DAKWAH ONLINE DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MODERN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

  • Lukman Al-Hakim Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Alfan Bachtiar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Dakwah, Media Sosial, Youtube

Abstract

Dakwah menjadikan perilaku Muslim dalam menjalankan Islam sebagai agama Rahmatan Lil’alamin yang harus didakwahkan kepada seluruh manusia. Fenomena dakwah yang berkembang saat ini begitu cepat dan dinamis dengan perkembangan teknologi informasi dan internet sehingga dakwah bisa dilakukan di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan para da’i yang memanfaatkan media sosial YouTube sebagai alat untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Hal ini perlu diteliti untuk melihat Perspektif Masyarakat Modern di Media Sosial Youtube. Setiap aktivitas seseorang akan digerakkan melalui serangkaian teknologi digital seperti dakwah online saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yang merupakan uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek seperti seseorang, individu, kelompok, organisasi (komunitas), suatu program atau situasi sosial. Studi kasus dilakukan untuk menelaah sebanyak mungkin data mengenai subjek yang diteliti. Mereka sering menggunakan berbagai metode wawancara, pengamatan, penelaahan dokumen (hasil), survei, dan data apapun untuk menguraikan suatu kasus secara terinci. Penelitian ini memberikan saran Penggunaan media online sebagai sarana dakwah Islam dewasa ini mulai menjadi alternatif dalam berdakwah. Selain itu dalam menyampaikan materi-materi dakwah di era media baru saat ini, seorang da’i telah memiliki beberapa akun di media sosial seperti; Facebook, Twitter, LINE, WhatsApp atau media online lainnya seperti; YouTube, Instagram, Weblog dan sebagainya.

References

An-Nabiry, Fathul Bahri, Meniti Dakwah Bekal Perjuangan Para Da’i, (Sinar Grafita Offset, 2008).

Arifin, H. M. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar (Cetakan Pertama). Jakarta: Bumi Aksara, 1991

Aripudin, A. Pengembangan Metode Dakwah.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, (2011).

Cresswell, John, Penulisan kualitatif dan desain riset: Memilih di antara 5 Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015.

Departemen Agama RI, Mushaf Al-Qur’an Terjemah, (Kelompok Gema Insani, EdisiTahun 2002).

Irwan A. Di Bawah Bayang-Bayang Media: Kodifikasi, Divergensi, Dan Kooptasi Agama Di EraInternet. Jurnal Sabda-Fakultas Ilmu Budaya UGM, 12 (2), (2017).

Mulyana, Deddy. Analisis Framing. Jogjakarta: LKiS. 2002.

Sulaeman, A. R., Fazri, A., & Fairus, F. (2020). Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Communication, 11(1), 81–93.

Syukir, A. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Al-Iklas: Surabaya, 1983.

Taufik al-Wa’iy, Adda’watu ilallah Dakwah keJalan Allah Muatan, Saran &Tujuan, (Robbani Press 2011).

Published
2021-10-27
How to Cite
Al-Hakim, L., & Bachtiar, A. (2021). DAKWAH ONLINE DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MODERN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE. KOMUNIKATA57, 2(2), 75-82. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i2.265
Section
Articles