KOMUNIKATA57 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57 <p><span lang="en">The Scientific Journal of Komunikata57 (KOM57) is a bilingual journal of&nbsp;</span>communication studies which publish particularly articles on Public Relations,Advertising and Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational Communication</p> en-US komunikata57@ibi-k57.ac.id (Iswahyu Pranawukir S.Sn M.Ikom) komunikata57@ibi-k57.ac.id (Iswahyu Pranawukir) Mon, 06 Nov 2023 11:11:39 +0700 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KADER PERWANAS KABUPATEN TANGERANG DALAM PENCEGAHAN STUNTING https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/895 <p style="text-align: justify;">Stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkumpulan Pergerakan Wanita Nasional Indonesia (Perwanas) adalah organisasi sosial yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan dan anak, termasuk pencegahan dan penurunan angka stunting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi komunikasi kader Perwanas dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui FGD dan wawancara semistruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi kader Perwanas efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang stunting. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh kader Perwanas meliputi komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa, dan komunikasi partisipatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas strategi komunikasi kader Perwanas adalah: keterampilan komunikasi kader Perwanas, kesesuaian pesan dengan sasaran, kondisi sosial budaya masyarakat, ketersediaan sumber daya. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Perwanas terus meningkatkan keterampilan komunikasi kader, menyesuaikan pesan dengan sasaran, dan beradaptasi dengan kondisi sosial budaya masyarakat. Selain itu, Perwanas juga perlu meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan efektivitas komunikasi.</p> Rahayu Handonowati, Made Wilantara, Novianty Elizabeth (Author) Copyright (c) 2023 Rahayu Handonowati, Made Wilantara, Novianty Elizabeth http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/895 Fri, 03 Nov 2023 13:42:50 +0700 KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUAMI ISTRI MENGENAI PERSELINGKUHAN PASCA MENYAKSIKAN WEBSERIES LAYANGAN PUTUS https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/949 <p style="text-align: justify;">Setiap pernikahan pasti memiliki ujiannya masing-masing, bisa dari hal yang berhubungan dengan ekonomi, keluarga, urusan kerja, hingga kehadiran orang ketiga. Pada jurnal ilmiah kali ini penulis ingin meneliti mengenai bagaimana hubungan komunikasi interpersonal pasangan suami istri mengenai perselingkuhan setelah menonton webseries Layangan Putus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada para narasumber. Dimana penulis akan menilai keefektifan komunikasi interpersonal masing-masing rumah tangga melalui 5 indikator Komunikasi interpersonal dari Devito yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Pada akhir penelitian ini dapat diketahui bahwa ada beberapa komunikasi antara pasangan suami istri yang tidak berjalan dengan baik, khususnya mengenai hal-hal yang sensitif seperti mengenai kepuasan hubungan intim dan kemungkinan perselingkuhan. Mereka menganggap hal seperti itu tabu untuk dibicarakan setelah pernikahan, namun ada pula yang cenderung terbuka dengan pasangan masing-masing dengan harapan dapat menumbuhkan saling pengertian dan hubungan yang lebih erat lagi.</p> Selvy Maria Widuhung (Author) Copyright (c) 2023 Selvy Maria Widuhung http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/949 Sat, 04 Nov 2023 09:45:06 +0700 STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DAN DAYA SAING PADA USAHA FURNITURE KAYU JATI https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/964 <p style="text-align: justify;">Strategi bauran pemasaran adalah strategi pemasaran untuk mengelola dan mengarahkan perusahaan agar bersaing dengan pasar dan mengedepankan fokus kepada hasil akhir produktif. Menganalisis penerapan dari strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing pada usaha <em>furniture</em> mebel jati adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yaitu penerapan strategi <em>marketing mix</em> 4P (<em>product, price, place</em>, dan <em>promotion</em>) yang di lakukan <em>Furniture</em> Dina Jati dalam meningkatkan kepuasan dan daya saing konsumen dengan hasil produksi berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sasaran.</p> Yogi Prima Muda (Author) Copyright (c) 2023 Yogi Prima Muda http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/964 Sat, 04 Nov 2023 10:12:57 +0700 PEMANFAATAN REELS INSTAGRAM @BAKSO JWR UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/976 <p style="text-align: justify;">Bakso JWR adalah salah satu <em>brand</em> atau merek bakso yang telah berdiri sejak tahun 1989. Mereka melakukan strategi komunikasi pemasaran digital melalui fitur salah satu fitur Instagram yaitu <em>reels</em>. Fitur ini memiliki daya tarik utamanya dalam pengembangan bisnis. Namun, Bakso JWR masih terus memerlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan <em>engagement</em> dan kesadaran <em>brand</em> mereka di media sosial. Karena ada beberapa postingan konten yang memiliki <em>viewers</em>-nya sedikit. Selain itu, banyak pesaing atau kompetitor lainnya yang sekarang juga menggunakan media sosial terutama fitur <em>reels</em> Instagram sebagai bahan promosi produk mereka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital Bakso JWR dan konten apa saja yang tepat untuk menarik perhatian penggunaan <em>Reels</em> Instagram dalam meningkatkan <em>engagement</em> pada <em>brand</em> Bakso JWR. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bakso JWR menggunakan alat bauran promosi komunikasi pemasaran sebagai kegiatan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan <em>engagement</em> yaitu <em>advertising, personal selling, sales promotion, public relation &amp; publicity</em>, dan <em>direct marketing</em> melalui konten yang di-<em>publish</em> menggunakan media sosial Instagram melalui fitur <em>Reels</em> dengan tujuan meningkatkan <em>engagement</em> untuk <em>brand</em> Bakso JWR.</p> Asriyani Sagiyanto, Ahmad Syaipul Anwar (Author) Copyright (c) 2023 Asriyani Sagiyanto, Ahmad Syaipul Anwar http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/976 Sat, 04 Nov 2023 19:10:47 +0700 PENGARUH INTENTIONAL EXPOSURE DAN INCIDENTAL EXPOSURE TERHADAP ONLINE POLITICAL PARTICIPATION YANG DIMEDIASI NEWS ELABORATION https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/987 <p style="text-align: justify;">Keterlibatan politik secara daring dapat menggambarkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi. Partisipasi politik masyarakat dipengaruhi oleh terpaan informasi yang diterima baik secara disengaja ataupun tidak disengaja. Kehadiran berita politik secara daring turut memengaruhi keterlibatan masyarakat dalam berpolitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Presiden 2024 yang dipengaruhi oleh <em>intentional exposure, incidental exposure</em> melalui <em>news elaboration</em> sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 90 responden dan diolah menggunakan SEM – Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>intentional exposure</em> berpengaruh terhadap <em>news elaboration</em> dan <em>intentional exposure</em> berpengaruh terhadap <em>online political participation</em>.</p> Henilia Yulita, Purnama Ayu Rizky, Beverly Ongko Putri (Author) Copyright (c) 2023 Henilia Yulita, Purnama Ayu Rizky, Beverly Ongko Putri http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/987 Sat, 04 Nov 2023 20:27:37 +0700 STRATEGI PROMOSI RUMAH KOS WISMA MUSDALIFAH MELALUI APLIKASI OYO DI KOTA PALEMBANG https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/709 <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi kos Musdalifah melalui aplikasi OYO di kota metropolitan Palembang. Subjek penelitian ini adalah manajer, 10 orang staf OYO Palembang dan 2 orang pelanggan setia OYO di Kota Palembang. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Temuan penelitian ini menganalisis elemen internal dan eksterior dari pendekatan promosi yang digunakan dalam menyampaikan informasi produk kepada pelanggan yang tidak memerlukan waktu. Periklanan dilakukan secara terus menerus pada pangsa pasar yang luas dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang sehingga memudahkan periklanan. Mempererat hubungan dengan pelanggan (kekerabatan), sehingga akan terjadi penjualan jangka panjang (<em>Repeat Order</em>). Membangun <em>brand image</em> dan hubungan komunikasi di tengah masyarakat agar semakin yakin dan percaya terhadap aplikasi OYO. Meningkatkan teknologi dan media promosi untuk memudahkan iklan produk dan promosi bulanan serta pameran atau acara yang diselenggarakan. Memaksimalkan promosi melalui media promosi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Kesimpulannya, aplikasi OYO dapat memilih strategi promosi yang dianggap tepat untuk meningkatkan penjualan dari beberapa alternatif strategi yang dihasilkan dari analisis otomatis.</p> Julian Finaldy Mustar, Dwi Maharani (Author) Copyright (c) 2023 Julian Finaldy Mustar, Dwi Maharani http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/709 Mon, 06 Nov 2023 11:01:11 +0700