PENGARUH MAJALAH MEDIA DEFIS TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN DITJEN PERIMBANGAN KEUANGAN KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Abstract
Banyak sekali media yang digunakan Hubungan Masyarakat (Humas) sebagai jalur komunikasi menyampaikan informasi institusi ke pihak eksternal dan internal. Salah satunya adalah media internal yang mempunyai fungsi sebagai salah satu media informasi publik internal. Konten-konten yang dimuat media internal memuat informasi sesuai kebutuhan karyawan internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara majalah “Media Defis†Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada karyawan sebanyak 85 kuesioner, dengan bagian humas di Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sedang dan positif antara majalah internal “Media Defis†terhadap pemenuhan kebutuhan informasi karyawan yaitu sebesar 49,8% Hasil dari koefisien determinasi sebesar 24,80% yang menandakan bahwa kebutuhan informasi karyawan Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI tidak terlalu dipengaruhi oleh majalah Media Defis sementara sisanya 75,20% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya majalah internal Media Defis harus melakukan peningkatan dalam hal redaksi dan konten agar bisa mengakomodasi dengan baik kebutuhan informasi internal karyawan Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI.
References
Boyle, M. P., Beita-Ell, C., Milewski, K. M., & Fearon, A. N. (2018). Self-esteem, self-efficacy, and social support as predictors of communicative participation in adults who stutter. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 61(8), 1893–1906. https://doi.org/10.1044/2018_JSLHR-S-17-0443
Christina, S., Sitinah, S., Kuniawati, L. S., Sandi, F., & Marta, R. F. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Antavaya Melalui Program Acara Celebrity on Vacation Trans TV. Tuturlogi, 02(01), 25–38. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.2
Hazlin, Falina Rosli, W. A., & Wan Mahmud, M. H. M. (2017). Kesedaran Masyarakat Terhadap Isu Kesamarataan Hak Orang Kurang Upaya Kesedaran Masyarakat Terhadap Isu Kesamarataan Hak Orang Kurang Upaya ( OKU ) Melalui Perspektif Media Di Malaysia. PROCEEDINGS - The 6th International Conference on Social Sciences and Humanities 4-6, April 2017, 1–7.
Kriyantono, R., & Sa’diyah, H. (2018). Kearifan Lokal dan Strategi Komunikasi Public Relations di BUMN dan Perusahaan Swasta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 171–188. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1480
Luqman, Y. (2013). Peran dan Posisi Hubungan Masyarakat Sebagai Fungsi Manajemen Perguruan Tinggi Negeri di Semarang. Jurnal Interaksi, 1(4).
Mahfuzhah, H., & Anshari, A. (2018). Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.395
Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga pada Instagram @KEMENPPPA. Ettisal: Journal of Communication, 4(2).
Martua, J., & Rahmat. (2017). Peran Birokrasi Pemerintah sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik. Citra Justicia, 20(1), 21–30. https://doi.org/10.31227/osf.io/5xvew
Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations dalam Meningkatkan Pleayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Jurnal Warta, 61(Juli), 138–149.
Nugraha, A. R. (2014). Fungsi Humas Pemerintah Kabupaten Sumedang Dalam Mengkampanyekan Sumedang Sebagai Puseur Budaya Sunda (Spbs). Journal Edutech, 13(1), 34. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3220
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Pratama, R. Z., Mudjiyanto, B., Sitinah, Fernando, J., & Sandi, F. (2020). Pembentukan Konsep Diri Siswa SMA Melalui Media Sosial Instagram. Komunikata57, 1(1), 42–49.
Raturoma, J. M. A., & Wijaya, L. S. (2019). Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Taman Wisata Candi Borobudur. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 114–125. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i2.916
Setiawan, H. H. (2017). Akte Kelahiran Sebagai Hak Identitas Diri Kewarganegaraan Anak. Sosio Informa, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.520
Syarah, M. M., & Prastika, E. R. (2020). Strategi Humas Dalam Menyampaikan Informasi Terkait Eksistensi Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Public Relations-Jpr, 1, 97–101.
Tsuchiya, Y. (2017). A Critical Review of Organizational Identification: Introducing Identity Work to Examine Dynamic Process. Journal of Organizational Culture, Communications and Conflict, 21(2), 1–10.
Copyright (c) 2022 Galih Cahya Karlita, Ratih Kurnia Hidayati, Selvi Sofiawati, Joshua Fernando, Fitriana Sandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.