https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/issue/feed Jurnal Pengabdian Teratai 2024-02-02T13:41:06+07:00 Obing Zaid Sobir obinkleo@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Pengabdian Teratai was established in January 2020 and was published by LPPM IBI Kosgoro 1957. This journal is a publication media for all community service activities with double blind review, in accordance with the Tri Dharma Kosgoro 1957 concept. &nbsp;Jurnal Pengabdian Teratai is a scientific journal of community service activities in social science and humanities disciplines. The journal purpose is to publish all community service activities article that resolve the community social problems based on community empowerment, public service and solidarity (mutual cooperation). &nbsp;</p> https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/842 SOSIALISASI DAN PENGENALAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERGURUAN RAKYAT 2024-01-02T16:20:25+07:00 Dadan Sundara dadan.sundara888@gmail.com Dyah Utami Dewi dadan.sundara@gmail.com Medy Desma Fatwara dadan.sundara@gmail.com Triyono Adi Tristanto dadan.sundara@gmail.com <p style="text-align: justify;">Korupsi adalah bahaya laten yang patut diwaspadai perkembangannya dalam kehidupan bermasyarakat, utamanya di Indonesia. Sedini mungkin warga Indonesia patutnya dibekali dengan pengenalan akan jenis dan bahaya dari korupsi itu sendiri. Sekolah sebagai salah satu instansi formal Pendidikan wajib menyelenggarakan Pendidikan Antikorupsi bagi siswanya agar dapat memutus mata rantai perkembangan korupsi di dalam kehidupan masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar Tim PkM Dosen IBI-K57 untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul “Sosialisasi dan Pengenalan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Rakyat”. Metode yang digunakan dalam Program Pengabdian Masyarakat adalah metode pengukuran kemampuan pemahaman materi Pendidikan Antikorupsi sebelum dan sesudah penyampaian materi dan metode <em>student active learning</em> yaitu penekanan kepada proses keterlibatan pelajar secara penuh sehingga mendorong pelajar dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, keluarga dan dimasyarakat. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan nilai uji sesudah penyampaian materi Pendidikan Antikorupsi yang artinya mereka dapat memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber mengenai Pendidikan Antikorupsi.</p> 2023-12-26T17:36:35+07:00 Copyright (c) 2023 Dadan Sundara, Dyah Utami Dewi, Medy Desma Fatwara, Triyono Adi Tristanto https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/940 PENINGKATAN NILAI GUNA LIMBAH CANGKANG KERANG SEBAGAI BAHAN UTAMA PEMBUATAN SOUVENIR DI KELURAHAN BELAWAN BAHARI 2024-01-02T16:20:25+07:00 Mila Yulia Herosian milayuliaherosian@unprimdn.ac.id Tantri Octora Dwi Syah Putri milayuliaherosian@unprimdn.ac.id Mohd. Nawi Purba milayuliaherosian@unprimdn.ac.id Khomeiny Yunior milayuliaherosian@unprimdn.ac.id Andre Fitriano milayuliaherosian@unprimdn.ac.id Habib Hakim milayuliaherosian@unprimdn.ac.id <p style="text-align: justify;">Kelurahan Belawan Bahari merupakan daerah pesisir yang kaya dengan hasil laut salah satunya kerang. Pemanfaatan kerang masih terbatas pada konsumsi dagingnya sedangkan cangkang kerang belum dimanfaatkan oleh masyarakat setempat karena dianggap tidak berguna dan tidak bermanfaat sehingga banyak berserakan dan menjadi limbah di lingkungan masyarakat. Agar dapat bernilai ekonomis salah satu pemanfaatan yang dilakukan dengan membuat souvenir dengan tujuan agar mengurangi limbah, membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat setempat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu pra kegiatan, pelaksanaan dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan, bahwa masyarakat mampu membuat barang-barang kerajinan (souvenir) dengan memanfaatkan cangkang kerang yang ada di lingkungan mereka.</p> 2023-12-27T16:40:14+07:00 Copyright (c) 2023 Mila Yulia Herosian, Tantri Octora Dwi Syah Putri, Mohd. Nawi Purba, Khomeiny Yunior, Andre Fitriano, Habib Hakim https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/957 PELATIHAN LITERASI TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL 2024-01-02T16:20:26+07:00 Ati Zaidiah atizaidiah@upnvj.ac.id Yuni Widiastiwi widiastiwi@gmail.com Anita Muliawati anitamuliawati@upnvj.ac.id Kraugusteeliana Kraugusteeliana kraugusteeliana@upnvj.ac.id <p style="text-align: justify;">Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting, karena pada saat usia inilah anak berada pada usia emas untuk mengembangkan fondasi dasar dalam menghadapi pembelajaran jenjang berikutnya. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini melalui media pembelajaran komputer, juga dapat menstimulasi perkembangan&nbsp; koordinasi gerakan mata dengan ketepatan gerakan tangan, sehingga secara tidak langsung dapat menstimulasi kecerdasan motorik halus anak, khususnya daya rangsang anak untuk melatih kemampuan berpikir dan meningkatkan kreativitas. Metode pembelajaran digital ini mengandung materi pembelajaran dalam berhitung, membaca dan mengenal hewan dan merupakan&nbsp; <em>software</em> tak berbayar yang dapat diunduh secara gratis sehingga memudahkan bagi guru PAUD untuk menyampaikan materi pembelajaran. Hasil pelatihan materi pembelajaran dengan media komputer ini dapat memberikan semangat bagi siswa PAUD untuk belajar dengan lebih giat lagi, karena bagi PAUD Permata Kencana pembelajaran ini merupakan hal yang baru. Pembelajaran berbasis digital ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait teknologi kepada anak-anak PAUD. Diharapkan dengan adanya pembelajaran berbasis komputer ini siswa PAUD dapat meningkatkan pengetahuannya terkait dengan teknologi dan dapat menambah wawasan dalam berhitung, membaca dan mengenal hewan</p> 2023-12-27T17:14:57+07:00 Copyright (c) 2023 Ati Zaidiah, Yuni Widiastiwi, Anita Muliawati, Kraugusteeliana https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1007 PENGEMBANGAN SECARA VEGETATIF LEMON CUI UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BANGKO 2024-01-02T16:20:26+07:00 Natal Basuki natal.basuki@unkhair.ac.id Sartika Syafi sartika.syafi@unkhair.acid Haris Mahmud haris.mahmud@unkhair.ac.id <p style="text-align: justify;">Permasalahan yang dihadapi kelompok masyarakat di daerah Desa Bangkok Kabupaten Halmahera Barat tersebut adalah belum bisa untuk mengembangbiakkan potensi pertanian seperti lemon cui yang ada di daerah tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan tentang perkembangbiakan vegetatif atau sambung tunas dan urban farming. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat di Desa Bangkok Kabupaten Halmahera Barat, yaitu (1)Sosialisasi dan FGD; (2)Fasilitasi dan pendampingan; (3)Pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat; dan (4)Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat pada Desa Bangkok Kabupaten Halmahera Barat, yaitu (1)Peningkatan produktivitas usaha ekonomi masyarakat dan sebagai solusi untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan; dan (2)Pengembangan usaha ekonomi masyarakat yang terintegrasi dengan pengembangan potensi pertanian. Indeks kinerja utama (IKU) yang ingin dicapai, antara lain: (1)Peningkatan produktivitas usaha ekonomi dan pendapatan masyarakat; dan (2)Penguasaan teknologi oleh Mitra dalam mendukung tata kelola dan pemasaran produk.</p> 2023-12-31T17:34:32+07:00 Copyright (c) 2023 Natal Basuki, Sartika Syafi, Haris Mahmud https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1036 AKUNTANSI UNTUK USAHA KECIL MENENGAH LENTERA 2024-01-02T16:20:26+07:00 Abu Bakar abubakar00012248@gmail.com Obing Zaid Sobir abubakar00012248@gmail.com Delila Rambe abubakar00012248@gmail.com Otti Ilham Khair abubakar00012248@gmail.com Muliyati Muliyati abubakar00012248@gmail.com Medy Desma Fatwara abubakar00012248@gmail.com Tagor Rambey abubakar00012248@gmail.com <p style="text-align: justify;">Riset ini merupakan laporan&nbsp; dari pengabdian pada&nbsp; masyarakat&nbsp; yang bertujuan&nbsp; untuk&nbsp; memberikan pengetahuan dan praktik pelaksanaan akuntansi di UKM Lentera Jaga Karsa. Oleh karenanya pokok permasalahan dari&nbsp; riset ini&nbsp; adalah&nbsp; bagaimana bentuk&nbsp; atau format laporan Keuangan untuk para pelaku UKM di Lentera Jagakarsa. Hasil perancangan menujukan diperlukan laporan keuangan yang bisa dipahami dan dibutuhkan serta dipraktikkan adalah laporan Neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas. Alat bantu yang digunakan untuk menjamin program perbaikan administrasi sederhana adalah Microsoft Office Excel.</p> 2023-12-31T18:26:08+07:00 Copyright (c) 2023 Abu Bakar, Obing Zaid Sobir, Delila Rambe, Otti Ilham Khair, Muliyati, Medy Desma Fatwara, Tagor Rambey https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1040 BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN TATA KELOLA DESA DAN SERVICE EXCELLENT SEBAGAI PENUNJANG PELAYANAN PUBLIK DESA TAMANSARI CIAPUS BOGOR 2024-01-02T16:20:26+07:00 Zara Tania Rahmadi ikpi.zztr@gmail.com Rudi Laksono ikpi.ztr@gmail.com Dadan Sundara ikpi.ztr@gmail.com Romli Romli ikpi.ztr@gmail.com Achmad Fauzi ikpi.ztr@gmail.com Rizki Dinar Pratama ikpi.ztr@gmail.com <p style="text-align: justify;">Kemampuan manajemen tata kelola dan pelayanan prima atau biasa disebut <em>Service Excellent</em> (SE) adalah&nbsp; hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam suatu organisasi, terlebih organisasi ini merupakan pelayan publik atau masyarakat, tak urung halnya dengan Kantor Desa Tamansari, Ciapus, Bogor. Pengetahuan dan kemampuan tersebut sangat diperlukan sebagai penunjang kinerja pelayanan publik di Kantor Desa setempat. Pelayanan prima dimaksud adalah pelayanan yang mudah, cepat, dan cermat sehingga masyarakat dapat nyaman dalam berinteraksi. Untuk mendapatkan pemahaman keilmuan tentang hal itu diperlukan adanya pembinaan dan pendampingan dalam mempelajarinya. Untuk itu maka dibuatlah Bimbingan Teknis yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keilmuan dan keterampilan khususnya tentang manajemen tata kelola dan pelayanan prima bagi Aparatur Desa Tamansari. Bimbingan teknis ini dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis berkaitan dengan manajemen tata kelola dan pelayanan prima. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Desa Tamansari dan diikuti oleh seluruh Aparatur Desa Tamansari, Ciapus, Bogor.</p> 2023-12-31T18:55:09+07:00 Copyright (c) 2023 Zara Tania Rahmadi, Rudi Laksono, Dadan Sundara, Romli, Achmad Fauzi, Rizki Dinar Pratama https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1042 BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN KONTEN PEMASARAN DIGITAL PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR AHE TANAH BARU 2024-02-02T13:41:06+07:00 Filda Angellia angellia_filda@yahoo.co.id Syamsu Hidayat angellia_filda@yahoo.co.id Waskita Cahya angellia_filda@yahoo.co.id Hafizah Rifiyanti angellia_filda@yahoo.co.id Yuli Prasetya angellia_filda@yahoo.co.id Achmad Fauzi angellia_filda@yahoo.co.id Sabrina Machfuudztry angellia_filda@yahoo.co.id <p style="text-align: justify;">Pemasaran digital pada masa sekarang ini merupakan hal yang sulit ditinggalkan oleh bidang bisnis. Hal tersebut terjadi karena hampir seluruh industri dan bisnis menggunakan pemasaran digital untuk dapat meningkatkan daya saing. Untuk itu sangat diperlukan suatu pengetahuan khusus untuk memperdalam kemampuan pemasaran digital salah satunya adalah kemampuan mengelola dengan baik konten pemasaran digital. Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHE) wilayah tanah baru merupakan salah satu bisnis bidang jasa pendidikan yang juga memerlukan pengembangan pengetahuan tentang pemasaran digital untuk mampu bersaing dengan usaha sejenisnya, maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merasa perlu untuk mencoba membantu melengkapi perihal pengembangan pengetahuan tersebut diantaranya adalah melalui kegiatan PKM berupa bimbingan teknis sejenis seminar tentang pemasaran digital kepada Guru dan Pengelola Manajemen Bisnis Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat Wilayah Tanah Baru dan sekitarnya. Dari kegiatan tersebut didapatkan suatu sinergi dan tanggapan positif masyarakat khususnya para guru dan pengelola Bimbingan Belajar Anak Hebat, dimana dari kegiatan tersebut dapat dicapai <em>output</em> berupa keahlian tersendiri serta kemampuan dalam mengelola konten pemasaran digital.</p> 2023-12-31T19:11:01+07:00 Copyright (c) 2023 Filda Angellia, Syamsu Hidayat, Waskita Cahya, Hafizah Rifiyanti, Yuli Prasetya https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1043 PELATIHAN TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER DAN MANAJEMEN KEHUMASAN BAGI SISWA-SISWI SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI 2024-01-02T16:20:26+07:00 Nuraini Purwandari nuraini.purwandari@gmail.com Mayang Riyantie nuraini.purwandari@gmail.com Aris Fatoni nuraini.purwandari@gmail.com Junias Robert Gultom nuraini.purwandari@gmail.com Dastriyanti Dastriyanti nuraini.purwandari@gmail.com <p style="text-align: justify;">SMK Pembangunan Jaya YAKAPI, yang terletak di kota Pasar Minggu, adalah salah satu SMK terbaik di Jakarta Selatan yang menghasilkan siswa yang unggul, bermartabat, dan bersemangat untuk berwirausaha. Karena Revolusi Industri 4.0 semakin maju, sekolah harus mengikuti perkembangan teknologi jaringan komputer. Siswa SMK Pembangunan Jaya YAKAPI menghadapi kendala dalam pengembangan teknologi ini. Mereka hanya diminta untuk melakukan praktik jaringan komputer secara teoritis. Siswa harus memahami Hubungan Masyarakat (HUMAS). HUMAS adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan. Pada dasarnya, keberadaan humas adalah membangun reputasi, yang merupakan aset penting yang harus dimiliki oleh lembaga sebagai bukti keberadaannya. HUMAS adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan. Keberadaan humas pada dasarnya ialah membangun reputasi, yang merupakan aset penting bagi setiap organisasi dan merupakan bukti keberadaan dan kualitasnya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengajarkan siswa SMK Pembangunan Jaya YAKAPI keterampilan manajemen hubungan masyarakat dan konfigurasi jaringan komputer. Metode pelaksanaan PkM dimulai dari observasi, wawancara hingga pelaksanaan pelatihan kepada siswa-siswi.&nbsp; Hasil pelaksanaan dari semua kegiatan didapat bahwa pelatihan program pengabdian masyarakat kepada siswa-siswa berjalan dengan baik dan hasil kuesioner kepuasan peserta sebesar 83% memuaskan.</p> 2023-12-31T19:34:45+07:00 Copyright (c) 2023 Nuraini Purwandari, Mayang Riyantie, Aris Fatoni, Junias Robert Gultom, Dastriyanti https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1049 PENYULUHAN KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SEKOLAH SD PERJUANGAN TERPADU, DEPOK 2024-01-02T16:20:26+07:00 Hani Astuti hani.astuti@dsn.ubharajaya.ac.id Agus Dharmanto agus.dharmanto@dsn.ubharajaya.ac.id Hema Dayita Pohan hema.dayita@dsn.ubharajaya.ac.id Nita Komala Dewi Nita.komala@dsn.ubharajaya.ac.id Sumartono Sumartono sumartono@esaunggul.ac.id <p style="text-align: justify;">Pembentukan kepribadian anak dapat tercipta dalam lingkungan keluarga dan sekolah. Melatih kepribadian anak dalam lingkungan keluarga memerlukan bantuan orang tua untuk menciptakan anak berkepribadian baik, serta peran guru dalam membentuk karakter anak didiknya. Untuk itu diperlukan komunikasi antar personal antara guru dan siswa untuk membentuk karakter yang baik pada diri siswa sesuai norma, agama, dan Pancasila. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu guru membentuk kepribadian siswa melalui sosialisasi komunikasi antar personal melalui materi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan yakni dengan beberapa tahapan terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Peserta kegiatan terdiri dari guru–guru SD Perjuangan Terpadu Depok sebanyak 20 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Mei 2023 di Aula SD Perjuangan Terpadu Depok dengan sistem tatap muka. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain bertambahnya informasi dan pengetahuan guru mengenai komunikasi antar personal yang dilakukan oleh guru kepada siswa berdasarkan hasil <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> yang diberikan kepada peserta sebelum dan sesudah kegiatan.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Hani Astuti, Agus Dharmanto, Hema Dayita Pohan, Nita Komala Dewi, Sumartono https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1061 SOSIALISASI PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KETENTUAN MANAJEMEN RISIKO BAGI PENGAWAS DAN AUDITOR INTERNAL KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM 2024-01-02T16:20:26+07:00 Hadi Purnomo hadi.purnomo2108@gmail.com Nicko Albart hadi.purnomo@stimaimmi.ac.id Dewi Listiorini hadi.purnomo@stimaimmi.ac.id <p style="text-align: justify;"><em>The implementation of training and socialization on risk management, as per Minister of Cooperatives and Small and Medium Enterprises Regulation No. 09 of 2020, aims to enhance the competence of Senior Supervisors and Internal Auditors in relation to their core duties and functions in cooperative supervision. It also aims to familiarize officials responsible for cooperative development and functional supervisors with guidelines for conducting cooperative supervision and inspections within the Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises (Kemenkop UKM). This initiative was conducted by the Community Service Team of STIMA IMMI Jakarta and Paramadina University Jakarta in collaboration with the Internal Supervisory and Auditor Unit of the Ministry of Cooperatives and SMEs. The purpose of the training and socialization program is to elevate competence, skills, knowledge, and attitudes to anticipate the increasing incidence of fraud cases in cooperatives due to the weak implementation of supervision and audits by the Ministry of Cooperatives and SMEs. The issue of fraud in cooperatives throughout Indonesia has reached hundreds of trillions of rupiah. Training and socialization, conducted using the active learning method, have had a positive impact on participants, as evidenced by the enthusiasm of participants in engaging in discussions and group activities, as well as the smooth execution of the program and its alignment with the participants' needs. Quantitatively, the PKM program has successfully improved the participants' abilities, as demonstrated by the increase in the average pre-test score from 67.4 to 75.8 during the post-test.</em></p> 2023-12-31T20:22:16+07:00 Copyright (c) 2023 Hadi Purnomo, Nicko Albart, Dewi Listiorini https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1066 PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DI USIA DINI DENGAN CERITA SAHABAT RASULULLAH ABDURRAHMAN BIN AUF PADA GURU-GURU DAN MURID DI TPA AMALIYYAH JAKARTA SELATAN 2024-01-02T16:20:26+07:00 Andri Faisal faisalforlan@gmail.com Misnan Misnan faisalforlan@gmail.com <p style="text-align: justify;">Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pemahaman literasi keuangan pada masyarakat terutama anak usia dini. Peserta dalam pengabdian ini adalah anak tingkat sekolah dasar dan guru-guru yang ikut dalam pengajian TPA Amaliyah Manggarai. Cara pengenalan literasi keuangan melalui ceramah mengenai seorang tokoh sahabat yang kaya raya dan ia dapat memanfaatkan pengetahuan untuk mendapatkan kekayaan yang melimpah. Hasil ceramah ini memberikan pemahaman untuk mengatur keuangan bagi&nbsp; anak sekolah tersebut mereka mulai paham dalam membagi uang saku bukan hanya untuk dihabiskan melainkan untuk disimpan juga. Ketika mereka memerlukan uang tersebut maka mereka juga dapat menggunakan uang tabungan.</p> 2023-12-31T20:37:34+07:00 Copyright (c) 2023 Andri Faisal, Misnan https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1069 SOSIALISASI DAN WORKSHOP TATA KELOLA PEMERINTAHAN MELALUI INDIKATOR PEMERINGKATAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (PEGI) DI KABUPATEN INDRAMAYU 2024-01-02T16:20:26+07:00 Kraugusteeliana Kraugusteeliana Kraugusteeliana@upnvj.ac.id Intan Hesti Indriana kraugusteeliana@upnvj.ac.id Erly Krisnanik kraugusteeliana@upnvj.ac.id Anita Muliawati kraugusteeliana@upnvj.ac.id Rudhy Ho Purabaya kraugusteeliana@upnvj.ac.id <p style="text-align: justify;">Di Indonesia penerapan e-government telah diatur melalui&nbsp; sebuah Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government. Saat ini pemeringkatan egoverment khususnya di kabupaten indramayu perlu dilakukan dengan intensif khususnya dalam hal ini desa Pabean Udik sebagai desa percontohan yang akan dijadilkan pilot project tim pengabdi dari UPNVJ. Kegiatan dilakukan sebanyak 2 kali dengan metode FGD dan Sosialiasai diikuti oleh semua aparat desa. Sosialiasasi pemeringkatan Pegi Egoverment dengan materi pembahasan semua indicator 5 dimensi PeGI dalam bentuk workshop. Melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan TIK di lembaga Pemerintah di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali juga di Kabupaten Indramayu khususnya di Desa Pabean Udik kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan terlihat kenaikan pemahaman berdasarkan hasil pre test semula 28% dan diakhir sosialiasi melalui post test dengan materi yang sama mendapatkan 89%. Hal ini menunjukan ada keinginan&nbsp; para petugas / apatur untuk menjadikan pabean udik lebih baik lagi dalam tatanan tatakelola elektronik sesuai dengan harapan Tim Pengabdian skema PPDI.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Kraugusteeliana, Intan Hesti Indriana, Erly Krisnanik, Anita Muliawati, Rudhy Ho Purabaya https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1076 MENANAMKAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PADA SISWA SMA PUSAKA NUSANTARA 2 BEKASI MELALUI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI 2024-01-02T16:20:27+07:00 Aris Fatoni toni.fatt333@gmail.com Afrida Sary Puspita tony_fatt@yahoo.com Aniza Octoviani tony_fatt@yahoo.com Titin Alfinatun tony_fatt@yahoo.com Muhamad Angsori Akbar tony_fatt@yahoo.com <p style="text-align: justify;">Ditanamkannya pendidikan anti korupsi sejak dini kepada siswa di sekolah juga bertujuan agar peserta didik memiliki jiwa anti korupsi. Jiwa anti korupsi inilah yang akan menjadi benteng bagi mereka untuk tidak melakukan perbuatan korupsi, jika mereka sudah dewasa kelak.&nbsp; Tujuan: Membentuk pelajar agar memiliki sikap dan kepribadian Islam yang kokoh. Memberikan bekal bagi siswa untuk mampu menghadapi tantangan dalam mengurangi dan menanggulangi bahaya korupsi Metode: Model/pendekatan pemecahan masalah yang kami lakukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah berupa seminar. pada siswa SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi.&nbsp; Hasil: Pelajar SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi mendapatkan tambahan dan peningkatan wawasan keislaman. Dengan kegiatan PKM ini&nbsp; pelajar mendapat banyak sekali pengetahuan baru&nbsp; bagaimana membentuk sikap dan kepribadian Islam yang kokoh dan berkarakter. Pelajar menjadi tahu apa sesungguhnya korupsi itu dan bagaimana bisa menjangkiti diri mereka. Pelajar memiliki bekal penguatan mental yang baik untuk menghadapi berbagai bentuk yang akan mengarahkan siswa pada tindakan koruptif Kesimpulan: Pelajar memiliki bekal penguatan mental yang baik untuk menghadapi berbagai bentuk yang akan mengarahkan siswa pada tindakan koruptif.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Aris Fatoni, Afrida Sary Puspita, Aniza Octoviani, Titin Alfinatun, Muhamad Angsori Akbar https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1077 STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM DI AREA CIBUBUR BULAK SEREH 2024-01-02T16:20:27+07:00 Aniza Octoviani aniza.octoviani@gmail.com Afrida Sary Puspita afridasary28@gmail.com Aris Fatoni tony_fatt@yahoo.com Salwa Fitria Maharani salwafm90@gmail.com <p style="text-align: justify;">Sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) pada tahun 2017 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta UMKM sudah memanfaatkan <em>platform online</em> dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8% dari total UMKM yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 59,2 juta. Ditargetkan pada tahun 2019, 8 juta UMKM sudah <em>go online</em>. Pemasaran digital (<em>digital marketing</em>) merupakan salah satu upaya mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital, seperti halnya <em>website</em> dan <em>social media</em>. Penerapan strategi pemasaran tersebut dapat mendongkrak penjualan produk dari suatu <em>brand</em> karena konsumen dan calon konsumen secara cepat ditarik. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital jauh lebih murah dan efektif. Berdasarkan hasil survey <em>Gartner’s Digital Marketing Spend Report</em> menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif. Biaya anggaran yang dapat dihemat sampai 40%. Dengan demikian &nbsp;UMKM perlu memiliki pengetahuan mengenai strategi pemasaran digital dan diharapkan UMKM dapat menerapkannya sehingga tetap kompetitif di pasar.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Aniza Octoviani, Afrida Sary Puspita, Aris Fatoni, Salwa Fitria Maharani https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/1084 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN ONLINE BAGI PEDAGANG KULINER 2024-01-02T16:20:27+07:00 Rahmadiana Rahmadiana rhmdiana@gmail.com Tyas Kasusilaningrum rhmdiana@gmail.com Herna Herna rhmdiana@gmail.com Salim Salim rhmdiana@gmail.com Vinna Waty Sutanto rhmdiana@gmail.com <p style="text-align: justify;">Pasca pandemi Covid-19 terjadi perubahan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah perubahan perilaku konsumen yang mengharuskan para pelaku bisnis untuk beradaptasi. Penggunaan media sosial dianggap menjadi solusi untuk dapat bertahan di tengah persaingan bisnis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan penjualan <em>online</em> untuk pemberdayaan pedagang kuliner di wilayah Bojong Rawa Lumbu. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai penggunaan dan pemanfaatan media sosial serta praktik mengambil foto produk yang akan dipasarkan sampai dengan mengunggah foto tersebut ke media sosial. Peserta yang pada umumnya berprofesi sebagai pedagang kuliner cukup antusias dengan kegiatan ini. Hal ini dikarenakan mereka merasa tertarik untuk menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan <em>online</em> yang dapat membuka peluang untuk meningkatkan angka penjualan.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Rahmadiana, Tyas Kasusilaningrum, Herna, Salim, Vinna Waty Sutanto