EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI GREDU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas komunikasi Interpersonal dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar dalam pembelajaran daring. Penelitian menggunakan teori komunikasi interpersonal De Vito, terdapat 5 karakteristik dalam komunikasi interpersonal yang efektif, yaitu: 1) Openness; 2) Empathy; 3) Supportiveness; 4) Positiveness; dan 5) Equality. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian ini : (1) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif & signifikan terhadap motivasi belajar di SDN Abadijaya 3 Depok, nilai Pvalue (0,007) dengan nilai F(2.980). Signifikan (<0,05), Jadi Ha diterima & H0 ditolak. (2) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif & signifikan terhadap prestasi belajar di SDN Abadijaya 3 Depok karena nilai Pvalue (0,044), nilai F(2.036). Signifikan (<0,05), jadi Ha diterima & H0 ditolak. (3) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif & signifikan terhadap motivasi belajar & prestasi belajar di SDN Abadijaya 3 Depok, menunjukkan bahwa motivasi belajar dari nilai Pvalue (0,007) dan prestasi belajar dari nilai Pvalue 0,044. Signifikan (<0,05), Jadi Ha diterima & H0 ditolak.
References
Abdul Majid (2014), Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 3, h.292.
Alsa. A. (2004). Pendekatan kuantitatif & kualitatif serta kombinasinya dalam penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Diana, S. (2013). Motivation in Education.Learning Development Institute Aichi Universities English Education Research Journal. 29 (2013): 51-72. Trans. Mitsuo Kondo.
Mukhson, Ali (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TI. Jurnal Pendidikan AkuntansiIndonesia. 8(2), 1-10.
Ngainun Naim (2011), Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, hal 27-28.
Onong Uchjana Effendy (2013), Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, hal. 28.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sardiman, A.M. (1996). “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajarâ€. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yudhi Munadi (2012), Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press, hal. 10.
Copyright (c) 2022 Yogi Prima Muda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.