LATAR BELAKANG PENGGUNA AKUN ANONIM DI KALANGAN MAHASISWA

(STUDI DESKRIPSI MAHASISWA UHAMKA PENGGUNA AKUN ANONIM INSTAGRAM)

  • Titin Setiawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Vilya Dwi Agustini Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
Keywords: Akun Anonim, Identitas, Media Sosial

Abstract

Penggunaan identitas di sosial media terbagi menjadi tiga, yaitu real life identity, pseudo identity dan new identity. Dari ketiga jenis identitas ini biasanya seseorang pengguna sosial media akan menampilkan identitas yang ingin ditunjukkannya. Akun anonim adalah akun di dunia maya yang tidak menggunakan identitas asli pengguna atau pemilik akun. Ada beberapa alasan mengapa seseorang menggunakan akun anonim dalam kehidupan dunia mayanya. Penelitian ini berusaha mengungkap latar belakang penggunaan akun anonim di kalangan mahasiswa yang merupakan pengguna media komunikasi daring aktif. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa secara sadar membuat akun anonim untuk berbagai kepentingan, diantaranya stalking dan leluasa untuk berkomentar di Instagram.

References

A. F. W. Matthew J. Smith &, Online Communication; Linking Technology, Identity, & Culture, 2nd ed. London: Lawrence Erlbaum Associates, 2005.

R. Nasrullah, Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia), 1st ed. Jakarta: Kencana Media Grup, 2014.

Titin Setiawati & Vilya D Agustini, “Identitas Mahasiswa dalam Media Pembelajaran Daring,†Komunikata57, vol. 02, no. 02 (2021), 2021, [Online]. Available: https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/issue/view/27.

N. Lailiyah, “PRESENTASI DIRI NETIZEN dalam KONSTRUKSI IDENTITAS di MEDIA SOSIAL dan KEHIDUPAN NYATA,†J. ILMU Sos., vol. 15, no. 2, p. 103, Nov. 2016, doi: 10.14710/jis.15.2.2016.103-110.

Primada Qurota Ayun, “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas,†J. Channel, vol. Vol. 3 no., 2015, [Online]. Available: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/51489718/jpkomunikasidd150586-with-cover-page-v2.pdf %0A%0A.

D. M. A. Zakirah, “Media Sosial Sebagai Sarana Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya,†J. Kopis Kaji. Penelit. dan Pemikir. Komun. Penyiaran Islam, vol. 2, no. 2, pp. 91–101, Jul. 2020, doi: 10.33367/kpi.v2i2.1116.

Hamidi, Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press, 2010.

E. H. Erickson, Identitas dan Siklus Hidup Manusia; Bunga Rampai 1, Eight Edit. New Jersey: Prentice Hall, 1989.

A. U. F. & A. Syamsuddin, “Pengungkapan Identitas Diri Melalui Media Sosial : Studi Mengenai Enografi Virtual Melalui Vlog,†J. Komun. KAREBA, vol. Vol 7 No., 2018, [Online]. Available: https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/6167%0A%0A.

Dessy Trisilowati, “Eksistensi Dan Identitas Di Media Baru.†https://media.neliti.com/media/publications/106602-ID-eksistensi-dan-identitas-di-media-baru.pdf%0A%0A.

Published
2022-04-27
How to Cite
Setiawati, T., & Agustini, V. (2022). LATAR BELAKANG PENGGUNA AKUN ANONIM DI KALANGAN MAHASISWA. KOMUNIKATA57, 3(1), 26-32. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i1.406
Section
Articles