KONSEP DIRI DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING SINDY NOVELA

(PUTRI INDONESIA 2023 PERWAKILAN KOTA JAMBI)

  • Selvi Sofiawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wulan Dwi Pratiwi Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Diri, Konsep Diri, Merek, Merek Pribadi, Puteri Indonesia, Sindy Novela

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri dalam membentuk personal branding Sindy Novela sebagai Putri Indonesia perwakilan dari Kota Jambi tahun 2023. Teori yang digunakan untuk yaitu konsep diri dari Hurlock dan elemen pembentukan konsep diri dari Montoya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, wawancara dan observasi menjdi Teknik dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, terdapat beberapa kesimpulan bahwa pada kepribadian dan gambaran tentang diri Sindy Novela (real self) sama dengan gambaran yang Sindy harapkan (ideal self). Konsep diri ini menjadi acuan dalam membentuk personal branding yang berhasil Sindy bangun, sehingga Dia dapat merefleksikan dirinya secara positif dimata publik, dengan predikat atau gelar sebagai Puteri Indonesia.

References

Apsarini, Elsa Putri. Rina, N. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Konsep Diri Remaja Akhir. Medium. Vol.10. Universitas Telkom.

Danizar, Muhammad Bayu. Hariyati, Farida. Tiara, Andys. (2023). Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Peserta MBKM dalam membangun Konsep Diri. Kagangga Komunika. Journal Of Sciene.

Ghufron, N., & Risnawati, R. (2016). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hamboer, Maria, J.E. Pranawukir, Iswahyu. (2020). Analsis Semiotika Tiga Foto Essay Pekan Ini Pada Surat Kabar Kompas. Jurnal Komunikata57. Institut Bisnis Informatika (IBI) Kosgoro 1957.

Izzati, Navia. (2015). Strategi Konvergensi Media Cetak ke Media Online (studi pada Perubahan Platform the Student Globe). Jurnal Ilmiah. Universitas Bakrie.

Jalaludin, R. (2017). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja. Bandung

Krisnawati, Wenti. (2021). Pelatihan Personal Branding dan Product Branding pada Karang Taruna dalam Meningkatkan Pemasaran serta Penjualan Produk UMKM Desa Klangonan Gresik. DedikasiMU.

Latif, Nashrudin, Hariawan, Ferry. (2021). Caption Konsep Diri:Strategi Personal Branding Pada Media Instagram. J-MACC.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Moleong, J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Reka Sarasin.

Nur Angraeni, Anisa. Sitinah, Sofiawati, Selvi. (2021). Pemanfaatan Media Sosial IG dalam membentuk Personal Branding (pada akun @sriyst). Mandaghi Jurnal. Universitas Mpu Tantular.

Putri Apsarini, E. Rina, N. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Konsep Diri Remaja Akhir. Jurnal Medium Vol. 10. Universitas Telkom.

Riyantie, Mayang. Arvianna, Lauditta, Nerissa. (2022). Konsep Diri Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatia (IBI) Kosgoro 1957 Pengguna Akun Roleplay. Jurnal Komunikata57.

Saoqillah, A. (2022). Peranan Komunikasi Intrapersonal dalam Proses Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa KPI IUQI. Jurnal At-Tawasul.

Wicaksono, W. Novianti, W. (2022). Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Pembentukan Konsep Diri Anak Panti Asuhan Bunda Serayu. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study.

Widuhung, Selvy Maria. (2023). Komunikasi Interpersonal Suami Istri Mengenai Perselingkuhan Pasca Menyaksikan Webseries Layangan Putus. Jurnal Komunikata57. Universitas Bina Sarana Informatika.

Published
2024-05-07
How to Cite
Sofiawati, S., & Pratiwi, W. (2024). KONSEP DIRI DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING SINDY NOVELA. KOMUNIKATA57, 5(1), 57-64. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1268
Section
Articles