STRATEGI KONTEN KREATIF DOTEENS DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini bersifat kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemilihan konten kreatif yang dilakukan Doteens dalam meningkatkan brand Engagement audiens melalui Instagram dan kendala-kendala yang terjadi dalam pembuatan konten Doteens dalam meningkatkan Engagement audiens. Penelitian ini dilakukan secara offline dan online dengan melakukan observasi di Dootens. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria. Analisis data penelitian adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Doteens dalam memilih konten kreatif untuk meningkatkan Engagement audiens melalui Instagram harus melakukan beberapa tahapan untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai. Tahapan yang dilakukan seperti menentukan segmentasi, target, dan posisi dalam mendistribusikan konten. Media yang digunakan untuk memperkenalkan Doteens adalah Instagram karena dianggap sebagai media paling instan dan memiliki fitur-fitur menarik sehingga informasi dapat tersebar luas dengan cepat.
References
Alma, Buchari. 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran, Bandung: Alfabeta HLM: 181
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution. USA: Pearson Education, Inc.
Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta
Effendy, Onong Uchyana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung: Remaja Rosdakarya. Hlm 11-18
Fajar, Marhaeni.2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kelsey, Todd & Brandon Lyon. 2017. Introduction to Social Media Marketing. USA: Apress
Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management, 14th, Person Education. Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta. hlm.240
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I, hlm.5.
Rusmawati, Yunni. 2017. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioningproduk Dengan Pendekatan Analisis SWOT Untuk Peningkatan Penjualan pada UD. Surya Gemilang Motor di Surabaya Jurnal Ekbis/Vol.XVII/No.1 Edisi Maret 2017
Atmoko, Dwi., dan Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Tjiptono, Fandy. (2015). Brand Management and Strategy. Jogjakarta: Andi. Astina, Sylvia Tri dkk, (2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), “Analisis
Segmentation, Targeting, Dan Positioning Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran Di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru”, (Vol. 39, No. 2 Oktober 2016)
Eddy, S. A. (2020). E-COMMERCE CONTENT KREATIFE DALAM Wulan Karamoy, Sandi.
Elyarni. 2016. Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta
Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar
Rusmawati, D. 2017. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning produk Dengan Pendekatan Analisis Swot Untuk Peningkatan penjualanpada Ud. Surya Gemilang Motor di Surabaya Fakultas Ekonomi: Universitas Islam Lamongan. Hlm. 918
Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Produk KPR BNI Griya.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal EMBA. Vol.1 No.3
Dessart, L., Veloutsou, C., dan Morgan-Thomas, A. 2015. Consumer Engagement in Online Brand Communities: A Social Media Perspective. Journal Of Product & Brand Management. 24(1), 28–42. Doi:10.1108/Jpbm-06-2014-0635.
Dolan. C. B. 2017. Social Media Engagement Behaviour: A Framework for Engaging Customers Through Social Media Content. European Journal of Marketing. Vol 53 No 10
Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional Ke Digital.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, G. M. (2017). The Power of Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Eddy, S. A. (2020). E-COMMERCE CONTENTT KREATIFE DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Contentt Instagram Payfazz). Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.
Kemp, S. (2022). Digital- 2022- Indonesia – February – 2022 https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Doteens/Instagram. https://www.instagram.com/doteens/?utm_source=ig_web_button_share_sheet&igsh=ZDNlZDc0MzIxNw%3D%3D
Copyright (c) 2024 Rezzi Nanda Barizki, Yohana Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.