IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERSIKOTA TANGERANG DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @persikotafc1994

  • Mochhamad Mirza Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Mad Yoman Universitas Islam Syekh-Yusuf
Keywords: Implementasi, Cyber Public Relations, Persikota

Abstract

Riset ini bertujuan untuk memahami implementasi Cyber PR PERSIKOTA Tangerang dalam mempertahankan citra melalui media sosial Instagram @persikotafc1994. Metodologi dalam penelitian ini berbasis Cyber PR dengan pendekatan kualitatif, paradigma yang digunakan konstruktivisme serta pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sebagai Sebuah Klub Sepak bola PERSIKOTA Tangerang menyampaikan pesan ke para penggemarnya dengan menggunakan media sosial Instagram sehingga dapat mempertahankan citra dan eksistensi klub sepakbola di Indonesia. Kegiatan Cyber PR dilakukan berdasarkan karakter dari PERSIKOTA itu sendiri. Dampaknya Cyber PR menjadi tools yang cukup sesuai untuk memberikan informasi perihal kegiatan harian pemain PERSIKOTA dan informasi lainya.

References

Adinugroho, A. D., & Hidayati, A. (2021). Rancangan Strategi Media Sosial PT XYZ pada Tahun 2021. Journal of Management and Business Review, 18(2), 530–540.

Cozby, P. C., Bates, S., Krageloh, C., Lacherez, P., & van Rooy, D. (2012). Methods in behavioral research.

Erdoğmuş, İ. E., & Cicek, M. (2012). The impact of social media marketing on brand loyalty. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 58, 1353–1360.

Evans, D., McKee, J., & Bratton, S. (2010). Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement, 7–8.

Gunelius, S. (2011). Content marketing for dummies. John Wiley & Sons.

Handayani, D. (n.d.). dkk. 2010. The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Iskandar, A., & Rangkuti, A. H. (2008). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai pada PT. Klaten Bercahaya. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3(2), 124–131.

Kotler, P., Pfoertsch, W., & Michi, I. (2006). B2B brand management (Vol. 357). Springer.

Ledingham, J. A. (2006). Relationship management: A general theory of public relations. Public Relations Theory II, 465–483.

Mirza, M., & Suseno, A. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI TIM SPADA UNIS DALAM UPAYA SOSIALISASI PROGRAM LMS KEPADA DOSEN DI UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF. KOMUNIKATA57, 3(1), 44–51.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nisrin Husna. (n.d.). Cyber Public Relations | BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang. Retrieved December 2, 2022, from https://binus.ac.id/malang/2018/07/cyber-public-relations/

Phillips, D., & Young, P. (2009). Online public relations: A practical guide to developing an online strategy in the world of social media. Kogan Page Publishers.

Ramasamy, A., Mondry, A., Holmes, C. C., & Altman, D. G. (2008). Key issues in conducting a meta-analysis of gene expression microarray datasets. PLoS Medicine, 5(9), e184.

Ruslan, R. (2008). Etika Kehumasan konsepsi & aplikasi.

Sugiyono, N. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta) Go to reference in article.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications. Sage.

Published
2023-05-20
How to Cite
Mirza, M., & Yoman, M. (2023). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERSIKOTA TANGERANG DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @persikotafc1994. KOMUNIKATA57, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.691
Section
Articles