09:37+00:00 R Wisnu Prio Pamungkas wisnu.prio@dsn.ubharajaya.ac.id Dievon Firdaus Alexander 201710225238@mhs.ubharajaya.ac.id Indah Leandra Tiara 202210715074@mhs.ubharajaya.ac.id Mirza Cahya Ningrum 202210715252@mhs.ubharajaya.ac.id Rena Nugraini Dwi Saputri 202210715256@mhs.ubharajaya.ac.id Siti Rohmah 202210715051@mhs.ubharajaya.ac.id Caroline Julyana Magdalena 202210715172@mhs.ubharajaya.ac.id <p style="text-align: justify;">Studio UBHARA terdiri dari beberapa macam studio yang memang dibuat untuk para mahasiswa berkumpul sesudah mendapatkan pembelajaran perkuliahan. Salah satunya adalah Studio Musik, yang dalam penggunaannya studio ini masih menggunakan sistem pencatatan manual yang memakan waktu yang cukup lama. Dari sinilah muncul sebuah ide untuk membangun sistem informasi berbasis web dalam mendukung pemesanan ruang studio di UBHARA. Metode <em>waterfall</em> (air terjun) dan bahasa pemrograman PHP (<em>Hypertext Preprocessor</em>) digunakan dalam pembangunan sistem informasi. Diharapkan pembangunan ini akan memudahkan proses promosi, transaksi, dan pengolahan laporan data konsumen. Sehingga, dengan adanya dukungan aplikasi ini yang dengan mudah dibangun menggunakan metode <em>Waterfall</em> membuat konsumen dan pengelola studio merasa terbantu.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 R Wisnu Prio Pamungkas, Dievon Firdaus Alexander, Indah Leandra Tiara, Mirza Cahya Ningrum, Rena Nugraini Dwi Saputri, Siti Rohmah, Caroline Julyana Magdalena https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1187 OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA DOSEN POLITEKNIK LP3I MENGGUNAKAN CODEIGNITER 2025-04-01T07:09:38+00:00 Mohammad Ivan Awaludin mohammadivanawaludinr21.mi@plb.ac.id Hadiansyah Ma’sum mohammadivanawaludinr21.mi@plb.ac.id <p style="text-align: justify;">Terdapat peningkatan penting dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan riset dan pengabdian pada masyarakat di institusi pendidikan seperti Politeknik LP3I. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil perancangan <em>website</em> sistem informasi yang menggunakan framework CodeIgniter untuk mempermudah proses manajemen penelitian dan pengabdian pada dosen. Metode penelitian melibatkan analisis kebutuhan, perancangan sistem, dan implementasi menggunakan CodeIgniter. Hasilnya adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manajemen data penelitian dan pengabdian pada dosen secara terintegrasi, termasuk pengajuan penelitian, pengelolaan proyek, dan pelaporan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi administrasi, mempercepat akses informasi, dan meningkatkan kualitas pelaporan di Politeknik LP3I. Hasilnya menggarisbawahi pentingnya penerapan teknologi informasi yang tepat dalam mendukung proses akademis dan pengelolaan proyek di lembaga pendidikan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Mohammad Ivan Awaludin, Hadiansyah Ma’sum https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1529 RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI BERBASIS WEB 2025-04-01T07:09:39+00:00 Muhammad Wendy Dwi Anugrah waltamilano@gmail.com Waskita Cahya waltamilano@gmail.com Natalia Evianti waltamilano@gmail.com Rahmat Jaya waltamilano@gmail.com <p style="text-align: justify;">Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan. Kepuasan karyawan mendorong mereka memberikan yang terbaik. Absensi kehadiran memainkan peran penting dalam setiap pekerjaan. Saat ini, banyak perusahaan masih menggunakan absensi manual dengan kertas, yang rentan terhadap kesalahan, ketidakefektifan, kelupaan, ketidakakuratan laporan, kehilangan kertas, dan manipulasi data. Menggunakan sistem informasi aplikasi presensi dapat mengatasi masalah ini. Dengan aplikasi presensi, karyawan hanya perlu menggunakan <em>smartphone</em> untuk absen, memudahkan perusahaan dalam pengelolaan absensi karyawan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Wendy Dwi Anugrah, Waskita Cahya, Natalia Evianti, Rahmat Jaya https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1534 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMP NEGERI 3 TANAH PUTIH MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL 2025-04-01T07:09:40+00:00 Dea Lestari lestarideaa22@gmail.com Suendri Suendri suendri@uinsu.ac.id Fathiya Hasyifah Sibarani fathiyahasyifahsibarani@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Kemajuan teknologi informasi yang pesat telah mengubah berbagai bidang, termasuk sektor pendidikan, di mana kebutuhan akan informasi yang akurat dan cepat sangat penting. Di SMP Negeri 3 Tanah Putih, pengolahan data akademik masih dilakukan secara manual dan menggunakan aplikasi perkantoran yang memiliki banyak keterbatasan, seperti risiko kehilangan data dan ketidaksinkronan antar file. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Sistem Informasi Akademik berbasis web menggunakan framework Laravel. Laravel dipilih karena kemudahan penggunaannya, fitur-fitur yang kaya, serta fleksibilitas dalam pengembangan aplikasi web. Sistem ini diharapkan mampu mengelola data akademik seperti data siswa, guru, kelas, nilai, dan absensi secara efektif, sehingga meningkatkan efisiensi pengelolaan data di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Sistem Informasi Akademik berbasis web ini mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan data, memudahkan akses bagi berbagai pihak, serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan dan peningkatan kualitas layanan di SMP Negeri 3 Tanah Putih.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dea Lestari, Suendri, Fathiya Hasyifah Sibarani https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1538 SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS POHON KELAPA SAWIT PADA PERKEBUNAN SEI RUMBIA 2025-04-01T07:09:41+00:00 Dzulfiah Nadia Hasanah dzulfiahnadiahasanah@gmail.com Ali Ikhwan aliikhwan@uinsu.ac.id Heri Santoso herisantoso@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Kelapa sawit merupakan tanaman utama di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, yang menghasilkan minyak sawit mentah (CPO) dalam jumlah besar. Perkebunan Sei Rumbia di Kecamatan Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dengan luas 5000 hektare, menghadapi berbagai tantangan, termasuk kondisi lahan, iklim, dan masalah aksesibilitas akibat longsor. Saat ini, pengumpulan data di perkebunan ini masih dilakukan secara manual, yang menghambat efisiensi pengelolaan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan sistem informasi geografis (SIG) yang menggunakan Quantum GIS untuk mengonversi data kebun menjadi format GeoJSON dan memanfaatkan pustaka JavaScript Leaflet untuk visualisasi peta. Sistem ini memungkinkan pemetaan lokasi pohon kelapa sawit secara real-time, termasuk informasi tentang blok, divisi, dan kondisi lingkungan seperti suhu, kelembapan, curah hujan, dan tekanan udara. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini efektif dalam memudahkan pengelolaan informasi dan monitoring persebaran perkebunan kelapa sawit, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi secara keseluruhan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dzulfiah Nadia Hasanah, Ali Ikhwan, Heri Santoso https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1562 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA CV AZRAEL GRAFIKA DENGAN METODE AVERAGE 2025-04-01T07:09:41+00:00 Risti Rambe ristirambe01@icloud.com Raissa Amanda Putri raissaamandaputri@uinsu.ac.id Adnan Buyung Nasution adnanbuyungnasution@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Saat ini, di era digital, setiap orang mempunyai akses mudah terhadap berbagai informasi, dimana pun dan kapan pun. Teknologi sistem informasi membantu dalam memecahkan berbagai masalah, seperti pengelolaan data, administrasi, keuangan, pengendalian inventaris, dan lain-lain. Sistem informasi manajemen adalah perangkat dalam suatu organisasi yang dimaksudkan untuk menangani transaksi sehari-hari, mendukung operasi, tugas administratif, dan perencanaan strategis. Selama ini, persediaan stok mengacu pada daftar barang yang disimpan untuk mengantisipasi penjualan di masa depan. Persediaan ini diklasifikasikan menjadi dua kategori, stok awal dan stok akhir. Dalam menyediakan persediaan ini dibutuhkan manajemen agar barang dapat dikelola dengan mudah. Saat ini CV Azrael Grafika melakukan pencatatan barang terjual yang ditulis di buku, dan barang yang stoknya kosong dapat dilihat ketika ada pelanggan yang memesan barang tersebut dan akan dikelola di bagian administrasi. Untuk mengatasi masalah yang terjadi Oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi untuk mengelola data komoditas agar persediaan barang dapat dikelola dengan lebih baik. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode average yang bertujuan untuk mencatat, memantau dan mengolah data persediaan. Hasil pengolahan data nantinya dapat disajikan dalam bentuk laporan. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi manajemen persediaan barang berbasis website yang diterapkan pada CV Azrael Grafika.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Risti Rambe, Raissa Amanda Putri, Adnan Buyung Nasution https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1563 PENERAPAN METODE ROC DAN SAW DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA PROGRAM PERCEPATAN 2025-04-01T07:09:43+00:00 T. Radiyah Khaizuran tengkuradiah8@gmail.com Yahfizham Yahfizham yahfizham@uinsu.ac.id Fathiya Hasyifah Sibarani fathiyahasyifahsibarani@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini berkembang pesat terlebih dalam dunia Pendidikan, sehingga menyebabkan sekolah dituntut untuk menghasilkan siswa-siswi yang unggul agar dapat mengelola dan memanfaatkannya. Siswa yang punya kemampuan diatas rata-rata mempunyai kebutuhan yang berbeda dan memerlukan layanan pendidikan khusus. Salah satu program yang dilakukan sekolah untuk memenuhi hal tersebut adalah mengadakan program percepatan. Pada MAN 3 Medan tahap penyeleksian siswa program percepatan masih menggunakan metode manual. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak sekolah dalam program percepatan ini, yang dilengkapi dengan metode ROC dan SAW. Penerapan sistem pendukung keputusan penentuan siswa program percepatan menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Simple Additive Weighting (SAW) berbasis Web pada Sekolah MAN 3 Medan telah berhasil dibangun sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, sehingga diharapkan memenuhi kebutuhan pihak sekolah dalam menentukan siswa mana yang layak masuk ke dalam program percepatan dengan efektif dan efisien.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 T. Radiyah Khaizuran, Yahfizham, Fathiya Hasyifah Sibarani https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1568 OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS UMKM 2025-04-01T07:09:44+00:00 Ika Lista Fadila ikalistafadila@gmail.com Elin Elin elinseptiyani8@gmail.com Intan Liani Nestiti Intanlianin@gmail.com Asep Maulana asmanovianto721@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan strategis pada UMKM Oishi Maru Takoyaki, berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi yang tepat dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Pembahasan mencakup tantangan yang dihadapi UMKM dalam implementasi teknologi informasi dan strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa optimalisasi sistem informasi manajemen sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ika Lista Fadila, Elin, Intan Liani Nestiti, Asep Maulana https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1581 APLIKASI ONLINE THERAPHY DENGAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN BERBASIS MOBILE 2025-04-01T07:09:44+00:00 M.A. Annisa Rahmadani annisarahmadani109@gmail.com Samsudin Samsudin samsudin@uinsu.ac.id Aninda Muliani Harahap anindamulianiharahap@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, saat ini angka pengidap gangguan pada kesehatan mental masyarakat di Indonesia cukup tinggi, sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa. Telah banyak upaya dalam mengatasi masalah gangguan kesehatan mental seperti layanan konsultasi kesehatan mental secara online. Klinik Utama Bina Atma merupakan salah satu klinik yang melayani konsultasi masalah kesehatan mental. Namun terdapat permasalahan khususnya pelayanan kepada pasien dikarenakan belum adanya sistem konsultasi online bagi pasien, hal ini mengharuskan pasien harus terus melakukan konsultasi secara tatap muka yang menyebabkan proses konsultasi belum dilakukan secara efektif. Oleh karena itu dibangun aplikasi online theraphy berbasis mobile dengan menerapkan Metode Human-Centered Design untuk mempermudah pasien dalam melakukan konsultasi secara online. Aplikasi Online Theraphy Klinik Utama Bina Atma berhasil dibangun dengan menerapkan metode human centered design, dimana aplikasi ini digunakan untuk sesi konsultasi antara pasien rawat jalan dan dokter yang bertugas, terdapat 3 user yang dapat mengakses aplikasi ini diantaranya, staf klinik, dokter dan pasien.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 M.A. Annisa Rahmadani, Samsudin, Aninda Muliani Harahap https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1588 IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN KANTOR DESA ULUMAMIS SITUNGGALING 2025-04-01T07:09:45+00:00 Jelita Ritonga jelitartg321@gmail.com Suendri Suendri suendri@uinsu.ac.id Heri Santoso herisantoso@uinsu.ac.id <p style="text-align: justify;">Implementasi <em>Cloud Computing</em> dalam Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Kantor Desa Ulumamis Situnggaling adalah penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan administrasi di desa tersebut. Pemilihan topik ini didasarkan pada kebutuhan akan sistem yang terintegrasi dan mampu mengelola data secara optimal, mengingat saat ini proses pengolahan data di kantor desa belum terorganisir dengan baik sehingga menghambat kinerja dan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan meliputi riset kebutuhan sistem, pengumpulan dan analisis data, serta perancangan dan pembuatan sistem berbasis web menggunakan teknologi <em>cloud computing</em>. Pengumpulan dan analisis data bertujuan untuk mendapatkan informasi yang relevan dan akurat guna mendukung perancangan sistem. Setelah itu, dilakukan perancangan dan pembuatan sistem berbasis web yang menggunakan teknologi <em>cloud computing</em> untuk memastikan bahwa sistem yang dikembangkan dapat diakses dengan mudah, aman, dan efisien Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pelayanan publik, mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam pengolahan data serta mempermudah proses pelayanan administrasi kepada masyarakat. Sehingga dengan adanya sistem informasi manajemen berbasis <em>website</em> ini, data dapat diakses secara <em>real-time</em> dan terpusat, sehingga mengurangi risiko kesalahan dan kehilangan data. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan integrasi yang lebih baik antar berbagai bagian administrasi, sehingga proses kerja menjadi lebih efisien dan terkoordinasi.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jelita Ritonga, Suendri, Heri Santoso https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1589 ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESANTREN SMART DIGITAL (PSD) MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT 2025-04-01T07:09:47+00:00 Uli Aertha uliaertha@unipdu.ac.id Diema Hernyka Satyareni uliaertha@unipdu.ac.id Ahmad Farhan uliaertha@unipdu.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini menganalisis kepuasan pengguna pada sistem pembayaran digital Pesantren Smart Digital (PSD) di Yayasan Al Chodidjah menggunakan metode Task Technology Fit (TTF). Aplikasi PSD dirancang untuk mendukung operasional pesantren, khususnya dalam pengelolaan pembayaran SPP, dengan tujuan meningkatkan efisiensi administrasi dan mempermuda wali santri serta pengelola dalam proses pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana sistem ini memenuhi kebutuhan pengguna melalui pendekatan kuantitatif yang mencakup empat variabel utama meliputi task characteristic, technology characteristic, task technology fit, dan user satisfaction. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari 41 responden. Responden pada penelitian ini terdiri dari wali santri dan penanggung jawab pembayaran SPP. Data yang telah dikumpulkan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh antar variabel dengan menggunakan software SPSS. Hasil analisis regresi disimpulkan bahwa task characteristic memiliki pengaruh terhadap task technology fit, technology characteristic memiliki pengaruh terhadap task technology fit, dan task technology fit memiliki pengaruh terhadap user satisfaction. Tingkat kepuasan pengguna secara keseluruhan didapatkan sebesar 80,5% yang termasuk dalam kategori Puas. Temuan ini mengindikasi bahwa aplikasi pesantren smart digital telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Uli Aertha, Diema Hernyka Satyareni, Ahmad Farhan https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1590 OPTIMALISASI PELAYANAN DAN EFISIENSI PERPUSTAKAAN MELALUI PENERAPAN SLIMS 9.6.1 BULIAN 2025-04-01T07:09:48+00:00 M. Heryadi Andrianto mheryadi.a@unipdu.ac.id Eddy Kurniawan eddykurniawan@ft.unipdu.ac.id Muhammad Miftakhul Syaikhuddin mifta@ft.unipdu.ac.id <p style="text-align: justify;">Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia perpustakaan, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang, pengelolaan data perpustakaan seperti koleksi buku, anggota, serta transaksi peminjaman dan pengembalian masih dilakukan secara manual, yang menghambat kinerja perpustakaan secara optimal. Salah satu solusi yang dapat diimplementasikan adalah penggunaan Senayan Library Management System (SLiMS), merupakan perangkat lunak manajemen perpustakaan berbasis open source yang dirancang untuk mempermudah berbagai aspek operasional perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan SLiMS dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di perpustakaan SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan implementasi sistem step-by step (Phase-in conversion) serta menggunakan metode pengujian UAT. Berdasarkan pengujian UAT yang telah dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa SLiMS mempermudah pengelolaan data anggota dan koleksi buku secara terintegrasi, memungkinkan proses peminjaman dan pengembalian buku menjadi lebih mudah dan efisien, serta menyediakan fitur pelaporan yang lebih cepat dan mudah diakses.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 M. Heryadi Andrianto, Eddy Kurniawan, Muhammad Miftakhul Syaikhuddin https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1636 PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA DEPOK BERBASIS WEBSITE 2025-04-01T07:09:49+00:00 Eggy Rizqi Naufal eggyrizqi10@gmail.com RR Aryanti Kristantini eggyrizqi10@gmail.com Astried Silvanie eggyrizqi10@gmail.com Dwi Sidik Permana eggyrizqi10@gmail.com <p style="text-align: justify;">Perancangan aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat berbasis <em>website</em> bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok. Proses pengaduan yang sebelumnya dilakukan secara manual sering kali memakan waktu, tidak terstruktur, dan berisiko kehilangan data. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan pengaduan, melampirkan bukti pendukung, serta memantau status laporan secara transparan. Sistem ini dirancang menggunakan metode Waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan implementasi aplikasi ini, diharapkan pelayanan pengaduan menjadi lebih responsif, akurat, dan mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk melakukan analisis data pengaduan secara <em>real-time</em>, yang dapat menjadi dasar untuk perbaikan berkelanjutan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Eggy Rizqi Naufal, RR Aryanti Kristantini, Astried Silvanie, Dwi Sidik Permana https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1642 PERANCANGAN APLIKASI BUKU TAMU BERBASIS WEBSITE PADA DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN KEMENTERIAN PERTANIAN 2025-04-01T07:09:50+00:00 Lusiyana Salsabilla lusiyanas2310@gmail.com Hilman Jihadi lusiyanas2310@gmail.com Rino Subekti lusiyanas2310@gmail.com Boy Firmansyah lusiyanas2310@gmail.com <p style="text-align: justify;">Aplikasi Buku Tamu Berbasis Website dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data tamu di Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Aplikasi ini menggantikan sistem pencatatan manual dengan teknologi berbasis web yang terintegrasi, memungkinkan admin untuk mencatat, mengelola, dan menghasilkan laporan data tamu secara efisien. Proses pengembangan melibatkan analisis kebutuhan sistem, perancangan antarmuka yang responsif, dan implementasi menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, PHP, dan MySQL. Selain mendukung kegiatan operasional, aplikasi ini juga mengurangi risiko kesalahan pencatatan dan kehilangan data. Dengan fitur-fitur seperti pendaftaran tamu, verifikasi admin, dan pelaporan, sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi modern yang mendukung pelayanan administratif yang lebih baik. Aplikasi ini dirancang agar mudah diakses oleh pengguna, dengan tampilan yang intuitif dan fungsi yang optimal, sehingga mampu meningkatkan produktivitas serta memastikan keamanan data tamu melalui autentikasi yang terintegrasi.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Lusiyana Salsabilla, Hilman Jihadi, Rino Subekti, Boy Firmansyah https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1639 PEMBUATAN APLIKASI SISTEM PEMINJAMAN RUANGAN AULA BERBANTUAN KODULAR PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA DEPOK BERBASIS MOBILE 2025-04-01T07:09:50+00:00 Ichwan Sanusi ichwansanusi60@gmail.com Ghanistantiono Dwi H sanusiichwan656@gmail.com Filda Angellia sanusiichwan656@gmail.com Waskita Cahya sanusiichwan656@gmail.com <p style="text-align: justify;">Proses peminjaman ruangan aula di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok sebelumnya dilakukan secara manual, yang menimbulkan berbagai kendala seperti jadwal yang bentrok, duplikasi data, dan kurangnya efisiensi dalam pengelolaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatkan sebuah aplikasi sistem peminjaman ruangan aula berbasis mobile menggunakan platform Kodular. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan peminjaman aula dan membantu pihak administrasi dalam mengelola data secara lebih terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literatur. Observasi dilakukan untuk memahami proses peminjaman secara manual yang ada saat ini, termasuk permasalahan yang sering muncul. Studi literatur dilakukan untuk menganalisis referensi teknologi serupa, konsep antarmuka yang efektif, serta prinsip pengembangan aplikasi berbasis Kodular. Aplikasi peminjaman ruangan aula ini memiliki fitur-fitur utama seperti pengecekan ketersediaan jadwal, pengajuan peminjaman melalui formulir digital, serta sistem persetujuan oleh admin. Dengan pendekatan pemrograman blok yang diterapkan di Kodular, aplikasi ini dirancang dengan antarmuka yang sederhana namun fungsional. Hasil perancangan dan pembuatan menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi administrasi, meminimalkan jadwal bentrok, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dalam mendukung pelayanan publik yang lebih modern dan responsif di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ichwan Sanusi, Ghanistantiono Dwi H, Filda Angellia, Waskita Cahya https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1643 PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN KEMENTERIAN PERTANIAN 2025-04-01T07:09:52+00:00 Nisrina Qonita nisrinaqonita5@gmail.com B. Harjo Baskoro nisrinaqonita5@gmail.com Dade Maulana Machdum nisrinaqonita5@gmail.com Yuli Prasetya nisrinaqonita5@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penilaian kinerja karyawan merupakan elemen penting dalam pengelolaan sumber daya manusia, terutama di organisasi besar seperti Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Namun, metode penilaian manual yang saat ini digunakan menghadapi berbagai kendala, termasuk proses yang lambat, rawan kesalahan, dan subjektivitas yang mengurangi keadilan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan perancangan sistem penilaian kinerja berbasis teknologi menggunakan pendekatan <em>Unified Modelling Language</em> (UML). Sistem ini dirancang untuk mengotomatisasi pengelolaan data, meningkatkan akurasi penilaian, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data. Fitur utama meliputi pengelolaan data karyawan, kriteria penilaian, periode penilaian, dan laporan evaluasi. Dengan implementasi sistem ini, diharapkan proses penilaian menjadi lebih efisien, transparan, dan objektif, sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas dan motivasi karyawan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Nisrina Qonita, B. Harjo Baskoro, Dade Maulana Machdum, Yuli Prasetya https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1757 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PRESENSI KARYAWAN PADA PT LAUNCH MEDIA LABS BERBASIS WEB 2025-04-01T07:09:53+00:00 Sabira Aulia sabiraaulia99@gmail.com Erdiek Ardhianto sabiraaulia99@gmail.com Hafizah Rifiyanti sabiraaulia99@gmail.com Ari Kurniawan sabiraaulia99@gmail.com <p style="text-align: justify;">Sistem informasi presensi karyawan menjadi elemen penting dalam manajemen sumber daya manusia, terutama dalam konteks perusahaan yang menerapkan kerja remote, seperti PT Launch Media Labs. Dengan metode pencatatan kehadiran yang masih dilakukan secara manual, terdapat risiko ketidakakuratan dan inefisiensi dalam pengelolaan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi presensi berbasis web yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan kehadiran karyawan. Proses pengembangan sistem ini mencakup analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian sistem. Melalui metode ini, diharapkan sistem yang dihasilkan mampu memberikan kemudahan akses data secara real-time, meminimalkan kesalahan manual, serta mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan penerapan sistem informasi presensi yang tepat, PT Launch Media Labs dapat meningkatkan produktivitas dan transparansi dalam operasional perusahaan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Sabira Aulia, Erdiek Ardhianto, Hafizah Rifiyanti, Ari Kurniawan https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/1758 PERANCANGAN CHATBOT ASSISTANT BERBASIS AI PADA WEBSITE NAWNG INDONESIA 2025-04-01T07:09:53+00:00 Ananda Putra Nugraha ananda.putra.n@gmail.com Nuraini Purwandari ananda.putra.n@gmail.com Syamsu Hidayat ananda.putra.n@gmail.com Devi Puspita Sari ananda.putra.n@gmail.com <p style="text-align: justify;">Nawng Indonesia adalah bisnis penyedia jasa Creative Agency yang berbasis di Jakarta Selatan. Nawng berdiri pada Februari 2024 dan menyediakan jasa kreatif marketing seperti social media marketing, content marketing, dan photo/video product. Permasalahan yang terjadi pada program magang adalah kurangnya layanan interaktif yang dapat memberikan bantuan secara cepat kepada pelanggan. Hal ini menyulitkan pelanggan dalam mendapatkan informasi atau solusi atas pertanyaan mereka secara langsung, sehingga mengurangi efisiensi dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengembangan chatbot assistance ini adalah menggunakan metode Lean UX. Tujuan dibuatnya fitur chatbot assistance pada website perusahaan adalah memberikan inovasi dengan memanfaatkan teknologi IT untuk meningkatkan interaksi dan pelayanan pelanggan secara real-time. Fitur ini dirancang untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi, menjawab pertanyaan, serta menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung kepuasan pelanggan.</p> 2025-04-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ananda Putra Nugraha, Nuraini Purwandari, Syamsu Hidayat, Devi Puspita Sari