PEMANFAATAN REELS INSTAGRAM @BAKSO JWR UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT

  • Asriyani Sagiyanto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Syaipul Anwar Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Strategi Pemasaran Digital, Reels Instagram, Engagement

Abstract

Bakso JWR adalah salah satu brand atau merek bakso yang telah berdiri sejak tahun 1989. Mereka melakukan strategi komunikasi pemasaran digital melalui fitur salah satu fitur Instagram yaitu reels. Fitur ini memiliki daya tarik utamanya dalam pengembangan bisnis. Namun, Bakso JWR masih terus memerlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan engagement dan kesadaran brand mereka di media sosial. Karena ada beberapa postingan konten yang memiliki viewers-nya sedikit. Selain itu, banyak pesaing atau kompetitor lainnya yang sekarang juga menggunakan media sosial terutama fitur reels Instagram sebagai bahan promosi produk mereka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital Bakso JWR dan konten apa saja yang tepat untuk menarik perhatian penggunaan Reels Instagram dalam meningkatkan engagement pada brand Bakso JWR. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bakso JWR menggunakan alat bauran promosi komunikasi pemasaran sebagai kegiatan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan engagement yaitu advertising, personal selling, sales promotion, public relation & publicity, dan direct marketing melalui konten yang di-publish menggunakan media sosial Instagram melalui fitur Reels dengan tujuan meningkatkan engagement untuk brand Bakso JWR.

References

Anggrahini, M. A., Juwita, R., & Boer, K. M. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 3SSHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. 2023(2), 157– 166.

Di, M., Pekayon, K., Bekasi, J., Mareta, S., Rahastine, P., & Wulandari, Y. F. (2020). Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Journal Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.31294/jkom

Fadillah, T. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Papistar Melalui Media Sosial Instagram. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802

Moelong. (2017). Metode Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Novianto, Y H Suprianto, R A P Singgih, Jonathan, A H Gunadi, & Y P Wibisono. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Engagement Pada Kedai Bintoro Kopi. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24002/giat.v1i2.5975

Putri, K. N., & Widiarti, P. W. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Cicil. co. id Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Yogyakarta. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi,2. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilkom/article/view/18539/0

Sari Endah Nursyamsi, D., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Universitas Persada Indonesia Y.A.I), 2022(2), 140.

Wahyu Rahman Hadi, & Berlian Primadani Satria Putri. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Omme Event Melalui Media Sosial Instagram Dalam Membangun Awareness Masyarakat Di Era Pandemi. E-Proceeding of Management, 9(4), 2407.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @right . store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. Jurnal Representamen, 8(1), 73–83.

Published
2023-11-04
How to Cite
Sagiyanto, A., & Anwar, A. (2023). PEMANFAATAN REELS INSTAGRAM @BAKSO JWR UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT. KOMUNIKATA57, 4(2), 75-82. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i2.976
Section
Articles