KRISIS KOMUNIKASI SM ENTERTAINMENT KOREA DALAM PEMBERITAAN TUNTUTAN KONTRAK KERJA EXO CBX MELALUI MEDIA ONLINE NAVER

  • Ana Widiyawati Universitas Budi Luhur
  • Ahmad Toni Universitas Budi Luhur
Keywords: SM Entertainment, EXO CBX, Kontrak Eksklusif, Komunikasi Krisis

Abstract

Penelitian ini menggali krisis yang timbul antara SM Entertainment dan member EXO CBX terkait tuntutan kontrak eksklusif yang dianggap tidak adil, menciptakan ketidakpastian di antara penggemar dan merusak reputasi perusahaan serta industri hiburan Korea Selatan secara keseluruhan. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis Framing Robert N. Entman dan membahasnya dengan Teori Image Restoration William L. Benoit. Data dikumpulkan dari judul berita di Media Online Naver, dengan data primer dari berita online dan data sekunder dari literatur ilmiah. Hasil penelitian menyoroti strategi komunikasi krisis yang diterapkan oleh SM Entertainment dan anggota EXO CBX, termasuk penyangkalan, pembenaran, tindakan perbaikan, dan permintaan maaf. Media Online Naver berperan kunci dalam membentuk naratif seputar konflik ini, dengan dampak yang meluas hingga ke nilai saham perusahaan dan reputasi industri hiburan.

References

Ahmad, M. I. (2020). Manajemen Krisis: Kepemimpinan Dalam Menghadapi Situasi Krisis Covid-19. Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 223. https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.448

Aziz, M. S., & Wicaksono, M. A. (2020). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Covid-19. Masyarakat Indonesia, 46(2), 194–207. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i2.898

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Baeti, N. (2022). Analisis Komunikasi Krisis SM Entertainment Dalam Kasus Skandal Lucas NCT. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25489.71523

Fitri, A. N., Karim, A., & Rachmawati, F. (2020). Strategi Komunikasi Krisis Maskapai Penerbangan di Indonesia (Studi Analisis Komunikasi Krisis Adam Air, Air Asia dan Sriwijaya Air dalam Menghadapi Krisis Kecelakaan Pesawat melalui Prespektif Komunikasi Islam). In Jurnal IMPRESI (Vol. 1, Issue 2).

Hayat, M. A., Subroto, P., Kurniawan, M. I., & Jauhari, M. R. (2021). Kontribusi Komunikasi Massa Instansi Pemerintah Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Kapuas. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(12), 6240–6255. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i12.5050

Jannah, E. U. U., & Muslichah, I. (2022). Faktor-faktor yang Memotivasi Penggemar K-pop untuk Mengunjungi Korea Selatan: K-pop, Kedekatan Budaya, dan Keterlibatan Jangka Panjang. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(1), 37–64.

Muhamad Bisri Mustofa, Jeanika Elma Putri, Kristi Sabela, Luthfia Nur Maharani, & Maytufi Az-Zahra Yasha. (2022). Fungsi Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Badut Cilik Cantik Oleh Akun Instagram @say.viideo Terhadap Perilaku Warganet. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53429/j-kis.v3i1.417

Mulyani, N. A., Bakti, I., & Sjoraida, D. F. (2021). Pola Komunikasi Pemerintah Kota Bandung di Masa Krisis Pandemi Covid-19 Pola Komunikasi Pemerintah Kota Bandung di Masa Krisis Pandemi Covid-19. ResearchGate, 9(February), 339–347.

Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE. MAJALAH ILMIAH SEMI POPULER KOMUNIKASI MASSA, 2(1), 51–64.

Syam, H. M., Azman, & Yanuar, D. (2022). KOMUNIKASI KRISIS Strategi Menjaga Reputasi Bagi Organisasi Pemerintah.

Wardani, E. F. J., Vidyarini, T. N., & Yogatama, A. (2022). Restorasi Citra Maybank Melalui Media Online Tribunnews.com Dan Detik.com. Jurnal E-Komunikasi, 10(1).

Wijaksana, B., Magrie, M. F., Hutagalung, N. V., Aprianti, R., Budiyanto, S., Waskito, J. P. B., Widyadarma, B. G., Saputra, D. E. E., Fitria Nola, A., Tamara I., K. A., Adhitama, P. Y., Rachmani, I., Oktaviandi, O., Nainggolan, T., Fikri, A. Z., & Rizanto, Y. (n.d.). MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PEMASYARAKATAN. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum Dan HAM Republik Indonesia Dan SFCG.

Published
2024-04-30
How to Cite
Widiyawati, A., & Toni, A. (2024). KRISIS KOMUNIKASI SM ENTERTAINMENT KOREA DALAM PEMBERITAAN TUNTUTAN KONTRAK KERJA EXO CBX MELALUI MEDIA ONLINE NAVER. KOMUNIKATA57, 5(1), 37-44. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1192
Section
Articles