PENGARUH INTENTIONAL EXPOSURE DAN INCIDENTAL EXPOSURE TERHADAP ONLINE POLITICAL PARTICIPATION YANG DIMEDIASI NEWS ELABORATION

  • Henilia Yulita Universitas Bunda Mulia
  • Purnama Ayu Rizky Universitas Bunda Mulia
  • Beverly Ongko Putri Universitas Bunda Mulia
Keywords: Intentional and Incidental Exposure, Political Participation, News Elaboration

Abstract

Keterlibatan politik secara daring dapat menggambarkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi. Partisipasi politik masyarakat dipengaruhi oleh terpaan informasi yang diterima baik secara disengaja ataupun tidak disengaja. Kehadiran berita politik secara daring turut memengaruhi keterlibatan masyarakat dalam berpolitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Presiden 2024 yang dipengaruhi oleh intentional exposure, incidental exposure melalui news elaboration sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 90 responden dan diolah menggunakan SEM – Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intentional exposure berpengaruh terhadap news elaboration dan intentional exposure berpengaruh terhadap online political participation.

References

Ahmad-Mughal, S. a. (2017). Do Emotional Intelligence & Organizational Politics influence the Employee Work Behaviors and attitudes? Mediating Role of Political Skill . Jurnal Pengurusan, 51, 1-16.

Andreas Nanz, R. H. (2022). Antecedents of intentional and incidental exposure modes on social media and consequences for political participation: a panel study. Acta Politica, 235–253.

Andrian Sulistyono, J. (2022). ANALISIS PENGARUH SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT. Equilibrium, 53-65.

Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Effect of Emotional Experience, Electronic Word of Mouth, Reputation, Customer Satisfaction on Loyalty (Empirical Study: Lion Air). Ilomata International Journal of Management Vol. 1 No. 4 October, 215-227.

Brendi Wijaya, H. Y. (2020). Pengaruh Pengalaman Emosional, Electronic Word Of Mouth, Reputasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen. Management & Accounting Expose vol. 3, No. 2, Desember , 71-81.

Chaffey, D. &.-C. (2019). Digital marketing: strategy, implementation & practice. UK: Pearson.

Diah Rukmi Ambarwati, H. P. (2018). Pengaruh Strategi Program Siaran dan Kompetensi Komunikasi Penyiar terhadap Minat Mendengarkan Radio 90,2 Trax FM Semarang. Interaksi Online Vol 4, No 1: Januari, 1-7.

Henilia Yulita, M. C. (2022). Aspek Informatifitas, Hiburan, Iritasi, Kredibilitas, Nilai dan Pengukuran Sikap Pada Iklan COVID-19 di Kanal YouTube. Jurnal E-Bis:Ekonomi-Bisnis Vol. 6 No. 2, 386-395.

Hong Y., R. H. (2016). Agreeing not to disagree: Iterative versus episodic forms of political participatory behaviors. International Journal of Communication, Vol. 10, 1743-1763.

https://jakarta.bps.go.id. (2022, Februari 10). Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/indicator/12/111/1/jumlah-penduduk-provinsi-dki-jakarta-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html

https://www.kominfo.go.id. (2021, April 24). Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/34036/politik-digital-anak-muda/0/artikel

I Putu Kumara Wiguna, N. M. (2019). Pengaruh Terpaan Berita Pilgub Bali di Instagram @tribunbali terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Tabanan dalam Pilkada 2018 Jurnal I Putu Kumara Wiguna. E-Jurnal Medium, 1-8.

Kompas.com. (2021, 12 Juli). Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/12/153000269/partisipasi-politik--pengertian-teori-faktor-dan-bentuknya?page=all.

Lee, H. (2020). Voters’ involvement, attitude, and confidence in the era of new media. PALGRAVE COMMUNICATIONS vol. 6:1, 1-8.

Nanz A., M. J. (2020). Learning from incidental exposure to political information in online environments. Journal of Communication, 70 (6), 769-793.

Sangwon Lee, A. N. (2022). Platform-dependent effects of incidental exposure to political news on political knowledge and political participation. Computers in Human Behavior 127, 1-11.

Soekarwo. (2021, Desember 3). Retrieved from https://wantimpres.go.id/id/partisipasi-politik-dan-digitalisasi-pemilu-di-indonesia/

Yulita, H. T. (2022). ADS AVOIDANCE AND ATTITUDE TOWARDS ONLINE ADVERTISING AMONG NET-GENERATION IN JAKARTA. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 3 (3), 713 - 728.

Published
2023-11-04
How to Cite
Yulita, H., Rizky, P., & Putri, B. (2023). PENGARUH INTENTIONAL EXPOSURE DAN INCIDENTAL EXPOSURE TERHADAP ONLINE POLITICAL PARTICIPATION YANG DIMEDIASI NEWS ELABORATION. KOMUNIKATA57, 4(2), 83-91. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i2.987
Section
Articles