STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DAN DAYA SAING PADA USAHA FURNITURE KAYU JATI
Abstract
Strategi bauran pemasaran adalah strategi pemasaran untuk mengelola dan mengarahkan perusahaan agar bersaing dengan pasar dan mengedepankan fokus kepada hasil akhir produktif. Menganalisis penerapan dari strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing pada usaha furniture mebel jati adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yaitu penerapan strategi marketing mix 4P (product, price, place, dan promotion) yang di lakukan Furniture Dina Jati dalam meningkatkan kepuasan dan daya saing konsumen dengan hasil produksi berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sasaran.
References
Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda). eJournal Administrasi Bisnis. Volume 3, Nomor 1.
Alma, B. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan . Volume 5, Nomor 1.
Andika, F. (2012). Analisis Strategi Marketing Gumati Cafe Dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam Al-Infaq.Volume 3, Nomor 1.
Apriyani, D. A., & Sunnarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 2.
Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis. Volume 6, Nomor 2.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Aziz, A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Bayangkara. (2015). Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi Edisi 2.Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Cristina, H. M., & Marwanti. (2019). Pengaruh Strategi Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen. Volume 3, Nomor 1.
David, F. R., & David, F. R. (2016). Manajemen Stratejik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Wacana Media.Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Volume 1, Nomor 1.
Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 147-148.
Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras di Surabaya. Jurnal Eksekutif. Volume 15, Nomor 1.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Volume 18, Nomor 1.
Indriarto, F. (2015). Strategi Pemasaran Berbasis Kekhawatiran. Yogyakarta: Jalasutra.
Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Volume 17, Nomor 3.
Jogiyanto. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. R. (2018). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel Makassar Grand Shayla City Center. Hasanuddin Journal of Aplied Business and Entrepreneurship. Volume 1, Nomor 4.
Munawar, Niknik Ahmad & Hapzi Ali. (2017). Membangun Brand Equity: Analisis Marketing Mix (Studi Kasus Empiris Terhadap Merek Tinta isi Ulang Data Print). Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Mercu Buana, Jurnal SWOT Volume VII, No 3, 2017
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. (B. Sobran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Setiawati, I. and Widyartati, P. (2017) ‘Pengaruh Strategi Pemasaran Online terhadap Peningkatan Laba Umkm’, Strategi Komunikasi pemasaran, (20), pp. 343 347.Available at: file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf.
Viciwati (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Konsumen untuk membeli makanan secara online selama pandemi Covid-19 di Jakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. United States: SAGE Publications.
Zulfitri & Fitri Indah Lestari (2022), Analisis Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan digital marketing terhadap Kepuasan Konsumen McDonald’s di masa pandemi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta, Journal of Fundamental Management Volume 2 Nomor 2.
Copyright (c) 2023 Yogi Prima Muda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.