STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS QUADRO HELIX DALAM DIGITALISASI UMKM JABODETABEK

  • Sitinah Sitinah Universitas Mpu Tantular
  • Selvi Sofiawati Universitas Mpu Tantular
Keywords: Strategi, Komunikasi Bisnis, Quadro Helix, Digitalisasi UMKM

Abstract

Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui strategi komunikasi bisnis quadro helix dalam digitalisasi UMKM wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Quadro Helix merupakan kolaborasi strategis dalam komunikasi bisnis yang diimplementasikan oleh 4 komponen terpisah untuk mencapai satu tujuan. Metode penelitian yang dipilih adalah field research, yakni para UMKM yang terorganisasi dalam himpunan pengusaha mikro, kecil dan menengah Indonesia (Hipmikindo). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi UMKM melibatkan 3 institusi dan 1 objek, yakni antara Hipmikindo, pemerintah, akademisi dan pelaku UMKM. Sinergi keempatnya memunculkan simbiosis mutualisme. Hipmikindo dapat mengembangkan SDM anggotanya, pemerintah secara cepat dapat menjangkau sasaran program-programnya dan akademisi dapat melakukan sinkronisasi kurikulum, terutama bidang bisnis dan kewirausahaan.

References

Atika, Risma. Januari 2017. Strategi Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. FISIP UR. 2

Avella, Lucía Daniel, Vazquez – Bustelo Esteban Fernández. February 2011. “Cumulative Manufacturing Capabilities: An Extended Model And New Empirical Evidenceâ€. International Journal of Production Research. (Manufacturing Strategy, Operations Strategy, Empirical Study, Environmental Management, Manufacturing Management, Performance Measures) http://mc.manuscriptcentral.com/tprs. Email: ijpr@lboro.ac. uk

Bovee, Courtland L. Thill, John V. 2014. Business Communication Today. 12th Ed. Global Edition England: Pearson.

Cangara, H. Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, M. S. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Kasali, Rhenald. 2010. Change!, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

_____________, 2017. Disruption. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W., & Faules, D. F. 2018. Komunikasi Organisasi. Bandung: Rosda.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogjakarta: Penerbit Andy.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Terence, Shimp, A. 2010. Integrated Marketing Communication In Advertising And Promotion. South-Western: Cengage Learning.

Wibowo. 2016. Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winardi, J, 2010. Manajemen Perubahan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta,

Widyanto dan Pakkana, Mukhaer. 2013. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Published
2021-04-30
How to Cite
Sitinah, S., & Sofiawati, S. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS QUADRO HELIX DALAM DIGITALISASI UMKM JABODETABEK. KOMUNIKATA57, 2(1), 44-51. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.238
Section
Articles