PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP KESADARAN BODY POSITIVITY PADA FOLLOWERS PEREMPUAN

(STUDI KASUS: TIKTOK CLARISSA PUTRI)

  • Clarisa Fitria Salsabila Fachruddin Institut Komunikasi Dan Bisnis LSPR
  • Irene Claudia Br Ginting Suka Institut Komunikasi Dan Bisnis LSPR
Keywords: Body Positivity, Influence, TikTok, Teori S-O-R

Abstract

Wanita cenderung merasa lebih percaya diri jika memiliki bentuk tubuh yang ideal. Hal ini dipengaruhi oleh adanya standar kecantikan yang mengatakan bahwa tubuh ideal harus kurus, putih, dan tinggi. Untuk itu, TikTok dapat dijadikan sebagai wadah untuk memberikan kesadaran tentang body positivity sehingga pola pikir seseorang dapat berubah menjadi lebih positif tentang body image-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penggunaan TikTok dan Body Positivity pada followers perempuan Clarissa Putri dengan menggunakan teori S-O-R. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan kuesioner kepada followers TikTok @Clarissaputrih_. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan pengikut TikTok Clarissa Putri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode kuota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan TikTok yang signifikan terhadap Body Positivity sebesar 66,3%.

References

Adawiyah, D., & Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Anisa, A. R., & Winduwati, S. (2021). Pemaknaan Body Positivity dalam Film Imperfect Pada Kalangan Remaja di Jakarta. Koneksi, 5(2), 427–433. https://doi.org/10.24912/KN.V5I2.10421

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463

Damayanti, alfi, & Purworini, D. (2018). Pembentukan Harga Diri: Analisis Presentasi Diri Pelajar SMA di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 33–47. https://doi.org/10.24912/JK.V10I1.1282

Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB): Fundamental Management Journal, 1(04), 40–53. https://doi.org/10.33541/FJM.V1I04.246

Gumilang, S. G. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Konseling, . Jurnal Fokus Konseling , 2(2), 144–159.

Iqbal, M. (2015). Regresi Data Panel “Tahap Analisis.†http://dosen.perbanasinstitute.ac.id

Kepercayaan Diri Remaja Perempuan Indonesia Masih Rendah. Apa Solusinya?. (2018, April 19). https://www.liputan6.com/health/kepercayaan-diri-remaja-perempuan-indonesia-masih-rendah-apa-solusinya

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.32585/JKP.V2I1.65

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/BAREKENGVOL14ISS3PP333-342

Milatishofa, M., Kusrin, K., & Arindawati, W. A. (2021). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Makna Body Positivity Pada Instagram Tara Basro. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 174–185. https://doi.org/10.23969/LINIMASA.V4I2.4136

Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,

Pertiwi, W. K. (2020, September 11). ). Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia. https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-tiktok-terbanyak-di-dunia

Sinulingga, R. F., & Haryono, R. (2014). Hubungan Antara Gambaran Tubuh Dengan Harga Diri Pada Pria. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 9(3). https://doi.org/10.32734/PSIKOLOGIA.V9I3.10961

Stop Body Shaming Sesama Wanita di Media Sosial, Kamu Bisa Dipenjara. (2018, November 22). https://wolipop.detik.com/stop-body-shaming-sesama-wanita-di-media-sosial-kamu-bisa-dipenjara

Zahra, R. R., & Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop MAYOUTFIT Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43–55. https://doi.org/10.30656/LONTAR.V6I1.648

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 129–389. https://doi.org/10.24198/JPPM.V4I2.14352

Published
2023-05-20
How to Cite
Fachruddin, C., & Suka, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP KESADARAN BODY POSITIVITY PADA FOLLOWERS PEREMPUAN. KOMUNIKATA57, 4(1), 8-14. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.703
Section
Articles